Sistem Perkembangbiakan Yang Ada Di Hewan (Vegetatif, Generatif)

Sistem Perkembangbiakan yang Ada di Hewan (Vegetatif, Generatif)

Sistem Perkembangbiakan yang Ada di Hewan (Vegetatif, Generatif)

Rangkuman sistem perkembangbiakan Hewan dapat kamu temukan dalam pembahasan yang dibuat mudah dipahami oleh Tim Mustakim Media di bawah ini. Bab perkembangbiakan merupakan salah satu pelajaran ilmu pengetahuan alam atau IPA untuk kelas 9 SMP.

Ada beberapa perkembangbiakan yang dapat kamu perhatikan dalam pembelajaran IPA khususnya biologi di kelas 9 SMP. Salah satu sistem dari perkembangbiakan yang perlu kamu pelajari adalah yang ada pada hewan.

Sistem Perkembangbiakan yang Ada pada Hewan

Sebagai makhluk hidup, hewan akan mempertahankan keturunannya dengan melakukan perkembangbiakan. Ada banyak cara berkembang biak yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis hewan. Penjelasan sistem dari perkembangbiakan tersebut dapat kamu temukan di bawah ini.

1. Perkembangbiakan Vegetatif pada Hewan

Perkembangbiakan vegetatif juga disebut sebagai perkembangbiakan aseksual di mana tidak terjadi pertemukan dari sel kelamin jantan dengan betina. Sistem perkembangbiakan ini dapat ditemukan pada hewan bertingkat rendah dan tidak memiliki tulang belakang. Ada tiga jenis perkembangbiakan vegetatif, seperti :

1.1. Fragmentasi

Perkembangbiakan terjadi karena adanya bagian tubuh yang terputus atau terfargmen. Bagian tubuh yang belum lengkap tersebut akan berubah menjadi lengkap seiring dengan berjalannya waktu. Contoh perkembangbiakan fragmentasi ini adalah cacing pita dan cacing pipih.

1.2. Tunas

Ada dua fase hidup dalam reproduksi tunas yakni polip dan medusa. Ciri dari hewan yang proses perkembangbiakannya dengan cara ini adalah adanya tunas kecil di bagian tubuhnya. Pada saat dewasa, bagian tunas akan memisahkan diri dan terbentuk individu baru, contohnya pada ubur-ubur.

  • Fase polip, menetap di suatu tempat dan akan membentuk tunas yang kemudian berubah menjadi medusa dan melepaskan diri dari polip
  • Fase Medusa, individu bergerak bebas dan akan berkembangbiak dengan menghasilkan sperma atau sel telur

1.3. Partogenesis

Sistem perkembangbiakan vegetatif pada hewan yang dapat terjadi karena berkembangnya sel pada bagian kelamin betina tanpa pembuahan. Contoh hewan yang proses pembiakannya seperti tawon, belalang sembah, semut, kutu daun, dan juga kecoa.

1.4. Membelah Diri

Reproduksi pada hewan ini berjalan dengan membelah dirinya menjadi individu baru. Proses pembelahan untuk menjadi individu yang baru tersebut berlangsung cepat. Salah satu contoh hewan yang punya sistem reproduksi berupa pembelahan diri adalah amoeba.

2. Perkembangbiakan Generatif pada hewan

Sistem perkembangbiakan kedua yang dapat kamu perhatikan penjelasannya yakni perkembangbiakan generatif. Sistem kembangbiak ini merupakan kebalikan dari perkembangbiakan vegetatif di mana ada proses fertilisasi atau pembuahan.

Dalam perkembangbiakan generatif akan ada proses pembuahan yang dilakukan oleh gamet jantan game betina untuk menghasilkan individu baru. Ada tiga jenis perkembangbiakan generatif yang dapat kamu perhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

2.1. Ovipar

Ovipar atau nama lainya adalah bertelur yang merupakan jenis perkembangbiakan generatif pertama. Dalam proses perkembangbiakan generatif ini, induk akan bertelur setelah proses pembuahan untuk menciptakan individual baru.

Ovipar biasanya ada pada unggas dan reptil. Ada beberapa contoh hewan dapat membantu kamu memahami pemahaman terkait dengan sistem perkembangbiakan ovipar, seperti Buaya, Bebek, Ayam, dan Angsa.

2.2. Vivipar

Jenis perkembangbiakan generatif kedua ada Vivipar atau melahirkan. Setelah pembuahan, induk mengandung dan ada embio berkembang di dalamnya. Pada saat waktu kelahiran maka induk akan melahirkan individu baru.

Ada beberapa contoh hewan yang sistem perkembangbiakannya dengan vivipar, seperti Sapi, Kucing, Anjing, Harimau, dan lain sebagainya. Manusia juga punya sistem berkembang biak vivipar yakni dengan melahirkan.

2.3. Ovovivipar

Selain kedua cara perkembangbiakan generatif yang disebutkan di atas, ada hewan yang berkembang biak dengan kedua proses tersebut. Proses perkembangbiakan ovovivipar ini dimulai dari embio yang akan berkembang di dalam telur.

Telur tersebut akan ada di dalam tubuh induk betina dan tidak akan dikeluarkan. Telur akan menetas di dalam tubuh betina dan akan mengeluarkannya lewat proses melahirkan. Contoh hewan yang punya sistem perkembangbiakan ovovivipar tersebut yakni kuda laut, playpus, iguana, dan hiu tertentu.

Teknologi Perkembangbiakan yang Ada Pada Hewan

Ada perkembangan teknologi yang digunakan pada saat melakukan pembentukan individu tersebut. ada dua bentuk teknologi yang digunakan untuk perkembangbiakan, seperti :

  • Kloning, sel tubuh hewan akan diambil dan dikembang biakan menjadi individu yang secara genetik sama persis dengan induknya
  • Inseminasi buatan, merupakan proses untuk membantu masukkan sperma ke saluran reproduksi betina

FAQ | Pertanyaan Tentang Sistem Perkembangbiakan

Apakah sistem terkait perkembangbiakan sama untuk semua makhluk hidup ?

Ada banyak perbedaan yang muncul dalam proses perkembangbiakan makhluk hidup sehingga manusia, hewan, dan tumbuhan punya caranya masing-masing.

Apakah perkembangbiakan manusia sama seperti perkembangbiakan hewan ?

Mengacu pada jenis perkembangbiakan hewan, manusia punya sistem perkembangbiakan yang mirip dengan hewan lewat vivipar  atau melahirkan di mana embrio akan hidup di dalamnya dan berkembang

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: