Resensi Novel Segala yang Diisap Langit

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Dalam kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan membagikan sebuah resensi novel segala yang diisap langit pada artikel kali ini. dimana novel ini mengisahkan Rabiah yang berjuang mematahkan mitos bahwa garis keturunan Minangkabau akan hilang di garis ke 7.

Nah, agar lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena kami akan jelaskan secara lengkap mengenai identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsk hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Segala yang Diisap Langit

Judul NovelSegala yang Diisap Langit
PenulisPinto Anugerah
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman144 halaman
Ukuran Buku13,5×20 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.59.000,-

Segala yang diisap langit merupakan sebuah judul novel yang ditulis oleh Pinto Anugrah yang mulai di terbitkan pada tahun 2021 dengan ketebalan mencapai 144 halaman dan diterbitkan oleh Bentang Pustaka.

Novel segala yang diisap langit ini merupakan novel sejarah karena menceritakan mengenai adat istiadat yang melekat pada keluarga bangsawan minangkabau atau disebut Rangkayo dalam buku tersebut.

Sinopsis Novel Segala Yang Diisap Langit

Dalam resensi novel segala yang diisap langit ini kami juga akan jelaskan sinopsis novel secara singkat. Dimana sinopsis ini akan membantu kamu lebih memahami apa dari isi cerita dalam novel tersebut.

Novel segala yang diisap langit ini mengisahkan seorang tokoh utama yang ingin mematahkan mitos yang beredar selama ini, bahwa garis keturunan keluarga bangsawan Minangkabau akan putus pada generasi ke tujuh.

Apa pun siap Rabiah lakukan demi mendapatkan anak perempuan pembawa nama keluarga, termasuk menjadi istri kelima seorang lelaki yang terkenal mampu memberikan anak perempuan.

Namun, tidak si sangka penghalang utama Rabiah justru kakak kesayangannya, Magek. Setelah bergabung dengan kamu Padri dari Utara, Magek justru mengacungkan pedangnya ke arah Rabiah, siap menghancurkan semua yang dimilikinya.

Baik harta, adat, keluarga dan masa lalu. Dan novel segala yang diisap langit sebuah novel tentang pergulatan manusia di tengah ombak perubahan zaman. Tak ada yang mampu menerka pengorbanan apa yang harus kita buat. Semua demi bertahan hidup.

Dimana novel ini adalah novel sejarah. Diceritakan mengenai adat istiadat bangsawan minangkabau atau disebut Rangkayo dalam buku tersebut, selain itu. Juga perubahan zaman dimana awalnya Minangkabau adalah kerajaan emas.

Dan kemudian menurun, zaman itu menjadi kekuasaan gerakan padri di Sumatera Utara. Alasan Magek yang bergabung menjadi kaum Padri dimana kepercayaan ini menganut bahwa menghisap candu, berjudi, sabung ayam, berzina dan kawin saudara itu adalah haram

Seperti yang dilakukan orang-orang di Lembah Datar dan mereka menganggap hal ini adalah kesenangan. Sehingga terjadilah pembantaian yang dilakukan Magek Takangkang yang menghancurkan Rabiah.

Lantas apakah yang terjadi selanjutnya dari kisah Rabiah dan Magek ini? bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan dari kisah novel segala yang diisap langit ini kamu bisa baca langsung dari novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Segala Yang Diisap Langit

Dalam resensi novel segala yang diisap langit kamu juga perlu memahami unsur intrinsik di dalamnya. Dan berikut beberapa unsur intrinsik dari novel ini diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel segala yang diisap langit ini adalah tentang sejarah tentang kaum padri dan menurunnya kejayaan Minangkabau.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Rabiah, ia merupakan keturunan Minangkabau garis ke tujuh yang sangat ambisius dan menghalalkan berbagai macam cara untuk mendapatkan keinginannya
  • Magek, ia merupakan kakak kesayangan Rabiah yang menghianati Rabiah karena memiliki kepercayaan sebagai kaum padri
  • Tuanku Tan Amo, ia merupakan suami dari Rabiah
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel segala yang diisap langit ini menggunakan alur campuran dimana di dalamnya terdapat alur maju dan alur mundur.

4. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu di Lembah Datar di Minagkabau, di rumah Rabiah, dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

5. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan malam hari.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan beberapa bahasa melayu yang mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Janganlah berambisi terlalu tinggi dalam duniawi karena sejatinya dunia ini hanyalah sebuah titipan dan kita sebagai manusia jangan melawan takdir yang sudah ditetapkan Tuhan yang maha Esa.

Unsur Ekstrinsik Novel Segala yang Diisap Langit

Selain unsur intrinsik kali ini kami juga akan bahas mengenai unsur ekstrinsik novel yang perlu kamu ketahui dari resensi novel segala yang diisap langit, diantaranya adalah:

1. Nilai Moral

Sikap Rabiah yang terlalu ambisius ingin mendapatkan keinginannya dan menghalalkan segala cara itu merupakan hal yang berlebihan karena harta, tahta hanyalah sebuah titipan semata sewaktu-waktu akan terhisap oleh langit.

2. Nilai Agama

Disini dikisahkan kaum Padri yang merupakan kaum putih yang melarang perzinahan, menghisap candu, nyabung ayam, menuman keras karena tidak bermanfaat dan banyak madorotnya.

Kelebihan Novel Segala Yang Diisap Langit

Seperti yang telah kita ketahui bahwa novel segala yang diisap langit ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui dari novel ini adalah:

  • Novel ini memiliki cover buku yang sangat menarik dan menggambarkan buku secara keseluruhan
  • Dengan membaca novel ini kita dapat mengetahui sejarah mengenai menurunya kejayaan emasnya
  • Dengan novel ini kita juga mengetahui perilaku lembah datar yang bisa menikahi saudara dan berzina dianggap hanya sebagai kesenangan semata
  • Alur yang digunakan dalam novel ini cukup menarik dan mudah dipahami
  • Bahasa yang digunakan juga ringan dan mudah dipahami bagi yang paham bahasa minangkabau
  • Latar tempat dijelaskan secara rinci dan detail

Kekurangan Novel Segala Yang Diisap Langit

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan, dan berikut beberapa kekurangannya yaitu:

  • Bagi kamu yang tidak paham bahasa daerah Minangkabau mungkin baca buku ini akan terasa kagok atau tidak terbiasa
  • Ada beberapa penulisan yang masih salah

Pesan Moral Novel Segala Yang Diisap Langit

Novel ini mengajarkan kepada kita semua tentang arti sebuah keyakinan, rasa syukur dan jangan berlebih-lebihan dalam mengejar harta dunia atau kekuasaan. Karena sejatinya harta dan tahta hanyalah titipan semata.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel segala yang diisap langit mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu ya!

Artikel Menarik Lainnya: