Resensi Novel Fall In Love With Senior

Resensi Novel Fall In Love With Senior

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang menyukai genre fiksi remaja romantis kau wajib banget nih membaca novel fall in love with senior. Dan dalam kesempatan kali ini kami juga akan jelaskan mengenai resensi novel fall in love with senior pada artikel ini secara lengkap.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut secara lengkap. Kami juga sediakan beberapa kelebihan dan juga kekurangannya sebagai gambaran untuk kamu pertimbangkan beli atau tidak buku ini.

Identitas Novel Fall In Love With Senior

Resensi Novel Fall In Love With Senior
Judul NovelFall In Love With Senior
PenulisSonya Nadila Octaviani
PenerbitBintang Media
Jumlah halaman200 halaman
Ukuran Buku14×20,5 cm
KategoriFiksi Remaja
Tahun Terbit2019
Harga NovelRp.65.000,-

Dalam resensi novel fall in love with senior ini merupakan sebuah karya dari Sonya Nadila Octaviani yang bermula diterbitkan di aplikasi Wattpad. Dan karena novel ini cukup banyak peminatnya maka buku ini akhirnya dibukukan pada tahun 2019 oleh Bintang Media.

Buku novel fall in love with senior ini memiliki ketebalan yang mencapai sekitar 200 halaman dan ini bisa kamu baca sekali duduk saja. buku ini juga memiliki ukuran standar yaitu 14×20,5 cm.

Sinopsis Novel Fall In Love With Senior

Dalam resensi novel fall in love with senior ini akan kami jelaskan juga mengenai sinopsis novel. Dimana sinopsis ini akan bermanfaat bagi kamu untuk memahami isi novel ini secara garis besar dan berikut penjelasan lengkapnya.

Novel fall in love with senior ini merupakan karya pertama dari Sonya Nadila Octaviani dimana novel ini mengisahkan seorang gadis bernama Keysheva Carey yang menyukai kakak kelasnya sendiri yang bernama Darrel.

Pernah kebayang gak sih suka sama kakak kelas di sekolah lo dan ternyata kalian masih sepupuan? Oh tidak, entah harus sedih atau pun senang mendengar kabar tersebut. Tapi inilah kenyataannya.

Jam sudah menunjukkan hampir tengah malam tetapi gadis cantik ini belum juga menyelesaikan aktivitasnya. “Sudahlah Key, sebaiknya kamu tidur, besok kan hari pertama kamu MOS?”

“Iya, Ma, sebentar lagi selesai” Key berteriak.

Jam telah menunjukan pukul setengah enam pagi. Setelah selama 30 menit bersiap-siap, key pun turun ke lantai bawah dan sudah ada kedua orang tuanya serta kakaknya di sana. “Cie… Cie… hari ini udah mau jadi anak SMP aja ya, goda kak Jesy.”

“Ih, kak Jesy mah godain adiknya mulu.” “Hahahah iya deh iya, ayo bareng aja berangkatnya.” Bujuk Jesy.

Saat tengah berlari ke arah lapangan, Key tanpa sengaja menabrak seseorang. :Ah elah.. kalo jalan itu liat-liat” okay gue tarik omongan gue barusan karena cowok itu sombong kebangetan” Key.

Key lihat deh kakak kelas yang hidungnya mancung, tinggi, itu log ganteng ya? tapi sayangnya nakal banget ih!” Dra, emang lo kenal sama kakak itu?

“Jangan sok tahu deh” “Ya ampun, Key gue tuh bukannya sok tahu, ih dia itu abang sepupu gue.”

Ya, iyalah gue tahu banget cowok yang nakal itu, ih” pernah kebayang suka sama kakak kelas di sekolah lo dan ternyata kalian masih sepupuan?

Oh tidak, entah harus sedih atau pun senang mendengar kabar tersebut, tapi inilah kenyataannya, Jill Keyshepa carey. Gue emang pengagum rahasia yang sangat gue kenal, tanpa ia ketahui dan tanpa gue sadari ternyata dia memiliki hubungan keluarga.

Bagaimana bisa seorang Dareel memiliki perasaan dengan sepupunya? Akankah mereka bisa bersama? Bagi kamu yang penasaran dengan cerita keduanya kamu bisa simak langsung di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Fall In Love With Senior

Dalam resensi novel fall in love with senior kamu juga perlu mengetahui beberapa unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu kisah percintaan remaja anatara Darrel dan Key.

2. Tokoh dan penokohan

  • Keysheva Carey, ia merupakan gadis cantik yang periang dan sangat menyukai sepupunya
  • Darrel, ia merupakan kakak sepupu Key yang yamapn dan baik juga
  • Ardra, ia merupakan teman baru Key di SMP tersebut dan berkenalan saat MOS
  • Jessy, ia merupakan kakak Key yang penyayang dan suka menggoda adiknya
  • Mama, ia ibu Key yang baik dan penyayang
  • Papa, papa yang baik, tegas dan bertanggungjawab
  • Dan masih banyak lagi lainnya
  • Alur

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur maju atau progresif dimana cerita dimulai dari awal hingga akhir secara runtut dan teratur.

4. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di sekolah, di kantin, di perpus, di lapangan, di rumah, di kamar Key dan masih banyak latar tempat lainnya.

5. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan yaitu di pagi hari, siang hari dan juga malam hari, jam 11 malam dan lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa khas para anak remaja yang gaul dan kekinian.

8. Amanat

Sebaiknya sebagai pelajar yang baik jangan terlalu mementingkan perasaan cinta tapi belajarlah dengan rajin agar kamu bisa mencapai cita-cita yang kamu inginkan dan jangan terlalu fokus di hal percintaan karena masih SMP.

Unsur Ekstrinsik Novel Fall In Love With Senior

Selain intrinsik tentunya kami juga akan bahas mengenai unsur ekstrinsiknya dan berikut penjelasan mengenai unsur ekstrinsik novel ini yaitu:

1. Nilai Sosial

Sikap Ardra yang baru pertama kali bertemu tapi mudah akrab dan ahirnya menjadi teman dekat Key di SMP.

2. Nilai Moral

Sikap anak muda zaman sekarang memang suka aneh-aneh dan merasa tidak malu untuk berpelukan meski mereka masih di bawah umur.

Kelebihan Novel Fall In Love With Senior

Berikut beberapa kelebihan dari novel ini yaitu:

  • Gaya bahasa yang mudah dipahami dan sederhana
  • Alur cerita menarik dan sederhana
  • Tokoh memiliki karakter yang kuat dan seimbang
  • Cover buku menarik

Kekurangan Novel Fall In Love With Senior

Selain kelebihan berikut kami temukan juga kekurangannya yaitu:

  • Ada beberapa kesalahna penulisan
  • Ending mudah ditebak
  • Ceritanay terlalu klasik dan banyak digunakan

Pesan Moral Novel Fall In Love With Senior

Cinta memang tidak bisa dipaksakan dan jika kamu berjodoh maka ia akan kembali lagi ke tempat asalnay dan jangan risaukan masalah percintaan apalagi sampai menggangu pelajaran sekolah.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel fall in love with senior ini semoga bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: