Resensi Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah percintaan romantis tapi didasari dengan keagamaan yang melekat di dalamnya kamu bisa coba baca novel bukan aku yang dia inginkan karya dari Sari Fatul Husna.

Dan dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan resensi novel bukan aku yang dia inginkan mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Yuk, simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan

Judul NovelBukan Aku yang Dia Inginkan
PenulisSari Fatul Husni
PenerbitCloudbooks Publishing
Jumlah Halaman360 halaman
Ukuran Buku14×20,5 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.99.000,-

Novel bukan aku yang dia inginkan ini adalah sebuah karya tulis dari penulis muda berbakat yang bernama Sari Fatul Husna dan novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2022 oleh PT. Cloudbooks Publishing.

Dimana novel ini memiliki ketebalan buku yang mencapai sekitar 360 halaman dengan ukuran 14×20,5 cm dan kamu bisa dapatkan buku ini di kisaran harga Rp.99.000,- an saja.

Sinopsis Novel Aku Bukan yang Dia Inginkan

Dalam resensi novel aku bukan yang dia inginkan ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membantu kamu untuk bisa memahami isi novel secara garis besarnya saja.

Novel aku bukan yang dia inginkan ini mengisahkan seorang wanita solehah yang bernama Aiza Humairah yang merupakan seorang gadis cantik yang taat akan agamanya dan ia menyukai seorang lelaki tampan bernama Fakhri Alfarazel dalam diam.

Fakhri ini menjadi laki-laki idaman satu kampus yang sempat ramai dibicarakan, ia juga memiliki banyak prestasi yang membanggakan. Tidak ada yang tahu perasaan Aiza kepada Fakhri karena Aiza selalu memendamnya rapat-rapat.

Ia hanya menceritakan kisahnya kepada Tuhan-Nya yaitu Allah SWT. Aiza lulus sebagai wisudawan muda, ia memiliki sikap yang patut di puji, Aiza yang sadar ia tidak ingin membuat Allah cemburu karena perasaannya pada Fakhri.

Karena itu, ia berusaha menahan perasaannya, dan biarkan cinta itu mengalir dengan sendirinya dan ia tetap patuh untuk menundukan pandangan terhadap lawan jenis. Dan ia hanya berdoa semoga Allah meridoi apa yang dia inginkan.

Suatu hari, seorang laki-laki datang ke rumahnya dan berniat untuk melamar Aiza, tentu saja Aiza terkejut dan merasa dilema. Aiza ingin menolak, karena di dalam hatinya sudah ada satu nama yaitu Fakhri.

Jodoh memang rahasia Allah dan tidak di sangka yang melamar adalah Fakhri dan Aiza menerima lamaran dari Fakhri dan kebahagiaan itu datang betapa bahagianya ia di hari akad. Namun, setelah akad harapan itu pupus.

Sehari setelah pernikahan ketika mereka pindah rumah ternyata Fakhri mengatakan harus pisah kamar Aiza terkejut dan Fakhri selalu marah saat ditanya alasannya kenapa. Dan Fakhri sering menorehkan luka di hati Aiza.

Namun, karena cinta Aiza selalu bertahan dan sesuatu mengejutkan ketika mengetahui bahwa orang yang ingin ia khitbah adalah kakaknya Arisha. Dan Fakhri melamar Aiza karena melampiaskan kekecewaannya karena Arisha lebih dahulu menerima pinangan lelaki lain.

Lantas bagaimana hubungan mereka pada akhirnya? Apakah Aiza akan bisa meluluhkan hati Fakhri? Atau ada hal lain yang membuat cerita mereka kandas? Yuk, kamu bisa simak langsung di novel bukan aku yang dia inginkan ya!

Unsur Intrinsik Novel Bukan Aku Yang Dia Inginkan

Dalam resensi novel bukan aku yang dia inginkan ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan lengkapnya:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu kisah percintaan religi yang cintanya bertepuk sebelah tangan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Fakhri, ia merupakan tokoh utama lelaki yang egois, memiliki banyak prestasi dan tidak memikirkan perasaan orang lain
  • Aiza, ia merupakan seorang gadis sholehah yang baik hati dan juga sabar
  • Arisha, merupakan kakan perempuan Aiza yang sangat Aiza sayang
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel bukan aku yang dia inginkan adalah menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah di masa-masa kuliah dan kelulusan hingga menikah.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di kampus, di kantin, di rumah Aiza, di rumah Aiza dan Fakhri, di mobil dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang campuran dimana ada sudut pandang orang ketiga dan juga sudut pandang orang pertama.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel adalah jangan menyalahkan takdir dan jagalah perasaan wanita karena setelah kamu kehilangan kamu akan merasa menyesal dan tentunya ikhlas adalah kunci menerima segalanya.

Unsur Ekstrinsik Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel ini kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasannya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Aiza yang selalu sabar dengan perlakukan Fakhri yang selalu menorehkan luka di hatinya hingga ia benar-benar sudah hasib kesabarannya.

2. Nilai Moral

Nilai moral dalam novel ini adalah sikap Fakhri yang mempermainkan hari wanita dan menikah hanya alasan kecewa dan pelampiasan itu adalah sikap yang tidak baik dan merugikan semua pihak.

Kelebihan Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel bukan aku yang dia inginkan, diantaranya adalah:

  • Novel ini bukan hanya menceritakan tentang cinta tapi juga menghadirkan nilai-nilai islam yang terkandung di dalamnya
  • Alur ceritanya tidak bertele-tele
  • Penggunaan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Konflik yang disajikan cukup ringan dan mudah dipahami

Kekurangan Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut penjelasan lengkapnya:

  • Masih terdapat beberapa kesalahan penulisan kata
  • Dan inilah yang membuat beberapa pembaca merasa tidak nyaman

Pesan Moral Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan

Bahwa pernikahan bukan hanya tentang cinta semata tapi dalam pernikahan kita akan dihadapkan dengan berbagai masalah dan tantangan yang perlu dihadapi bersama, komitmen dan upaya yang diperlukan untuk menyadari pentingnya keimanan dalam berkeluarga.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel bukan aku yang dia inginkan mulai dari identitas hingga pesan moral semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya: