10 Pinjaman Dana Hibah Langsung Cair Masuk Rekening

10 Pinjaman Dana Hibah Langsung Cair Masuk Rekening

Kamu sedang mencari pinjaman dana hibah langsung cair? Kamu bisa simak artikel ini karena di sini akan rekomendasi dana hibah gratis baik dari suatu lembaga atau barang dan jasa swasta atau pemerintah.

Dana ini sifatnya tidak mengikat dan diberikan dalam rangka mendukung sebuah kegiatan. Diberikan kepada organisasi masyarakat dan lainnya. simak sampai akhir ya.

Sumber Dana Hibah Langsung Cair

Dana hibah gratis ini langsung cair adalah pemberian uang atau barang dan jasa dari suatu lembaga baik badan independen, swasta maupun pemerintah. Diberikan kepada organisasi masyarakat, badan yang lain, UMKM, IKM, UKM. Dan juga masyarakat umum.

Dimana sudah ditetapkan secara khusus. Dana ini sifatnya tidak mengikat dan diberikan dalam rangka mendukung sebuah kegiatan. Tidak seperti yang berlaku seperti pinjaman online.

Dana ini diberikan secara gratis oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk misi kemanusiaan seperti halnya pendirian sekolah, usaha kecil dan lain sebagainya. Nah, untuk sumber dana hibah ini bisa didapatkan dari dalam maupun luar negeri.

Daftar Pinjaman Dana Hibah Langsung Cair

Ada banyak cara mengajukan pinjaman dana hibah sebetulnya ini bukan pinjaman karena biasanya dana hibah ini dihadiahkan tanpa perlu dikembalikan karena dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ada banyak cara untuk mendapatkan pinjaman dana hibah langsung cair baik dari dalam maupun luar negeri. Sumber dana hibah gratis langsung cair ini dapat kamu gunakan dengan beberapa cara, diantaranya adalah:

1. Dana Hibah Dari Pemerintah

Untuk sumber dana hibah yang pertama kamu bisa mendapatkan dana hibah dari pemerintah. Yang biasanya diberikan melalui perwakilan kementerian. Beberapa diantaranya adalah bantuan yang berasal dari kementerian koperasi dan UKM.

Dengan program wirausaha pemula. Namun, untuk mendapatkannya tidak mudah ada banyak syarat yang harus dipenuhi dengan lengkap dan sesuai. Berbagai persyaratan yang harus dilengkapi tersebut sebagai berikut:

  • Sudah berusia maksimal 45 tahun
  • Jika calon penerima individu maka harus memiliki usaha yang terbukti produktif atau paling tidak usahanya sudah berjalan selama 6 bulan dan memiliki waktu maksimal 3 tahun
  • Usaha yang diajukan adalah yang belum pernah mendapatkan bantuan yang berasal dari Kemenkop dan UKM.
  • Mempunyai pendidikan minimal SLTP/sederajat
  • Mempunyai KTP elektronik dan masih berlaku
  • Dana hibah Kementrian Badan Ekonomi Kreatif

Selain dari kementerian koperasi dan UKM, badan ekonomi kreatif juga memberikan dana hibah yang berupa bantuan insentif pemerintah. Skema bantuan biasanya mengalokasikan dana bagi pelaku usaha dengan minimal Rp.200.000.000,-.

2. Dana Hibah dari BUMN

Selanjutnya sumber pinjaman dana hibah langsung cair selanjutnya dari kementerian BUMN. Dan biasanya yang dapat memperoleh hibah dari BUMN ini adalah bina lingkungan, program kemitraan itu bukanlah hibah.

Dimana beberapa BUMN ini pada umumnya dilengkapi dengan program yang bertujuan untuk membantu UMKM.

3. Dana Hibah dari Pemerintah Daerah

Untuk pemerintah daerah rupanya akan memberikan dana hibah gratis langsung cair dengan syarat mempunyai kepengurusan jelas serta berkedudukan di dalam wilayah administrasi pemda bersangkutan.

Bahkan yayasan juga bisa mendapatkan Dana Hibah dari Pemerintah Daerah  dengan syarat berkedudukan di dalam wilayah atau daerah administrasi pemda yang bersangkutan.

Syarat penting lainnya sudah terdaftarkan di pemerintah daerah paling lambat 3 tahun serta memiliki sekretariat tetap. Pada umumnya penerima bantuan dari pemerintah tingkat provinsi ini adalah LSM, Majelis dan lain sebagainya.

4. Dana Hibah dari Perusahaan Swasta

Selain BUMN ada juga perusahaan swasta dimana sumber pinjaman dana hibah langsung cair yang memberikannya melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Dimana program ini menunjukan kepedulian perusahaan swasta terhadap lingkungan sekitar. Pada beberapa perusahaan swasta lain bantuan yang diberikan bukan hanya memperoleh hibah modal saja.

Namun, biasanya juga mendapatkan pembinaan dari perusahaan pemberi dana hibah agar UMKM dapat meningkatkan skill dan profitnya.

5. Yayasan Hasanah

Yayasan Hasanah ini adalah yayasan penyedia bantuan dana hibah gratis filantropi milik PT Telkom Indonesia yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat.

Dimana yayasan ini memberikan dana hibah gratis kepada individu, komunitas atau organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan.

6. Cola-Cola Foundation Indonesia

Cola-cola foundation juga menyediakan pinjaman dana hibah langsung cair. Dimana yayasan ini berfokus pada keberlanjutan lingkungan dan masyarakat.

Cola-Cola Foundation Indonesia memberikan dana hibah gratis kepada individu, komunitas, atau organisasi yang dimiliki. Atau organisasi yang memiliki program dan kegiatan yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan masyarakat.

7. Dana Philantropy Indonesia (DPI)

Nah, DPI ini juga menyediakan pinjaman dana hibah langsung cair dengan memfokuskan pada keberlanjutan lingkungan, pendidikan dan kesehatan. DPI memberikan dana hibah gratis kepada organisasi atau lembaga yang memiliki program dan kegiatan yang berdampak positif pada masyarakat.

Dimana programnya memberikan kesempatan kepada komunitas atau organisasi untuk mengajukan proposal kegiatan yang dianggap memiliki manfaat bagi masyarakat.

Untuk mendapatkan dana ini tentunya kamu harus memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi dana hibah.

8. United Stated Agency for International Development (USAID)

Selanjutnya ada juga pinjaman dana hibah langsung cair dari luar negeri. Ini bisa juga menjadi alternatif untuk mendapatkan bantuan keuangan yang lebih besar dan lebih luas.

USAID ini merupakan salah satu lembaga pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan di seluruh dunia.

USAID memberikan dana hibah untuk mendukung berbagai program dan kegiatan di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi.

9. Ford Foundation

Pinjaman dana hibah langsung cair selanjutnya masih dari bantuan luar negeri yaitu Ford Foundation dimana yayasan ini memberikan dana hibah gratis swasta yang berfokus pada pendidikan ilmu pengetahuan dan kebijakan publik.

Yayasan ini memberikan dana hibah untuk mendukung berbagai program dan kegiatan di Indonesia, seperti pengembangan ekonomi masyarakat, lingkungan hidup, kebebasan berpendapat.

10. Islamic Development Bank (IDB)

Nah, ada juga pinjaman dana hibah langsung cair selanjutnya dari timur tengah  kamu bisa mengajukan proposal melalui website kedutaan besar negara Timur Tengah.

Seperti kedutaan Besar Arab Saudi telah memberikan beberapa program bantuan untuk negara islam. Dan salah satu penyedia dana hibah ini adalah IDB.

IDB ini merupakan lembaga keuangan international yang berbasis di Jeddah, Arab Saudi yang memiliki tujuan untuk mendukung pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara anggota, yang mayoritasnya adalah negara muslim.

IDB memberikan dana hibah dan bantuan pembangunan Masjid dari Arab Saudi untuk mendukung berbagai sektor pembangunan seperti inprastruktur, kesehatan dan pendidikan.

Baik untuk organisasi atau lembaga di Indonesia bisa mengajukan profosal kegiatan atau program yang sesuai dengan prioritas dan kebijakan IDB.

Nah, itulah beberapa lembaga atau yayasan yang memberikan pinjaman dana hibah langsung cair yang bisa kamu coba baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dan tentunya kamu harus cari tahu lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuannya. Dari setiap lembaga penyedia semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: