Resensi Novel Friendzone Lempar Kode Sembunyi Hati

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah friendzone kamu bisa banget nih baca kisah karya Alnira tapi sebelum itu kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena kamu akan menjelaskan resensi novel friendzone lempar kode sembunyi hati.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya tidak hanya itu akan kami jelaskan juga kelebihan dan kekurangan dari novel tersebut. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Friendzone Lempar Kode Sembunyi Hati

Resensi Novel Friendzone Lempar Kode Sembunyi Hati
Judul NovelFriendzone Lempar Kode Sembunyi Hati
PenulisAlnira
PenerbitGramedia Widiasarana Indonesia
Jumlah Halaman312
Ukuran Buku13,5×20 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.88.000,-

Novel friendzone lempar kode sembunyi hati ini merupakan sebuah karya dari penulis bernama Alnira dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2022 oleh Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dan novel friendzone lemper kode sembunyi hati ini memiliki ketebalan mencapai 312 halaman kamu bisa membeli buku ini mulai dari harga Rp.88.000,- an saja.

Sinopsis Novel Friendzone Lempar Kode Sembunyi Hati

Dalam resensi novel friendzone lempar kode sembunyi hati ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel ini dan berikut penjelasan lengkapnya yang perlu kamu ketahui di bawah ini ya.

Novel ini menceritakan tentang persahabatan dan percintaan antara lima sahabat sekitar 5 tahun yang lalu yaitu Dhira, Maya, Angga dan Ransi berkumpul di rumah Maya. Dan mereka membuat perjanjian yang bisa disepakati bersama.

Namun, setelah beberapa tahun kemudian ketiga dari sahabat itu melanggar perjanjian. Dimana Maya mencintai Angga tapi Angga tidak, begitu pula dengan Dhira yang diam-diam menaruh hati pada Ransi.

Saat SMP Dhira disibukkan dengan kegiatan les hingga eksaknya sehingga ia terlalu sibuk hingga jarang bertemu lagi dengan sahabat-sahabatnya. Tidak hanya itu saat SMK pula ia sibuk dengan kegiatan OSISnya.

Dimana dari tahun ke tahun terus ia jalani tanpa banyak dipertemukan lagi dengan sahabatnya hanya sebagian dari mereka yang bisa bertemu di saat libur lebaran.

Dan kini Dhira sudah bekerja di sebuah asuransi yang bekerjasama dengan sebuah bank. Dan ia selalu di antar jemput oleh Angga tapi Dhira sama sekali tidak tertarik dengan Angga.

Di sisi lain Ransi yang tidak pernah jelalatan kepada wanita membuat Dhira menaruh hati kepadanya. Dan suatu saat Dhira memberanikan diri untuk mengungkapkan semua isi hatinya melalui email.

Namun, berhari-hari ia menunggu tidak pernah mendapatkan balasan apa pun dari Ransi hingga ia tahu bahwa Ransi ada di rumah sakit. Dhira mencoba mulai melupakan apa yang ia rasakan kepada Ransi.

Meskipun di setiap do’anya ia selalu meminta berjodoh dengan Ransi tapi ada suatu titik dimana ia tidak lagi berdo’a demikian tapi Dhira meminta jodoh yang terbaik dari Allah untuk dirinya.

Dhira yang di didik orang tuanya dengan agama yang baik hingga ia dewasa tidak pernah berpacara dengan siapa pun. Dan ia selalu menjaga kesucian dirinya dan terus memperbaiki diri karena ingin memiliki jodoh yang baik pula.

Dan hingga 7 tahun lamanya akhirnya mereka saling memahami perasaan masing-masing, bahwa selama ini bukan hanya Dhira yang selalu berjuang, bukan hanya ia yang selalu menginginkan tapi Ransi juga begitu.

Lantas bagaimana dengan kelanjutan kisah dari Dhira dan Ransi ini? yuk, kamu bisa baca langsung di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Friendzone Lempar Kode Sembunyi Hati

Dalam resensi novel friendzone lempar kode sembunyi hati ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan lengkapnya yang perlu kamu ketahui:

1. Tema

Tema yang diangakt dalam novel ini yaitu menggunakan tema cinta dalam persahabatan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Dhira, ia merupakan tokoh utama yang pekerja keras, baik dan juga selalu menjaga dirinya
  • Ransi, ia seorang yang sangat memiliki target yang tinggi dan sangat menghargai perempuan
  • Maya, ai merupakan sahabat Dhira yang baik
  • Angga, sahabat Dhira yang dekat dan selalu membantu
  • Wisnu, sahabat Dhira yang baik
  • Okta, seorang yang Angga cintai
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya
  • Alur

3. Alur

alur yang digunakan dalam novel friendzone lemper kode sembunyi hati ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan juga alur mundur di dalamnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di Palembang.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel friendzone lemper kode sembunyi hati ini yaitu adalah sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Dhira sendiri.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahas yang ringan dan mudah dipahami dan relate dengan bahasa anak muda zaman sekarang.

8. Amanat

Jangan berfikir negatif kepada orang lain agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan kita harus jujur kepada semua orang termasuk kepada diri kita sendiri selain itu kalau jodoh tidak akan kemana kok.

Unsur Ekstrinsik Novel friendzone lempar kode sembunyi hati

Selain intrinsik tentunya kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik dalam resensi novel friendzone lemper kode sembunyi hati, diantaranya adalah:

1. Nilai sosial

Sikap Angga yang selalu memabntu Dhira dalam hal yang dibutuhkan itu adalah sikap sosial yang cukup baik dan patut di contoh.

2. Nilai moral

Sikap Dhira yang pekerja keras dan selalu menjaga diri dengan baik ini adalah sikap wanita yang baik.

Kelebihan Novel

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel friendzone lempar kode sembunyi hati, diantaranya adalah:

  • Bahasa yang igunakan dalam novel ini modah dipahami
  • Jalan cerita jelas an penuh kejutan
  • Cover buku menaril
  • Judul sesuai dengan isi novel
  • Kisahnya fiksi tetapi masuk akal dan mudah dipahami

Kekurangan Novel

Selain kelebihan novel ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

  • Terlalu banyak dialog
  • Beberapa bahasan dan contoh terlalu di ulang-ulang dan membuat bosan
  • Jenis huruf yang digunakan kurang menarik
  • Untuk lay out dan pemilihan huruf yang kecil dan rapat terkesan jenu
  • Dan terdapat kata yang tidak dipahami karena tyfo

Pesan Moral

Ketika kamu memaksa kepada Tuhan untuk berjodoh dengan seseorang maka akan sulit kamu dapatkan namun ketika kamu ikhlas dan meminta yang terbaik maka Allah akan beri yang tidak akan kamu sangka.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel friendzone lempar kode sembunyi hati semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: