Resensi Novel Cake Shop; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi novel cake shop ini akan memaparkan mengenai identitas novel, sinopsis novel, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, dan mengenai kelebihan dan kekurangan, pesan moral dan lain sebagainya.

Dan tentunya resensi ini akan sangat berguna untuk menjadi bahan pertimbangan kalian apakah novel ini layak untuk kalian beli atau tidaknya. Ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu resensinya.

Identitas Novel Cake Shop

Judul NovelCake Shop
PenulisNana S
PenerbitAkad
Jumlah Halaman310 halaman
Ukuran Buku13 x 19 cm
KategoriFiksi, Romantis, Comedy
Tahun Terbit2023
Harga BukuRp. 99.000,00-‘

Novel cake shop ini adalah karya Nana S. Yang diterbitkan pada tahun 2023, dan cetakan kedua pada Mei 2023. Novel ini bergenre fiksi, romantis, dan comedy. Novel ini cocok jadi rekomendasi bagi kalangan remaja.

Sinopsis Novel

Dalam resensi novel cake shop ini kami juga jelaskan sinopsis novel dan berikut penjelasan sinopsis secara singkatnya.

Awal mula dari sebuah ke isengan menjadi kesenangan. Novel cake shop ini menceritakan seorang remaja perempuan bernama Zora Marjorie. Ia mempunyai seorang crush bernama Marelio Alexander. Dimana dia sering men-stalking crush nya di instragramnya.

Namun pada suatu malam ia dibuat panik oleh crushnya yaitu Marelio. Bagaimana tidak, crushnya memberikan pengumuman di instastory nya bahwa dia telah mendownload aplikasi premium yang mana ia bisa mengetahui siapa saja yang men-stalker instagram nya.

Zora baru ingat bahwa dia memiliki akun instagarm cake shop. Dulu ibunya memiliki cake shop namun sekarang sudah bangkrut karena sepi pelanggan. Dari situ Zora akhirnya mempunyai rencana.

Zora berniat memakai akun fake tersebut untuk menggunakan identitas penjual kue. Agar crush nya tidak tahu bahwa dia men-stalker instagram nya. Dan ia pun memakai akun palsu tersebut untuk memantau Marelio Alexander.

Zora merasa senang karena akhirnya bisa ngepoin crushnya tanpa sepengetahuan dia bahwa yang memantau nya adalah Zora. Dia menggunakan kesempatan tersebut secara hati-hati. Takut ketahuan Marelio.

Tidak disangka, justru dia malah bertemu dengan Ezio Arcella yang merupakan pelanggan pertamanya di cake shop. Namun siapa sangka, ternyata cake shop itu malah menjadi laris manis setelah dipromosikan oleh Zio.

Zio melakukan hal tersebut untuk menarik perhatian dari Zora. Semua usaha Zio lakukan agar Zora tertarik kepadanya. Salah satunya dengan mempromosikan cake shop milik Zora yang lama bangkrut karena sepi pelanggan.

Awalnya akun cake shop itu adalah milik ibunya. Karena ingin memantau dan ngepoin crush nya akhirnya dia menggunakan akun cake shop tersebut untuk men-stalker Marelio.

Dan di situlah yang menjadi awal mula kisah dari keduanya. Apakah Zora akan bersama crush nya Marelio ataukah akan bersama pelanggan pertamanya Zio? Bagaimana kelanjutan kisahnya. Dapatkan cerita kisahnya secara lengkap di novel cake shop.

Unsur Intrinsik Novel Cake Shop

Dalam resensi novel cake shop ini juga terdapat unsur intrinsik di dalamnya, dimana unsur intrinsik ini adalah unsur pembangun novel yang berasal dari dalam berikut penjelasan unsur intrinsik novel, yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel cake shop ini adalah tema percintaan dan comedy. Yang dimana seorang wanita bernama Zora memiliki crush yang bernama Marelio. Dan pelanggan pertama dari cake shop bernama Zio.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Zora Marjorie, wanita cantik yang selalu menstalker crush nya secara diam-diam yaitu dengan memakai akun fake menggunakan akun cake shop bekas ibunya. Berwatak perhatian, baik
  • Marelio Alexander, merupakan crush dari Zora, yang sengaja mendownload aplikasi premium agar mengetahui siapa saja yang serring menstalking dirinya di instagram
  • Ezio Arcella, adalah pelanggan pertama dari cake shop Zora yang mempromosikan cake shop tersebut dan akhirnya menjadi laris manis. Baik, dan suka membantu

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel cake shop ini adalah alur maju. Karena menceritakan dari awal secara runtut.

4. Latar waktu

Waktu yang diceritakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di apartemen, kampus, rumah, kamar mandi, di gedung dan lain-lain.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang dalam novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu “aku”.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari jadi sangat mudah dimengerti dan mudah dipahami. Hal ini dapat membuat pembaca mudah dan nyaman untuk membacanya. Juga diselipkan dengan beberapa bahasa inggris.

8. Amanat

Kita sebagai sesama manusia tidak ada salahnya saling membantu terhadap sesama. Karena jika kita membantu seseorang itu tidak akan membuat kita rugi, saling memahami satu sama lain.

Unsur Ekstrinsik Novel Cake Shop

Dalam resensi novel cake shop ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik berikut penjelasannya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial dalam novel ini yaitu saling memaafkan ketika kita melakukan kesalahan.

2. Nilai moral

Nilai moralnya adalah selalu peduli terhadap orang lain, menjadi seseorang yang penyayang, saling memahami

Kelebihan Novel Cake Shop

Kelebihan dari novel cake shop ini adalah menggunakan judul dan cover yang sangat menarik dan penulisan yang mirip dalam pesan ditampilkan sehingga menambah kesan unik. Juga banyak pesan-pesan dan dapat di ambil dari novel ini seperti mencoba suatu hal yang baru.

Bahasa suku yang ditampilkan juga menambah pengetahuan kita akan bahasa-bahasa lainnya. Dan akhir cerita yang ringan sehingga pembaca mudah menebak ceritanya. Dan alurnya juga tidak bertele-tele jadi mudah untuk dipahami.

Kekurangan Novel Cake Shop

Kekurangan dari novel cake shop ini adalah alur yang memang menarik namun mudah ditebak. Dan juga banyak kalimat yang menggunakan bahasa inggris tanpa memberikan terjemahan dibawahnya.

Juga terdapat beberapa kalimat yang sulit di mengerti. Sehingga pembaca harus mencari tahu apa arti dari kalimat tersebut.

Pesan Moral Novel Cake Shop

Tidak ada salahnya membantu seseorang untuk memajukan usahanya, namun jangan menyalah gunakan kesempatan tersebut hanya untuk menarik perhatian. Harus membantu orang secara tulus tanpa pamrih.

Akhir Kata

Nah itulah resensi novel cake shop ini. Novel ini cocok dibaca oleh remaja 15 tahun ke atas. Bagi kalangan remaja yang suka dengan tema percintaan namun tetap ada kesan lucu nya novel ini cocok jadi rekomendasi.

Tak hanya kisah percintaan yang ditunjukkan juga ada kesan comedy nya jadi pembaca tidak merasa bosan atau jenuh membacanya. Novel cake shop ini sangat menarik dan unik dari judul, cover dan penulisannya. Segera dapatkan novel cake shop ini!

Artikel Menarik Lainnya: