Resensi Novel Surga yang Harus Ku Jaga: Sinopsis & Amanat

resensi novel surga yang harus ku jaga

Resensi novel Surga yang Harus Ku Jaga menceritakan bagaimana seharusnya peran seorang anak kepada ibu. Ada banyak nilai kehidupan yang tertuang di dalam novel ini.

Diceritakan dalam novel seorang anak yang begitu angkuh kepada ibunya. Suatu waktu ia disadarkan oleh seorang anak kecil bernama Siti bahwa ada surga yang harus dijaga yaitu ibunya.

Penasaran dengan isi novel Surga yang Harus Dijaga? simak artikel ini sampai selesai.

Identitas Novel

Judul NovelSurga yang harus kujaga
PenulisSean Hasyim (pengarang)
Budhi (editor)
Jumlah Halaman152 halaman
Ukuran Buku21 cm
PenerbitEuthenia
KategoriFiksi
Tahun Terbit2016
Harga BukuRp. 45.000,00

Buku Surga yang Harus Ku Jaga karya Sean Hasyim berjumlah 152 halaman diterbitkan oleh Euthenia sebagai buku fiksi di tahun 2016. Harga buku ini yaitu Rp. 45.000,00.

Sinopsis Novel Surga Yang Harus Ku Jaga

Novel Surga yang Harus Ku Jaga menceritakan kehidupan seorang tokoh yang menjadi artis. Ia memang sedang sangat naik daun dengan kepopulerannya.

Tetapi, dengan statusnya sebagai artis terkenal, ia sangat berani dalam membantah kedua orangtuanya.

Bahkan, dia tidak menyukai ibunya karena dianggap cerewet selalu menanyakan tentang kuliahnya. Padahal, saat itu dia sedang merasa lelah dan kesal setelah setelah syuting dengan rasa lapar.

Hal itu membuatnya tak ingin kembali ke rumahnya, karena ia begitu merasa marah dan kesal kepada ibunya.

Dia pun berhenti di warung makan, padahal ia tak punya uang. Untungnya, si pemilik warung tersebut tahu bahwa dia artis. Hingga akhirnya ia diajak masuk ke warung untuk makan dan minum.

Sebenarnya, dia sudah menolaknya karena dia tahu tak punya uang. Tetapi, pemilik warungnya menanggapi semua itu dengan sangat baik. Bahkan, bapak itu berkata ia tak perlu membayar, cukup berfoto saja dengannya.

Hal tersebut dikarenakan si bapak tersebut memang sangat menyukainya,

Ketika sedang berbincang-bincang terdapat seorang anak dan bapak yang membeli satu bungkus nasi dengan lauk tahu dan tempe untuk dimakan berdua.

Tetapi, sisa makanannya dibawa pulang untuk dimakan oleh ibunya. Ternyata, ibunya sudah sakit jiwa sejak lama. Anak itu dan keluarganya sudah lama tinggal di tanah kosong yang menyewa dari pemiliknya.

Ia pun penasaran dan ingin tahu rumah anak tersebut. Akhirnya, bapak si pemilik warung memberitahu alamatnya.

Saat sedang mencari rumah anak tersebut, ia pun berhenti di sebuah warung kecil. Kemudian ia menitipkan sepeda motornya. Setelah itu, ia pun berjalan menuju ke rumah anak yang dicarinya.

Ketika sudah sampai di rumah anak tersebut, ia tahu bahwa anak tersebut bernama Siti. Ia melihat tokoh siti sedang mengikat rambutan. Kemudian, si artis ia membeli semua rambutan itu. Hal tersebut karena ia begitu merasa kasihan dan tak tega dengan Siti.

Singkat cerita, ternyata Siti harus berhenti sekolah karena dia memang harus menjaga ibunya.

Setelah beberapa kali pergi ke rumah Siti, terakhir dia tidak melihat lagi rumah Siti. Menurut pernyataan orang sekitar, ternyata si pemilik tanah tersebut mengusir keluarganya Siti.

Hal tersebut dikarekan tanah tersebut akan dijual kepada orang lain. Bagi si artis ini, Siti adalah malaikat karena hatinya begitu baik. Sitipun membimbingnya untuk berbaik budi dengan ibunya.

Setelah bertemu Siti, ia pun berubah, meminta maaf kepada ibunya karena seringkali membantah perintahnya. Hingga akhirnya, ia pun berjanji akan melanjutkan kuliahnya sampai selesai.

Unsur Intrinsik Novel

Adapun unsur intrinstik yang cukup menarik dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga, berikut ulasannya.

1. Tema

Tema dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu tentang perjuangan seorang Ibu. Sehingga dalam novel ini mensiratkan pesan agar kita selalu menyayangi dan menghormati ibu.

2. Tokoh

Tokoh yang terdapat di dalam novel yaitu Alan Wijaya, Ibu, Siti, Bapak pemilik warung, dan `bapak Siti.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Surga yang Harus ku Jaga yaitu alur campuran. Terdapat cerita yang sedikit membahas masa lalu dan masa di kemudian hari.

4. Sudut Pandang

Sudut pandang dalam novel menggunakan sudut pandang orang pertama dan ketiga. Dimana pengarang menggunakan tokoh aku di dalam novel.

5. Latar Tempat

Latar tempat kejadian yang diceritakan di dalam novel yaitu di tempat syuting, warung makan, rumah Alan, dan rumah Siti.

6. Latar Waktu

Latar waktu dalam novel menggambarkan suasana waktu pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari.

7. Diksi

Diksi atau gaya bahasa yang digunakan dalam novel sangat sederhana, menggunakan bahasa sehari-sehari. Sehingga isi novel ini mudah untuk dipahami.

8. Amanat

Amanat yang terdapat di dalam novel yaitu kita harus selalu menjaga perasaan ibu, jangan sampai menyakiti ibu.

Unsur Ekstrinsik Novel

Adapun unsur ekstrinsik dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu:

1. Nilai Religius

Di dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga memuat nilai religius dimana dalam agama Islam diajarkan bahwa Surga ada di bawah kaki ibu.

2. Nilai Sosial

Keinginan Alan untuk menolong dan membantu keluarga Siti yang memang mengalami permasalahan dalam hal ekonomi.

3. Nilai Moral

Nilai moral yang terdapat dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu terlihat dari sikap Siti yang selalu menyayangi ibunya meski kondisi jiwa ibunya terganggu.

Kelebihan Novel

Kelebihan novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu mempunyai alur yang sederhana sehingga ceritanya mudah untuk dipahami.

Kekurangan Novel

Kekurangan novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu ceritanya terlalu mudah ditebak akhir ceritanya.

Pesan Moral Novel Surga Yang Harus Ku Jaga

Pesan moral dalam novel Surga Yang Harus Ku Jaga yaitu sebagai seorang anak kita harus selalu menyayangi, menghormati, dan membahagiakan ibu.

Artikel Menarik Lainnya: