Surat Pernyataan Bermaterai 10.000 Dan Ditandatangani

Surat Pernyataan Bermaterai 10.000 dan Ditandatangani

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Surat pernyataan bermaterai 10.000 dan ditandatangani tentunya sangat penting dan memiliki fungsi serta manfaatnya. Dan bagi kamu yang ingin tahu surat apa saja yang bermaterai serta apa fungsi dan manfaatnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana contoh surat pernyataan bermaterai, fungsi hingga manfaatnya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Manfaat Surat Pernyataan Bermaterai

Sebelum membahas surat pernyataan bermaterai 10.000 dan ditandangani kamu perlu cari tahu dulu manfaat dari surat pernyataan bermaterai dan berikut penjelasannya secara lengkap.

Surat pernyataan bermaterai memiliki manfaat untuk pihak pembuat dan pihak penerima karena surat ini merupakan bukti sah pernyataan tertulis. Selain itu, simak manfaatnya berikut di bawah ini:

1. Manfaat dari Pihak Pembuat

Manfaat pertama surat pernyataan bermaterai adalah memiliki manfaat untuk pembuat surat untuk menyampaikan sebuah maksud yang jelas kepada pihak penerima secara formal dan sah.

2. Manfaat dari Pihak Penerima

Sedangkan, bagi pihak penerima, surat pernyataan bermaterai bisa menjadi bukti yang mengikat dengan perjanjian yang dibuat.

3. Manfaat dari Pihak yang Dinyatakan

Sedangkan untuk pihak yang dinyatakan, surat pernyataan bermaterai berfungsi sebagai bukti penguat dalam pernyataan untuk kedua belah pihak surat ini harus disimpan dengan benar sebagai bukti.

Fungsi Surat Pernyataan Bermaterai

Tidak hanya menjadi surat pernyataan untuk kedua belah pihak, surat pernyataan bermaterai juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti berikut ini.

  • Surat pernyataan bermaterai memberikan penjelasan lanjut tentang kesanggupan dalam melakukan sesuatu dan menerima risiko yang akan terjadi
  • Selanjutnya surat ini dapat berfungsi sebagai bukti sah saat melakukan sebuah pekerjaan
  • Kemudian surat pernyataan bermaterai bisa digunakan sebagai bukti sah bahwa pihak terkait sudah menerima kesanggupan sesuai data yang terlampir
  • Selain itu, surat ini bisa menjadi bukti sah apabila terjadinya pelanggaran yang sebelumnya telah disanggupi surat ini bisa digunakan sebagai bukti sah dimata hukum

Contoh Surat Pernyataan Bermaterai 10.000 dan Ditandatangani

Setelah memahami fungsi dan manfaatnya mari kita bahas contoh surat pernyataan bermaterai 10.000 dan ditandatangani berikut penjelasan lengkapnya.

1. Surat Kuasa

Contoh surat pernyataan bermaterai 10.000 dan ditandatangani yaitu surat kuasa yang berisi penyerahan wewenang suatu pihak kepada pihak lainnya yang diberikan kepercayaan karena memberikan kuasa untuk melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan sendiri.

2. Surat Perjanjian

Yaitu surat ini juga dibuat untuk menunjukkan perjanjian yang dibuat dua belah pihak atau lebih dengan memasukkan nama pihak yang terlibat sekaligus pasal-pasal hukum mengenai isi perjanjian tersebut. Surat ini bisa digunakan bukti kuat saat salah satu pihak melanggar kerja sama.

3. Surat Pernyataan kerja

Surat ini dibuat untuk memberikan pernyataan resmi bahwa kamu dapat melakukan pekerjaan dan juga sanggup untuk bekerja di tempat tersebut. Surat pernyataan kerja biasanya akan dibuat saat perusahaan ingin mengontrak kamu, toppers.

Namun, surat ini juga bisa digunakansaat melakukan pelamaran CPNS.

4. Surat Pernyataan Belum Menikah

Surat ini biasanya dibuat ketika seseorang akan melakukan sekolah kedinasan atau pekerjaan kontak. Selama pendidikan, orang tersebut sanggup untuk tidak menikah saat pendidikan dan belum menikah saat mengikuti pendidikan tersebut surat ini harus dibuat jujur dan sebenar-benarnya.

5. Surat Pernyataan Orang Tua

Surat pernyataan orang tua dibuat sebagai pernyataan resmi dari perwakilan anaknya dalam mengikuti kegiatan tertentu, pembuatan identitas tertentu, dan kebutuhan lainnya yang masih harus diawasi oleh orang tua.

6. Surat Pernyataan Tanah Warisan

Surat pernyataan bermaterai bisa digunakan untuk seseorang yang ingin mewariskan tanahnya kepada anggota keluarga lain. dalam surat ini, kamu harus benar-benar secara sadar ingin mewariskannya kepada anggota keluarga lain.

Tanah warisan ini biasa diwariskan kepada istri maupun anak piha terkait.

7. Surat Pernyataan Kepemilikan Harta

Contoh surat pernyataan bermaterai 10.000 dan ditandatangani selanjutnya yaitu  surat pernyataan kepemilikan harta surat ini akan digunakan untuk menunjukkan kepemilikkan harta, seperti uang, barang atau surat berharga yang dimiliki oleh seseorang.

8. Surat Pernyataan Utang Piutang

Surat pernyataan ini bisa digunakan untuk kesanggupan dalam pembayaran seseorang yang memiliki hutang dengan menuliskan jumlah nominal pinjaman dan perjanjian lainnya untuk kedua belah pihak.

Nah, itu dia proses, beberapa contoh surat pernyataan bermaterai yang bisa digunakan untuk sebuah perjanjian dan pernyataan resmi dengan pihak lain. kamu bisa dibubuhi tanda tangan sebagai bukti konkrit juga bahasa formal

9. Surat Permohonan Maaf

Memiliki kesalahan atau kelalaian kepada pihak tertentu? Surat pernyataan bermaterai bisa menjadi surat resmi yang ditulis oleh seseorang yang melakukan kesalahan kepada pihak terkait yang dirugikan. Kamu bisa menuliskan permohonan maaf secara formal dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

10. Invoice

Invoice ini merupakan dokumentasi sah yang memuat rincian transaksi dan pembayaran seorang penjual kepada pembeli. Surat ini dilengkapi dengan materai sebagai bukti sah dari transaksi. Demikian beberapa contoh surat pernyataan bermaterai 10.000 yang ditandatangani dan telah sah menurut hukum.

Format Surat Pernyataan Bermaterai

Surat pernyataan harus diketik memakai komputer atau laptop dan bermaterai 10.000 surat pernyataan juga ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam. Agar dapat membuat surat pernyataan bermaterai yang tepat.

Sebaiknya ikuti format yang ada di bawah ini jika kamu ingin membuat surat pernyataan bermaterai 10.000 dan ditandatangani secara formal, berikut format lengkapnya yang perlu kamu ikuti.

1. Judul Surat Pernyataan

Nah, yang pertama adalah memuat maksud atau gambaran utama dari surat tersebut. Pengaturannya berada di rata tengah, dan memakai huruf kapital yang dicetak tebal.

2. Pendahuluan

Selain adanya judul surat pernyataan selanjutnya ada pendahuluan di dalam pendahuluan ini memuat identitas pembuat surat pernyataan

3. Isi

Setelah itu ada juga isi dimana isi ini mengandung pernyataan yang benar dan jujur dalam bentuk poin-poin ataupun paragraf.

4. Penutup

Berisi nama pengirim, tempat tinggal dan tanggal pembuatan surat kamu bisa bubuhi tanda tangan di atas materai 10.000.

Apa Tujuan Surat Pernyataan Bermaterai?

Berikut beberapa tujuan dari surat pernyataan bermaterai, diantaranya adalah:

  • Tujuan pertama untuk keperluan pekerjaan terutama melancarkan suatu urusan di lingkungan pekerjaan
  • Selanjutnya untuk memberikan suau pernyataan mengenai pekerjaan atau urusan
  • Selanjutnya untuk pelengkap urusan sehari-hari suatu individu
  • Mampu menjamin kesepakatan antara kedua belah pihak
  • Dapat menjadi surat pernyataan yang sah bagi kedua belah pihak

Akhir Kata

Demikianlah beberapa contoh surat pernyataan bermaterai 10.000 dan ditandatangani berikut fungsi dan juga manfaat juga tujuan dari surat pernyataan bermaterai tak hanya itu dijelaskan pula bagaimana format dari surat pernyataan bermanterai.

Semoga apa yang tim Mustakim Media sampaikai ini dapat bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: