5 Contoh Pertanyaan Survey Kredit, Baca Ini Agar di ACC!

Contoh Pertanyaan Survey Kredit

Bagi kamu yang ingin mengajukan kredit tentunya perlu mempersiapkan beberapa dokumen yang menjadi persyaratan apalagi jika meminjam ke bank. Nanti pihak bank akan ada tim survey yang akan datang dan memberikan beberapa pertanyaan kepada calon debitur.

Dan ini dinamakan sesi wawancara dimana hal ini bertujuan untuk mempertimbangkan kelayakan untuk bisa memperoleh pinjaman atau tidak. Lantas bagaimana contoh pertanyaan survey kredit? Tim Mustakim Media akan memberikan contonya untuk kamu. Di simak ya!

Contoh Pertanyaan Saat Survey Kredit

Melakukan kredit di bank tentunya akan ada beberapa prosedur yang perlu kamu tempuh untuk bisa mendapatkan pinjaman salah satunya sesi wawancara ini sangat penting untuk dilakukan.

Sesi wawancara ini adalah tahapan dimana kamu akan dipertimbangkan kelayakannya untuk bisa memperoleh pinjaman atau tidak. Agar bisa diloloskan untuk diberikan pinjaman oleh pihak bank, ada beberapa contoh survey pertanyaan yang perlu kamu ketahui.

Dan hal ini tentunya sangat berguna untuk bersiap-siap memberikan jawaban terbaik saat di tanya nanti. Berikut beberapa contoh pertanyaan survey kredit yang bisa kamu persiapkan jawabannya adalah:

1. Contoh Pertanyaan Survey Kredit Seputar Pekerjaan atau Usaha

Nah, contoh survey pertanyaan kredit kategori pertama yaitu seputar pekerjaan dan usaha. Maksud dari pertanyaan ini adalah mengetahui informasi mengenai kemampuan kamu dalam membayar pinjaman yang kamu ajukan

Adapun pertanyaan yang mungkin diajukan adalah berkaitan dengan sumber pendapatan rutin kamu dan ada tidaknya penghasilan tambahan. Berikut beberapa contoh pertanyaan survey kredit, diantaranya adalah:

  • Apa pekerjaan anda?
  • Sudah berapa lama anda bekerja (untuk posisi saat ini)?
  • Apakah anda memiliki usaha atau bisnis sampingan ?
  • Untuk pekerjaan anda sekarang, status anda adalah karyawan tetap atau kontrak?
  • Usaha anda bergerak di bidang apa?
  • Berapa jumlah karyawan atau tenaga kerja yang membantu anda (untuk yang memiliki usaha sendiri)?

2. Contoh Pertanyaan Survey Kredit Seputar Income (pendapatan)

Dari seluruh pertanyaan survey pinjaman, bisa jadi pertanyaan bagian ini adalah yang paling penting. Karena jawaban di poin inilah pihak bank nantinya akan memutuskan apakah kamu layak untuk diberikan pinjaman (kredit) atau tidak.

Dan pihak bank akan mencocokan dengan data yang kamu miliki seperti rekening koran, slip gaji dan kartu kredit dan lainnya. berikut beberapa contoh survey kredit untuk kategori ini misalnya adalah:

  • Berapa pendapatan anda dalam satu bulan?
  • Berapa penghasilan tambahan anda dari usaha sampingan (jika ada)?
  • Apakah pasangan anda juga bekerja (jika memiliki pasangan)? Berapa pendapatan pasangan anda (jika pasangan anda memiliki penghasilan tetap)
  • Apakah anda memiliki aset lain, seperti warisan, tanah, simpanan berjangka dan lain-lain?

3. Contoh Pertanyaan Survey Kredit Seputar Hutang Piutang

Untuk pertanyaan selanjutnya survey pinjaman yang sering ditanyakan juga oleh staff bank sebelum memutuskan akan memberi pinjaman atau tidak adalah pertanyaan seputar hutang piutang kamu.

Pihak bank biasanya akan menanyakan mengenai total hutang yang anda memiliki dari berbagai bank sebagai data pembanding mereka. Mereka juga mungkin saja menanyakan mengenai pengeluaran tetap jangka panjang kamu.

Seperti pengeluaran untuk pendidikan anak, pengeluaran untuk cicilan rumah, pengeluaran untuk cicilan kendaraan bermotor dan lain-lain. jika kamu memiliki usaha, piutang kamu juga ditanyakan sebagai data pendukung dalam approval kredit kamu.

Usahakan untuk menjawab pertanyaan seputar hutang piutang ini dengan jujur dan sebenar-benarnya. Karena pihak bank pasti akan mencocokan jawaban kamu dengan data-data yang sudah mereka miliki seperti data tagihan kartu kredit, rekening.

Apalagi pihak bank juga memiliki otoritas untuk mengecek semua hutang piutang kamu melalui BI Cheking.

4. Contoh Pertanyaan Survey Kredit Seputar Tanggunngan

Selain utang piutang, jumlah tanggungan juga dipertimbangkan agar pihak bank bisa memperkirakan seberapa pengeluaran yang kamu keluarkan.

Untuk tanggungan kamu apakah jumlah pengeluaran bisa mengganggu dana yang digunakan untuk membayar cicilan. Dan berikut beberapa contoh pertanyaan seputar tanggungan, diantaranya adalah:

  • Apakah anda memiliki anak? Berapa jumlah anak?
  • Apakah anak anda masih dalam pendidikan atau sudah bekerja?
  • Apakah anda juga menghidupi orang tuan?

Memang untuk pertanyaan mengenai tanggungan ini tidak memiliki dampak yang terlalu besar pada pengajuan bisnis kamu, sebab meski memiliki tanggungan banyak namun penghasilan besar juga tetap bisa bayar utang.

Cukup jawab seadanya saja, karena hal ini hanya sebagai tambahan informasi. Sambil berharap bahwa dengan tanggungan yang dipunyai, pihak bak tetap akan menyetujui permohonan kredit yang diajukan.

5. Contoh Pertanyaan Survey Kredit Seputar Tempat Tinggal

Selanjutnya kamu juga akan ditanyakan mengenai rumah yang kamu tinggali. Dimana domisili kamu alamat serta status tempat tinggal berikut beberapa pertanyaan yang akan diajukan.

  • Dimana tempat tinggal anda? Alamat rumah lengkap?
  • Apakah rumah tersebut merupakan rumah miliki sendiri atau bukan?
  • Apakah anda memiliki rumah sendiri?

Nah, itu beberapa contoh mengenai seputar tempat tinggal. Pertanyaan tersebut bisa menjadi pertimbangan karena kebanyakan pinjaman yang bisa disetujui adalah pinjaman yang pemohonnya memiliki rumah sendiri.

Karena artinya ia memiliki aset miliknya yang bisa dijaminkan. Namun, bukan berarti yang tinggal sewa atau bersama orang tua lantas langsung ditolak. Asal memenuhi kriteria, biasa saja pinjamannya disetujui.

Jadi, hal ini kembali lagi pada penghasilan yang didapatkan. Nah, itu dia beberapa contoh pertanyaan survey kredit pinjaman dan beberapa jawabannya. Sekali lagi, yang terpenting kamu menjawab dengan jujur.

Sebab, jika melakukan kebohongan hal ini hanya akan berbalik pada diri sendiri kamu jadi kesulitan membayar cicilan dan terlilit banyak utang. Jadi, jangan pernah berbohong hanya karena ingin pinjaman kamu disetujui.

Pastikan juga setelah mendapatkan pinjaman, kamu menggunakannya secara bijak. Supaya pinjaman tersebut benar-benar bermanfaat sebab jika hanya digunakan untuk foya-foya. Maka suatu saat kamu harus menerima resiko dan dampak yang tidak main-main.

Bagaimana Tips Pinjaman Cepat di ACC

Nah, itu dia beberapa contoh pertanyaan survey kredit yang bisa kamu ingat dan coba cari jawaban yang tepat dan usahakan jawab dengan lugas dan jujur karena pihak bank akan menilai jika kamu orang jujur dan berhak menerima pinjaman.

Selain mengetahui contoh pertanyaa survey kredit kamu juga perlu mengetahui pinjaman cepat agar di ACC, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Saat kedatangan dari pihak survey usahakan kamu berpakian rapi dan sopan ketika menghadapi sesi intervie dengan staff bank
  • Selanjutnya kamu bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan lugas dan juga jujur
  • Tidak hanya memberikan data yang salah atau menjawab pertanyaan dengan bertele-tele seperti sedang menyembunyikan sesuatu
  • Sebelumnya mengajukan pinjaman, pastikan terlebih dahulu kondisi keuangan kamu bahwa kamu betul-betul mampu melunasi pinjaman tersebut sesuai dengan tempo waktunya nanti.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh pertanyaan survey kredit serta beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu berkesempatan pinjamannya di ACC. Semoga apa yang tim Mustakim Media jelaskan dapat bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya: