Resensi Novel Ayah Pemilik Cinta Yang Terlupakan 2

Resensi Novel Ayah Pemilik Cinta yang Terlupakan 2

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Novel ayah pemilik cinta yang terlupakan 2 ini merupakan kelanjutan dari cerita novel ayah pemilik cinta yang terlupakan. Dimana kedua novel ini mengisahkan tentang perjalanan, pengalaman, maupun pengorbanan dari seorang ayah.

Dalam resensi novel ayah pemilik cinta yang terlupakan 2 ini akan kami bahas secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya serta pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Identitas Novel Ayah Pemilik Cinta yang Terlupakan 2

Judul NovelAyah Pemilik Cinta yang Terlupakan 2
PenulisEidelweis Almira
PenerbitZettu
Jumlah Halaman196 halaman
KategoriFiksi
Ukuran Buku14×20 cm
Tahun Terbit2014
Harga BukuRp.36.000,-

Novel ayah pemilik cinta yang terlupakan 2 ini merupakan seri kedua yang di tulis oleh Eidelweis Almira. Dimana di dalam novel ini memiliki 23 kisah menarik yang disajikan oleh buku ini mengenai pekerjaan dan kasih sayang seorang ayah.

Novel ayah pemilik cinta yang terlupakan 2 ini mulai di terbitkan pada tahun 2014 dengan jumlah halaman sekitar 196 halaman dan ukuran buku mencapai 14×20 cm novel ini cukup terjangkau kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp.36.000,- an saja.

Sinopsis Novel Ayah Pemilik Cinta yang Terlupakan 2

Dalam resensi novel ayah pemilik cinta yang terlupakan 2 ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel. Dimana sinopsis ini akan membantu kamu memahami isi cerita novel ini secara garis besar.

Seorang ayah selalu bangga, saat mendengar ada yang memanggilnya, selalu bahagia saat ada yang memeluknya. Ia sangat selalu merasa dibutuhkan dan siap ada untuk keluarganya.

Kedua bahu kokohnya untuk menanggung sekian beban kehidupan, kedua tangan kekarnya untuk menyangga, segenap masalah yang ada, kedua kakinya untuk melangkah ke mana pun guna mencari penghidupan bagi anak-anak titipan Tuhan.

Kasihnya tak pernah nampak, cintanya tak mau terlihat, padahal ia sosok hebat dan figur kuat yang melekat di sanubari sang anak. Hari-hari beratnya tak pernah membuatnya berkeluh kesah. Meski tak terhitung peluh yang telah ia keluarkan.

Nalurinya selalu ada untuk melindungi, mengayomi, menyayangi dengan sepenuh hati. Segenap jiwa, sekuat raga bagi anak-anak yang memang menjadi tanggung jawabnya hingga hembusan terakhir napasnya.

Dalam novel ini penulis ingin menyampaikan betapa hebatnya seorang ayah dalam suatu keluarga. Menggambarkan kehebatan seorang ayah yang begitu sabar, tabah, ulet, gigih, kuat dalam kehidupannya.

Ayah memang tidak sepengertian dan seperhatian seorang ibu. Tapi dalam hatinya seorang ayah begitu mencintai dan menyayangi anak-anaknya. Walaupun tak terucapkan, tapi cinta kasih seorang ayah sangat terlihat dari tingkah lakunya.

Konsep dari novel ini dapat didefinisikan dengan baik, setiap ide dalam masing-masing judul dapat dikembangkan dengan baik pula. D

Dimana novel ayah pemilik cinta yang terlupakan 2 ini terdiri dari 23 judul dalam 196 halaman dan hampir setiap kisah dihalaman novel ini mengisahkan tentang pekerjaan seorang ayah dan apa yang seorang ayah impikan pada masa depan anak-anaknya kelak.

Dan setiap judul cerita memiliki kisah yang cukup menarik dan menyentuh hati para pembaca karena sekaan membuat para pembaca merasakan kisah yang sama.

Tidak hanya itu penulis jaga meletakkan beberapa quotes yang menarik tentang seorang ayah dalam setiap judul dan membuat pembaca semakin menikmati novel ini.

Terdapat beberapa kisah dalam novel ini kebetulan saya mengalaminya seperti “Ayahku bukan pejabat” dalam kisah ini menceritakan bagaimana kisah dan perjalanan seorang ayah yang bukan dari kalangan mampu bersekolah tinggi dan menjadi orang sukses.

Dari kisah ini kita memahami bahwa orang yang terlahir dalam keluarga yang tidak mampu tidak menutup kemungkinan untuk bisa sukses di masa depan asalkan senantiasa terus berusaha, berjuang dan tak henti-hentinya berdoa agar dimudahkan segalanya.

Di kisah lain di ceritakan juga “Dia pahlawan tanpa tanda jasa” ternyata bukan hanya seorang guru saja tapi ayah juga merupakan pahlawan tanpa tanda jasa dimana ia selalu jadi tameng terdepan untuk keluarga.

Sosok yang tidak meminta apa pun dan menuntut apa pun atas segala perjuangan dan pengorbanan yang telah ia berikan kepada anak-anaknya karena semua tulus demi keberhasilan dan kebahagiaan anak-anaknya.

Unsur Intrinsik Novel Ayah Pemilik Cinta yang Terlupakan 2

Dalam resensi novel ayah pemilik cinta yang terlupakan 2 ini akan kami jelaskan juga beberapa unsur intrinsik dalam novel ini dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang perjuangan dan cinta seorang ayah yang cukup menyentuh.

2. Tokoh dan penokohan

Banyak kurang lebih ada 23 tokoh ayah dan anak di novel ini.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini menggunakan alur campuran.

4. Latar waktu

Latar yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan yaitu banyak ada di rumah, di tempat kerja ayah dan lain sebagainya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini menggunakan sudut pandang campuran ada sudut pandang orang pertama, dan ketiga.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan dan banyak quotes di dalamnya.

8. Amanat

Sayangilah ayah kalian bagaimana pun keadaannya karena mereka sudah menjadi pahlawan tanpa tanda jasa hingga kamu bisa sebesar ini.

Unsur Ekstrinsik Novel Ayah Pemilik Cinta Yang Terlupakan 2

Berikut beberapa unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel:

1. Nilai Sosial

Sikap sosial yang terkandung adalah sosok ayah memberikan contoh kepada kita untuk bisa menghargai diri sendiri dan orang lain.

2. Nilai Moral

Sikap ayah yang pekerja keras, tidak kenal gengsi, tanpa perlu balasan menyayangi dengan tulus itulah sikap terpuji dari seorang yang bergelar ayah. Dengan membaca novel ini mengajarkan kita semakin sayang dan hormat kepada ayah kita semua.

Kelebihan Novel Ayah Pemilik Cinta yang Terlupakan 2

  • Sangat cocok untuk dinikmati mulai dari anak-anak, remaja atau dewasa
  • Sangat cocok untuk menambah kecintaan kita kepada sosok ayah
  • Bacaan yang memotivasi dan memberikan banyak edukasi

Kekurangan Novel Ayah Pemilik Cinta yang Terlupakan 2

  • Banyak kata-kata yang diulang
  • Ada beberapa cerita atau kisah yang hampir sama
  • Ada tyfo
  • Tidak ada profil penulis

Pesan Moral Novel Ayah Pemilik Cinta yang Terlupakan 2

Novel ini mengajarkan kita untuk terus bersyukur dan menyayangi serta menghormati semua pengorbanan ayah yang telah diberikan dan menjadikan sikap teladannya sebagai contoh saat kamu nanti menjadi orang tua.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel ayah pemilik cinta yang terlupakan 2 semoga bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: