Resensi Novel Catatan Pendek Untuk Cinta yang Panjang

resensi novel catatan pendek untuk cinta yang panjang

Resensi novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang mengkisahkan cerita tentang kisah cinta Boy yang begitu sulit mendapatkan hati Ratna.

Setelah sekian lamanya, Ratna akhirnya jatuh cinta dengan Boy. Tetapi, ternyata banyak perbedaan pola pikir diantara mereka berdua.

Lalu, bagaimanakah kelanjutan hubungan dari Boy dan Ratna? apakah mereka terus bersama atau mengakhiri hubungannya? Simak ceritanya dalam artikel ini, sampai selesai ya.

Identitas Novel

Judul NovelCatatan Pendek Untuk Cinta yang Panjang
PenulisBoy Candra
Jumlah halaman212 Halaman
Ukuran buku13 cm x 19 cm
PenerbitMedia Kita
KategoriFiksi
Tahun Terbit2014
Harga novelRp. 40.000,00

Novel berjudul Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang ditulis oleh Boy Candra dengan jumlah 212 halaman. Buku ini diterbitkan oleh Media Kita tahun 2014 sebagai buku fiksi. Harganya kini Rp. 40.000,00.

Sinopsis Novel Catatan Pendek Untuk Cinta yang Panjang

Novel ini merupakan novel non fiksi dari kisah nyata perjalanan cinta boy Candra.

Di bab pertama novel ini berisi tentang perasaan boy kepada perempuan tapi boy takut perasaan cintanya ditolak. Dan benar saja, setelah boy memberanikan diri untuk menyatakan cintanya kepada perempuan itu.

Jawaban dari perempuan itu adalah perempuan itu sudah mempunyai kekasih. Boy pun menyesal karena dia merasa terlambat menyatakan rasanya kepada perempuan tersebut.

Diam-diam boy memperhatikan perempuan pujaanya itu selama berbulan-bulan, yang sebenarnya perempuan itu sudah mempunyai kekasih.

Boy seperti sudah sangat terpikat dengan perempuan itu. Sampai-sampai boy merasa jika dirinya hanya mencintai perempuan itu saja adalah hal yang sangat istimewa.

Sampai akhirnya boy pun tahu jika perempuan itu sudah putus dengan kekasihnya. Dan boy memberanikan diri untuk memulai chat dengannya.

Selang beberapa minggu dia dan perempuan itu semakin dekat, hal itu tidak pernah dipikirkan oleh boy. Dan pada akhirnya boy menjadi pacarnya.

Sebelumnya gue tidak pernah berpikir bisa menjadi pacarnya secepat itu, Ratna sebelumnya mereka berdua hanya berteman.

Lalu mereka sepakat untuk menyebut hubungan mereka sebagai sepasang kekasih.

Beberapa bulan mereka pacaran mulai muncul masalah-masalah dalam hubungan mereka hanya karena tidak sependapat satu sama lain.

Sebenarnya mereka hanya perlu memahami pola pikir satu sama lain. Dan akhirnya perdebatan pasang kekasih itu sudah berakhir.

Mereka tidak perlu saling menyalahkan satu sama lain dan tidak perlu mencari siapa yang salah karena sejatinya di dalam hubungan asmara perbedaan merupakan hal yang wajar.

Lama kelamaan bahwa mulai berpikir bukan hanya dengan perempuan itu saja dia dapat merasakan bahagia dia mulai bosan dengan perempuan tersebut.

Boy memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan wanita itu. Boy berusaha untuk melupakan perempuan itu.

Sesekali boy teringat tentang perjuangannya untuk mendapatkan perempuan itu dulu. Sulitnya mendapatkan perempuan itu dulu hanya berakhir dan meninggalkan patah hati yang sakitnya tersimpan di hati menurut boy.

Tetapi boy akhirnya menyadari semuanya harus kembali indah, boy Candra akhirnya kembali menemukan cinta yang sejati.

Cinta yang dapat membuat hidupnya kembali indah dan bersemi. Cinta yang dapat menyembuhkan luka-luka di masa lalunya, walaupun itu membutuhkan waktu.

Cinta sering kali datang dan pergi walau kamu tidak menginginkannya, cinta sejati akan memberimu rasa nyaman dan aman saat mencintai.

Akhirnya kamu harus mensyukuri apapun yang telah kamu miliki hari ini.

Walaupun yang kamu tunggu tidak pernah datang, walau yang kamu perjuangkan tidak pernah sadar dengan apa yang telah kamu lakukan.

Nikmatilah saja, kelak dia yang kamu cintai akan mengetahui betapa kerasnya kamu dalam memperjuangkannya.

Unsur Intrinsik Novel

Berikut ini beberapa unsur intrinsik novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang karya Boy Candra, yaitu:

1. Tema

Tema dalam novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang yaitu tentang percintaan. Dimana tokoh Boy yang berjuang dalam mendapatkan cinta Ratna.

2. Tokoh

Tokoh yang terdapat dalam novel ini yaitu Boy, Ratna, dan mantan kekasih Ratna.

3. Latar Waktu

Latar waktu yang diceritakan dalam novel yaitu menceritakan dalam situasi pagi hari, siang hari, dan malam hari.

4. Latar Tempat

Latar tempat novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang yaitu terjadi di rumah Ratna, di Jalan, dan di mall.

5. Alur

Alur yang digunakan dalam menggambarkan cerita novel yaitu alur maju. Dimana, diceritakan cerita yang runtut dari cerita sebelumnya menuju cerita selanjutnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang menggunakan kata ganti orang pertama. Penulis, tidak menuliskan nama-nama tokoh novel. Ia hanya menggambarkan karakter tokoh, seperti si Wanita Cantik.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa dalam novel ini menggunakan bahasa yang sederhana yang sering digunakan dalam bahasa komunikasi sehari-sehari. Sehingga, pembaca akan lebih mudah dalam memahaminya.

8. Amanat

Amanat yang terdapat dalam novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang yaitu bersyukur dengan apa yang kamu dapatkan, setelah kamu memperjuangkannya.

Unsur Ekstrinsik Novel

Adapun unsur ekstrinsik dalam novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang karya Boy Candra, yaitu:

1. Nilai Religi

Di dalam novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang berisi nilai religi dari adanya suatu quotes yang menyatakan bahwa kekuatan doa jauh lebih kuat dalam menyampaikan ridunya kepada Ratna. Meskipun, cintanya tak terbalas olehnya.

2. Nilai Sosial

Nilai sosial dalam novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang tersirat dari perilaku Boy yang selalu menghargai apapun yang disukai oleh Ratna.

Boy selalu membatu Ratna saat ia membutuhkan pertolongan.

3. Nilai Moral

Nilai moral yang terdapat di dalam novel yaitu saat manusia sudah mendapatkan apa yang diinginkan. Sebaiknya, mensyukurinya dan menjalaninya.

Kelebihan Novel

Kelebihan dalam novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang yaitu ceritanya sederhana, konfliknya juga simple, tetapi alur ceritanya sangat menarik untuk dibaca sampai akhir.

Kekurangan Novel

Kekurangan novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang yaitu tidak ada penyebutan nama tokoh. Sehingga, terkesan tokohnya hanya Boy dan Ratna.

Pesan Moral Novel Catatan Pendek Untuk Cinta yang Panjang

Pesan moral yang tersirat dalam novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang yaitu untuk mensyukuri apa yang telah kita dapatkan. Dan hargai setiap hal yang ada pada diri orang lain.

Artikel Menarik Lainnya: