Resensi Novel Lavina: Identitas, Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Dalam kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan mengenai resensi novel Lavina dimana novel ini mengisahkan kisah percintaan remaja yang yang cukup diminati dan populer di wattpad.

Di artikel ini akan kami bahas secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik, hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Lavina

Resensi Novel Lavina
Judul NovelLavina
PenulisAinun Nufus
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah Halaman344 Halaman
Ukuran Buku15×21 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2018
Harga BukuRp.89.000,-

Novel Lavina ini adalah salah satu novel karya dari Ainun Nufus yang sudah di baca oleh 4 juta pengunjung Wattpad dan akhirnya di bukukan pada tahun 2018 oleh Bentang Pustaka buku ini memiliki ketebalan yang mencapai 344 halaman.

Buku ini merupakan series HSS kesembilan yang berlatar di SMA Nusa Cendekia dimana mengisahkan kisah percintaan gadis remaja bernama Lavina dan Arsenio yang sikapnya datar kayak kawat.

Sinopsis Novel Lavina

Dalam resensi novel Lavina ini akan kami jelaskan juga mengenai sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membantu kamu memahami isi novel ini secara garis besarnya saja. yuk, simak sampai akhir ya!

Novel ini mengisahkan kisah anak remaja yang mempunyai banyak tingkah layaknya remaja pada umumnya. SMA Nusa Cendekia atau biasa disebut SMA Nuski, tempat dimana Lavina Asha si gadis cerewet yang banyak tingkah.

Di sini juga ada Arsenio Abrisam yaitu si cowok super datar dengan julukan kawat jemuran arsennya lavlav.

Lika liku perjalanan untuk bisa mencapai cita-cita untuk masa depan telah Lavina lewati di sekolah tercinta bersama ke dua sahabatnya yaitu Lolita dan Widy yang selalu menemani, menghibur, mendukung, serta memberi saran untuk kebaikan serta kebahagiaan Lavina.

Dalam novel ini tidak membahas mengenai cinta, tapi juga ada persahabatan, pendidikan, keluarga dan pengorbanan untuk mengikhlaskan yang harus diikhlaskan  dan usaha untuk meraih mimpi.

Arsenio Abrisam dia cowok paling sempurna di mata Lavina. Dan emang sudah pacaran sejak kelas X di SMA Nusa Cendikia. Tapi, sikap baiknya selama ini kayak udah SOP, datar seolah-olah dia Cuma menjalankan kewajiban sebagai pacar.

Lavina bingung, apa Cuma aku yang punya perasaan cinta? Atau apa mungkin dia jenuh sama aku? Sebenarnya aku masih pengin pertahanin hubungan ini. tapi, mana bisa cinta bertepuk kalau hanya salah satu yang berjuang.

Apa aku salah mencintai cowok dingin seperti Arsenio dan bertahan hampir 3 tahun? Sementara itu, jelas-jelas ada Erlan yang lebih perhatian. Mungkinkah bisa mengelabuhi orang lain tapi bagaimana dengan hati ini?

Lavina begitu dilema dengan kenyataan yang harus ia hadapi dalam kehidupan percintaannya.

Rasanya lelah

Terus berjuang tanpa ada timbal balik

Rasanya putus asa

Terus tersenyum, tapi aku bukan alasanmu tersenyum.

Tapi, aku bisa apa?

“Teruntuk kamu yang tak pernah menyerah dan tetap setia.” Awal kutipan yang dapat di lihat dari novel ini tuh tentang percintaan remaja.

Tapi setelah dibaca lebih lanjut dan diresapi lebih dalam maka kita akan menemukan lebih banyak pelajaran serta makna hidup dan bukan sekedar percintaan di masa sekolah saja.

Ada tentang persahabatannya juga dan cerita yang disajikan dengan unik dan menarik sehingga tidak membuat para pembaca bosan, serta para tokoh yang ada di dalamnya benar-bbenar membuat  pembaca seolah merasakan kisahnya pada masa-masa di sekolah.

Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan dari kisah Lavina dan juga Arsieno ini kamu bisa simak secara lengkap di novel Lavina secara langsung ya.

Unsur Intrinsik Novel Lavina

Dalam resensi novel Lavina ini kami akan jelaskan juga unsur intrinsik dalam novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel lavina ini yaitu menggunakan tema percintaan, persahabatan dan juga keluarga.

2. Tokoh dan penokohan

  • Lavina, ia merupakan gadis yang bawel, cerewet, banyak tingkah dan tidak bisa diam
  • Arsineo Abrisam, ia merupakan cowok yang cuek, datar dan juga dingin
  • Lolita, ia merupakan sahabat Lavina yang selalu ada dan membuat sahabatnya bahagia
  • Widy, ia merupakan sahabat Lavina juga yang cerewet dan banyak tingkah
  • Erlan, seorang yang sellau memberikan perhatian kepada Lavina
  • Dan masih banyak algi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar di pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di SMA Nusa Cendikia, di kantin, di kelas dan amsih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Lavina ini menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Lavina sendiri.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa remaja pada umumnya yang cukup relate dengan kehidupan remaja pada zaman sekarang.

8. Amanat

Janganlah membohongi perasaan dirimu sendiri karena orang lain hanya akan menilai kamu dari sikap dan tingkah laku jika benar mencinta maka tunjukanlah dengan wajar.

Unsur Ekstrinsik Novel Lavina

Dalam resensi novel Lavina ini akan dijelaskan juga unsur ekstrinsik novel, dan berikut beberapa penjelasan unsur ekstrinsik novel yang perlu kamu ketahui yaitu:

1. Nilai sosial

Nilai sosial yang tergambar dalam novel ini adalah sikap teman-teman Lavina yangs elalu hadir dan selalu memberikan tawa bahagia untuk sahabatnya dikala sednags edih dan terlukan.

2. Nilai moral

Sikap Arsenio yang terlalu datar membuat Lavina merasa tidak berarti dan bertanya-tanya sebetulnya ia cinta tidak sama Lavina.

Kelebihan Novel

Seperti halnya karya pada umumnya bahwa ada beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui dari novel ini dan berikut penjelasan lengkapnya.

  • Buku novel ini tidak hanya membahas mengenai percintaan tapi juga persahabatan dan juga keluarga
  • Gaya bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami dan juga sederhana
  • Tokoh memiliki karakter yang cukup kuat
  • Alur cerita diceritakan secara detail jadi mudah dipahami

Kekurangan Novel

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Masih terdapat beberapa kesalahan penulisan
  • Alur ceritanya terlalu klasik dan endingnya mudah banget ditebak

Pesan Moral Novel Lavina

Cobalah mengikhlaskan apa yang seharusnya kamu ikhlaskan karena setiap hal yang dipaksakan akan membuat kamu tidak nyaman dan merasa terganggu apalagi masalah tentang hati.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai resensi novel Lavina mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya semoga bermanfaat

Artikel Menarik Lainnya: