Resensi Novel Kamu Terlalu Banyak Bercanda

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Nah, bagi kamu yang ingin membaca buku yang merupakan tentang arti sebuah perasaan kamu bisa baca buku tentang novel kamu terlalu banyak bercanda karya Marchella FP dimana novel ini mengisahkan tokoh Awan berikut perasaannya.

Dalam kesempatan kali ini kami akan jelaskan resensi novel kamu terlalu banyak bercanda mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel kamu Terlalu Banyak Bercanda

Judul NovelKamu terlalu banyak bercanda
PenulisMarchella FP
PenerbitKebahagiaan Itu Sederhana
Jumlah Halaman194 halaman
Ukuran Buku14×20 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2019
Harga BukuRp.125.000,-

Nobel kamu terlalu banyak bercanda atau di singkat saja KTBB ini merupakan sebuah karya dari Marchella FP yang mulai diterbitkan pada tahun 2019 oleh Kebahagiaan Itu Sederhana dan memiliki ketebalan mencapai 194 halaman.

Singkatnya buku ini adalah surat-surat yang di tulis oleh tokoh awan tentang beberapa perasaan yang ia rasakan seperti perasaan kurang menyenangkan terdengar menusuk tapi membuat pembaca merasa lega dan merasakan.

Sinopsis Novel Kamu Terlalu Banyak Bercanda

Dalam resensi novel kamu terlalu banyak bercanda ini akan kami jelaskan juga sinopsisnya sehingga kamu memahami apa yang menjadi isi cerita dalam novel ini secara garis besar.

Isi dalam novel ini yaitu komplikasi dari isi surat yang di tulis oleh Awan. Isi dalam surat ini berisikan tentang waktu yang ia alami saat dirinya tidak bisa untuk ikut tertawa, sebuah perasaan ketika Awan merasa sedang dijadikan bahan canda oleh hidup.

Di dalam buku ini, berisikan kutipan-kutipan dari surat yang di tulis oleh Awan. Dari kumpulan catatan yang ditulis oleh Awan sendiri tentang berbagai perasaan negatif yang ia rasakan dalam dirinya.

Alur cerita digambarkan dalam rentang waktu sekitar 10 tahun, dengan membaca catatan yang ditulis oleh Awan ini.

Kita akan membayangkan bagaimana Awan menjalani hari kelabunya dan kemudian Awan memutuskan untuk menuliskan perasaan yang ia curahkan dalam catatan harian.

Di tuliskan dalam waktu 10 tahun, Awan menuliskan segala permasalahan yang ia rasa, tentang perasaan sedih, kecewa, marah da juga meragu yang terkadang semua perasaan itu jarang kita perlihatkan pada orang lain.

Dan bisa saja orang yang memperlihatkan perasaan bahagianya, ternyata menyimpan banyak luka di dalam dirinya, mereka hanya tidak memperlihatkan perasaan itu seperti halnya apa yang dilakukan oleh Awan.

Dan di akhir buku, Awan memutuskan untuk menggali kembali luka yang selama ini selalu ia kubur dalam-dalam, lalu memutuskan untuk menghadapi luka itu dengan berani.

Dan siapa pun yang membacanya akan lebih termotivasi karena kutipan yang di tuliskan oleh Awan sangat relate dengan kehidupan, baik urusan karir maupun urusan percintaan.

Buku ini sengaja di buat dan didedikasikan bagi siapa saja yang berada di dalam tahap berproses. Dan mengajak semua orang untuk berdamai dengan diri, karena setiap orang memiliki sisi manusiawi di dalam sisi gelap yang mereka miliki.

Unsur Intrinsik Novel Kamu Terlalu Banyak Bercanda

Dalam resensi novel kamu terlalu banyak bercanda ini akan menjelaskan unsur intrinsik di dalam novel tersebut dan berikut penjelasannya:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel kamu terlalu banyak bercanda ini yaitu tentang curahan hati Awan dalam sebuah surat-surat di masa lalu.

2. Tokoh dan penokohan

Dalam novel ini hanya menceritakan Awan dan juga masa lalu nya dalam cerita-cerita yang ia tulis dalam surat-surat selama 10 tahun silam.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel kamu terlalu banyak bercanda ini menggunakan alur mundur dimana Awan napak tilas terhadap tulisan-tulisan yang ia tulis pada 10 tahun yang lalu.

4. Latar waktu

Latar waktu yaitu menggunakan masa sekarang dan 10 tahun yang lalu.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel kamu terlalu banyak bercanda ini menggunakan latar yang berbeda-beda di setipa cerita yang Awan tuliskan.

7. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel kamu terlalu banyak bercanda ini menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Awan.

8. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel kamu terlalu banyak bercanda ini menggunakan bahasa yang ringan namun terdapat banyak kutipan menarik yang tersirat dan memiliki arti yang lebih luas.

9. Amanat

Bercanda tentu saja buka hal yang dilarang, tetapi jika itu berlebihan dan terlalu maka akan menjadi tidak baik. karena kita semua tahu bahwa apa pun itu jika berlebihan, amak akan menjadi tidak baik.

Unsur Ekstrinsik Novel Kamu Terlalu Banyak Bercanda

Dalam novel kamu terlalu banyak bercanda ini juga memiliki unsur ekstrinsik dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel kamu terlalu banyak bercanda yaitu dengan membaca novel ini kita merasa bahwa yang memiliki masalah yang berat itu bukan hanya kita tapi setiap orang memilikinya.

2. Nilai Moral

Dengan membaca novel ini diharapkan lebih banyak bersyukur dan memaknai hidup secara damai dan apa yang telah terjadi bisa dijadikan pembelajaran.

3. Latar Belakang Penulis

Marchella FP ini merupakan penulis hebat yang karyanya pernah di tolak berkali-kali namun ia tidak pernah putus asa dan kini buku bertajuk nanti kita cerita tentang hari ini sukses di adaptasi ke layar lebar. Begitu pula dengan sekuel kelanjutan kisah Awan ini juga terjual beribu-ribu eksamplar.

Kelebihan Novel Kamu Terlalu Banyak Bercanda

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel kamu terlalu banyak bercanda diantaranya adalah:

  • Kelebihan pertama buku ini memiliki ilustrasi yang menarik dan disesuaikan dengan makna dan pesan yang ingin disampaikan
  • Selanjutnya novel ini juga memiliki cover yang cantik  dan lucu
  • Font dalam novel ini juga sangat cocok
  • Tulisan yang jujur dan apa adanya dan siapa pun yang membaca terasa tersentuh
  • Desain yang unik dan gaya penulisa yang unik membuat novel ini terlihat original

Kekurangan Novel Kamu Terlalu Banyak Bercanda

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut penjelasan lengkapnya:

  • Pertama buku ini memiliki beberapa tyfo atau salah ketik
  • Novel ini tidak bia dibaca dalam tempo yang cepat karena ada beberapa makna tulisan yang harus dipahami dan diselami lebih dalam

Pesan Moral Novel Kamu Terlalu Banyak bercanda

dari novel ini kita diajak untuk berani dalam menjalani kehidupan dan berani menghadapi perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan tersebut,

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel kamu terlalu banyak bercanda semoga apa yang kami jelaskan ini dapat membantu dan bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: