Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Tambah informasi dan pengetahuan kamu dengan tahu terkait dengan sistem informasi manajemen menurut para ahli.

Namun dalam kesempatan kali ini tidak hanya sekadar membahas pengertiannya menurut ahli saja, namun akan diinformasikan terkait dengan pengertiannya secara umum. Lalu diinformasikan jelas terkait dengan beberapa pembahasan lainnya secara lengkap.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum

Sistem informasi manajemen ini biasa disebut dengan SIM, berasal dari bahasa Inggris yang berarti management information system. Apa maksudnya?

Ternyata, sistem informasi manajemen merupakan bagian dari pengendalian internal dalam sebuah bisnis. Terdiri atas pemanfaatan dokumen, teknologi, manusia, atau bahkan prosedur dalam akuntansi manajemen.

Pada umumnya sistem informasi manajemen ini digunakan untuk dapat memecahkan atau memberikan solusi dalam berbisnis. Misalnya saja seperti layanan, biaya produksi, atau bahkan strategi bisnis yang diterapkan.

Sistem informasi manajemen pun berbeda dengan sistem informasi biasanya, sebab biasanya sistem ini akan digunakan untuk menganalisis sistem informasi lainnya. Yang diaplikasikan pada aktivitas operasional sebuah organisasi.

Secara akademis, istilah tersebut umum digunakan dalam kelompok metode manajemen informasi. Di mana antara satu dengan lainnya saling terikat, atau bahkan dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia.

Misalnya saja sistem pendukung keputusan, sistem informasi eksekutif hingga sistem pakar. Perbedaan sistem informasi manajemen dengan sistem informasi biasa lainnya, adalah karena sistem ini secara otomatis bisa menyajikan analisis terhadap sistem informasi lainnya.

Untuk lebih jelasnya lagi bagaimana, bisa langsung simak uraian tentang sistem informasi manajemen menurut para ahli di pembahasan selanjutnya.

Beberapa Definisi Sistem Informasi Manajemen Menurut Pada Ahli

Berikut ada beberapa ahli yang berpendapat terkait dengan bagaimana definisi menurut pandangannya.

1. Davis

Ia berpendapat bahwa management information system menjadi sebuah sistem terintegrasi yang dapat digunakan dalam penyajian informasi. Guna mendukung fungsi manajemen, operasi hingga pengambilan keputusan di sebuah organisasi.

2. Azhar Susanto

Mendefinisikan bahwa sistem informasi manajemen merupakan kumpulan atau bahkan grup atas subsystem. Bahkan bagian atau bahkan komponen apa saja, baik itu fisik atau bahkan non fisik.

Saling berhubungan antara satu dengan lainnya, pun tentu berkenaan dengan pengendalian, pengevaluasian hingga perbaikan berkelanjutan.

3. Bodnar dan Hopwood

Sistem informasi manajemen menurut para ahli selanjutnya adalah menurut Bodnar dan Hopwood. Dua ahli tersebut mendefinisikan bahwa sistem informasi manajemen merupakan kumpulan perangkat keras serta perangkat lunak. Dirancang untuk dapat mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.

4. L. James Havery

Menurutnya, management information system merupakan prosedur logis serta rasional untuk melakukan hingga merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lainnya.

Nah, itulah beberapa pengertian atau definisi sistem informasi manajemen menurut para ahli. Selanjutnya kamu akan tahu mengenai sistem informasi manajemen dengan pembahasan lebih mendalam.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Ternyata sistem informasi manajemen ini memiliki fungsi, namun awalnya memang hanya sebagai transformasi data saja. Namun seiring berkembangnya sistem teknologi, maka fungsinya juga mengalami perubahan.

Fungsi dari SIM ini jadi sangat banyak, bahkan fungsi dari sistem ini tidak terbatas pada pihak manajemennya saja. Namun juga bagi bisnis secara keseluruhan.

Untuk itu, berikut beberapa fungsi dari sistem manajemen yang harus kamu ketahui.

  1. Dapat membantu dalam membandingkan kinerja sebuah bisnis. Sistem ini akan menyimpan semua riwayat atau histori dalam serta informasi dalam basis data. Itu sebabnya sistem ini sangat berguna untuk perbandingan kinerja organisasi bisnis.
  2. Dapat meningkatkan efisiensi serta efektivitas data secara real-time serta akurat.
  3. Untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam pengolahan data dengan sajian data secara real-time juga akurat
  4. Guna memudahkan bagian manajemen untuk melakukan perencanaan, pengarahan kerja hingga pengawasan bagi semua departemen yang harus dikoordinasikan.
  5. Sebagai sarana untuk meningkatkan sistem Sumber Daya Manusia, dengan ketersediaan unit kerja yang sistematis serta terkoordinasi dengan basis teknologi.
  6. Bisa meningkatkan produktivitas serta penghematan dalam hal biaya di dalam sebuah organisasi
  7. Mempermudah pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan hingga pendelegasian atas kinerja pada semua departemen yang sudah berkoordinasi.
  8. Membantu dalam membangun hubungan sehat di antara setiap orang, antara departemen satu dengan departemen lainnya melalui sistem pertukaran informasi secara tepat
  9. Memiliki peran penting dalam proses pengembalian keputusan di dalam bisnis, sebab dalam bisnis ini keputusan akan dibuat berdasarkan informasi yang relevan. Pun informasi tersebut hanya dapat diambil dari sistem informasi manajemen saja.
  10. Terakhir, fungsi dari sistem informasi manajemen adalah untuk meminimalisir biaya serta guna meningkatkan produktivitas suatu perusahaan.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen memang menawarkan dan memiliki peran sangat penting dalam perencanaan juga pelaksanaan yang dilakukan oleh perusahaan atau bidang usaha. Tujuannya adalah:

  1. Menghadirkan informasi berguna dalam menganalisis data serta pengambilan keputusan bagi suatu bisnis atau perusahaan
  2. Mempermudah pekerjaan serta pengelolaan manajemen dalam suatu bisnis atau perusahaan
  3. Menyediakan informasi dengan perhitungan produk, tujuan lain atau bahkan harga pokok jasa yang dapat jadi target manajemen
  4. Menghadirkan layanan yang bisa digunakan sebagai media pengendali, evaluasi, perencana hingga sebagai sarana perbaikan yang berkelanjutan
  5. Lalu tujuan selanjutnya adalah memecahkan beragam masalah dalam bisnis yang meliputi biaya produk, layanan atau bahkan strategi bisnis.

Dari beberapa tujuan tersebut, bisa disimpulkan bahwa seorang manajer atau pemilik suatu bonus. Sangat membutuhkan sebuah media serta perlu memiliki akses terhadap informasi akuntansi manajemen. Juga harus mengetahui bagaimana cara tepat dalam penggunaannya.

Informasi akuntansi manajemen tersebut nantinya dapat membantu mereka dalam mengidentifikasi suatu masalah. Kemudian menyelesaikannya dan mengevaluasi kinerja yang sudah dilakukan.

Dengan sistem informasi manajemen inilah maka akan membantu mereka untuk melakukan identifikasi atas suatu masalah. Menyelesaikannya dan kemudian melakukan evaluasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Atau sedang berjalan.

Karakteristik Sistem Informasi Manajemen

Mengetahui ilmu dan mengerti tentang SIM, tentu tidak hanya sekadar tahu bagaimana sistem informasi manajemen menurut para ahli saja. Namun kamu juga harus tahu bagaimana karakteristiknya secara langsung.

Karena pengelolaan sistem ini digunakan untuk dapat mengolah beragam informasi dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Dirangkum dari beragam sumber, dan karakteristik tersebut adalah:

  1. Bersifat fleksibel, sehingga gampang untuk dibagikan kepada sistem lain yang lebih kecil.
  2. Memiliki basis data lebih baik, sehingga dapat menopang sistem dengan kuat.
  3. Memungkinkan suatu arus informasi yang gampang dengan berbagai sub sistem, sehingga dapat menghindari beragam kesalahan. Dalam kasus ini, maksudnya adalah harus dapat menyederhanakan suatu operasi dengan banyak hal praktis di dalamnya.
  4. Bisa menciptakan suatu hubungan antara sub sistem dalam organisasi, sehingga proses pengambilan keputusan bisa diambil secara tepat berdasarkan pandangan terintegrasi.
  5. Mengurus beragam macam situasi luar biasa, kemudian melaporkan hal tersebut
  6. Membuat suatu prakiraan dan menghasilkan informasi canggih, sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif. Selain itu, pengambilan keputusan juga dapat dilakukan melalui cara prakiraannya.

Nah, itulah bahasan mengenai definisi sistem informasi manajemen menurut para ahli hingga kamu tahu bagaimana fungsi, tujuan hingga karakteristiknya secara jelas.

Artikel Menarik Lainnya: