Resensi Novel Canva Narendra Eccendentesiast

Resensi Novel Canva Narendra Eccendentesiast

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Novel Eccendentesiast ini merupakan sebuah novel yang mengisahkan kisah Canva Narendra yang berjuang ingin berjumpa dengan kedua orang tuanya. kisahnya yang cukup pilu ini memang sangat menarik perhatian.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai resensi novel Canva Narendra Accendensiast secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Yuk, simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Canva Narendra Eccendentesiast

Judul NovelEccendentesiast
PenulisIta Krn
PenerbitAkad
KategoriFiksi
Ukuran Buku14×20 cm
Jumlah Halaman356 halaman
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.99.000,-

Novel Eccendentesiast ini merupakan sebuah novel yang di tulis oleh Ita Krn dan mulai diterbitkan di aplikasi menulis online yaitu Wattpad karena banyaknya antusia pembaca maka buku ini diterbitkan pada tahun 2022 oleh PT. Akad.

Novel ini cukup menyedihkan dan memiliki ending yang begitu tragis dari kisah tokoh utamanya yaitu Canva Narendra yang sangat merindukan kedua orang tuanya yang bekerja di luar negeri.

Sinopsis Novel Canva Narendra Eccendentisiast

Dalam resensi novel Canva Narendra ini kami tim Mustakim Media juga akan menjelaskan terlebih dahulu sinopsis dalam buku ini. dan hal ini berguna bagi kamu yang akan membeli buku ini karena akan mengetahui secara garis besar isi dari buku ini.

Novel Eccendetensiast ini mengisahkan kisah Canva Narendra yang ditinggalkan oleh orang tuanya keluar negeri untuk bekerja. Dan bertemu dengan orang tuanya adalah cita-citanya sejak lama.

Canva Narendra ini ditinggalkan sejak ia berusia 5 tahun dan ia tinggal bersama dengan neneknya hingga kini SMA. Canva terus belajar dan membuktikan bahwa ia merupakan anak yang membanggakan dan agar ia bisa bertemu dengan orang tuanya sehingga ia menjadi anak yang sangat cerdas.

Kalau banyak remaja yang ingin menjadi kaya dan hura-hura, tapi tidak dengan Canva. Cita-citanya hanya satu, “Mau peluk sama mama dan papa. Canva sayang dan rindu banget sama mereka”.

Sejak itulah ia melakukan apa pun, termasuk belajar yang luar biasa dan mendapatkan penghargaan agar diperhatikan oleh orang tuanya.

Untuk mewujudkan mimpinya tersebut, Canva yang ditemani oleh sahabat-sahabatnya yang terbentuk dalam suatu geng bernama “Diamond Gang” dan seorang gadis tunanetra bernama Aily.

Canva ia merupakan seorang anak yang selalu menyembunyikan dalam diam. Aily juga merupakan seorang gadis yang memiliki kekurangan dimana ia tidak bisa melihat dan hidupnya tidak bahagia.

Orang tuanya bercerai dan ibunya menikah lagi dengan seorang duda dan mempunyai adik laki-laki yang bernama Venus. Dan Canva sangat suka sekali dengan hujan. Pertemuan Aily dan Canva sangat tidak terduga.

Saat sedang hujan lebat Aily ditinggal oleh Venus di halte bus dan Canva menemukan dan mengantarkannya pulang.

Dan pada detik itu, Canva menemukan salah satu alasan untuk tetap bertahan. Beberapa hari Canva seringkali memikirkan Aily dan Canva mulai menyadari bahwa perasaan itu belum pernah ia rasakan sebelumnya.

Selain itu, adanya kehadiran Zayyan Abrisam, musuh di masa lalu Canva, membuat hari-hari Canva semakin kacau.

Ambisi untuk menang dalam meraih penghargaan olimpiade, bisa punah. Dan harapan untuk diperhatikan dan bertemu dengan orang tuanya juga akan sama. satu hal lagi. kehadiran cowok yang bernama Venus, juga turut andil membuat masalah hidup Canva semakin pelik.

Apalagi karena ambisinya Canva di vonis menderita gagal ginjal kronis, lantas apakah Canva mampu mewujudkan impiannya? Atau ia harus menahannya karena penyakitnya yang kian memburuk? Untuk menemukan jawabannya kamu bisa simak secara langsung di novel Eccendentiast secara langsung.

Unsur Intrinsik Novel Canva Narendra Eccendentisiast

Dalam resensi novel Canva Narendra ini kami juga akan menjelaskan secara lengkap mengenai unsur intrinsik novel mulai dari tema hingga amanat yang terkandung di dalam novel tersebut.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Canva Narendra Eccendentisiast ini merupakan sebuah novel yang memiliki tema percintaan, persahabatan dan juga keluarga.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Canva Narendra, ia merupakan seorang pemuda yang cerdas dan juga sangat baik serta mampu menyembunyikan luka dalam diam
  • Aily, ia merupakan gadis tunanetra yang tidak bahagia dengan keluarganya
  • Zayyan, ia merupakan salah satu musuh dari Canva yang memiliki dendam
  • Venus, kakak tiri Aily yang sangat tidak peduli terhadap keluarganya
  • Nenek, ia merupaka pengganti orang tua yang baik dan perhatian
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Canva Narendra ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur yang ada di dalam novel tersebut.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini sama dengan novel lainnya yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Canva Naredra ini menggunakan latar tempat di sekolah, di halte bus, di jalan dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut Pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu menggunakan sudut pandang Canva.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan apalagi oleh remaja.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah jangan pernah menyerah dalam menghadapi masalah kehidupan dan jalani hidup dengan ikhlas dan penuh kesabaran dan sebagai orang tua kehadiran itu lebih penting dibandingkan segalanya.

Unsur Ekstrinsik Novel Canva Narendra

Selain unsur intrinsik kami juga akan bahas unsur ekstrinsik novel ini yaitu:

1. Nilai Sosial

Sikap Canva yang bersedia mengantarkan Aily yang ditinggal kakanya di halte bus dan itu merupakan sikap sosial yang patut di contoh dan diteladani.

2. Nilai Moral

Sikap Venus yang dengan sengaja meninggalkan Aily di Halte itu merupakan tindakan yang kurang baik ditambah Aily yang memiliki kekurangan sehingga ia kesulitan untuk pulang ke rumah.

Kelebihan Novel Canva Narendra

Berikut beberapa kelebihan dari novel ini yaitu:

  • Bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Novel ini cocok dibaca oleh para remaja
  • Cover buku sangat menarik

Kekurangan Novel Canva Nerendra

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Novel ini memiliki ending yang tidak terduga dan membuat para penggemar tokoh kecewa
  • Ada beberapa tyfo

Pesan Moral Novel Canva Narendra

Janganlah terlalu memaksakan diri untuk bisa yang terbaik dan membuat kamu mengalami sakit kamu hanya perlu pasrah dan bersyukur dengan kehidupan yang ada. Dan orang tua seharusnya berada di samping anaknya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Canva Narendra di Eccendentensiast semoga apa yang disampaikan dapat membantu ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: