Opini 2: Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Anak, Menurutku Begini Nih!

By

Bukan karena makan sembarangan, ada beberapa faktor yang bisa membuat seorang anak mengalami masalah gusi bengkak. Nah cara mengatasi gusi bengkak pada anak ini harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya agar bisa menangani masalahnya dengan tepat. Ada banyak cara yang dapa dilakukan mulai dari cara sederhana hingga berkunjung ke dokter.

Anak yang mengalami pembengkakan pada gusi kadang membuatnya menjadi rewel dan sulit tidur. Terkadang orang tua merasa jengkel dengan kondisi seperti ini. Karena anak akan menangis terus menerus sebelum sakitnya reda.

Apa Sih Penyebab Gusi Bengkak Pada Anak?

Ketika anak mengalami gusi bengkak, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Adapun faktor penyebab gusi bengkak pada anak diantaranya adalah sebagai berikut:

Radang Gusi

Radang gusi jadi salah satu faktor penyebab bengkaknya gusi yang dialami oleh seorang anak. Radang gusi ini membuat gusi menjadi bengkak, merah dan mudah sekali berdarah saat di sikat.

Hal ini bisa terjadi apabila anak tidak menjaga kebersihan mulutnya dengan baik. Sehingga berbagai jenis bakteri akan merusak jaringan dalam gusi hingga menimbulkan peradangan pada gusi.

Parahnya, kondisi ini bisa membuat gigi copot sendiri, apabila tidak dilakukan penanganan dengan baik.

Absen Gigi

Absen gigi jadi faktor kedua yang bisa membuat gigi jadi bengkak pada anak. Bahkan biasanya hal ini juga bisa menjadi pemicu gigi berlubang pada anak.

Kebiasaan jarang menggosok gigi jadi salah satu penyebab kenapa hal ini bisa terjadi.

Absen gigi ini bisa terjadi apabila lubang gigi sudah terlalu dalam dan sudah mencapai syaraf pada gigi. Hal ini harus segera diatasi, karena apabila dibiarkan begitu saja maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Kadang, apabila dibiarkan begitu saja, maka dapat menimbulkan nanah pada gusi gigi anak dan rasa sakit yang cukup parah.

Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Anak?

Saya bukanlah ahli kesehatan, tapi saya bisa memberikan opini berdasarkan tingkat pemahaman saya yang sudah saya rangkum dari berbagai jenis sumber. Sumber yang saya pakai ini mulai dari situs sehatQ, Alodokter hingga dari teman dokter saya sendiri di rumah sakit Boromeus Bandung.

Opini saya tentang cara mengatasi gusi bengkak pada anak ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari cara alami hingga melakukan konsultasi dengan dokter. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kumur dengan Air Garam

Ini adalah salah satu cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengobati masalah gusi bengkak pada anak. Garam memiliki sifat antiseptik sangat tinggi yang dapat membunuh bakteri dengan baik.

Air garam tidak bisa menjadi obat penyembuh, melainkan hanya bisa jadi obat pereda sakit gusi bengkak saja. Cara menggunakan garam untuk gusi bengkak ini dapat dilakukan dengan cara dilarutkan kedalam air lalu pakai untuk kumur.

Kompres dengan Es Batu

Cara mengatasi gusi bengkak pada anak kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan es batu. Anda cukup menggunakannya dengan cara dikompreskan pada pipi dibagian gusi yang bengkak.

Cara ini juga tidak bisa menyembuhkan hanya bisa menjadi obat pereda sakitnya saja. Namun saat anak rewel, cara ini bisa digunakan agar sakitnya tidak terlalu parah.

Cabut Gigi yang Terinfeksi

Cara ini bisa dilakukan pada anak yang mengalami pembengkakan gusi yang diakibatkan oleh absen gigi. Gigi yang terinfeksi virus harus dicabut agar tidak timbul bengkak dan sakit gigi lagi.

Hal ini tentu harus dilakukan oleh dokter yang berpengalaman dalam menangani masalah ini. Pencabutan gigi ini bisa menjadi obat paling baik dilakukan jika masalah gusi bengkak pada anak tersebut disebabkan oleh absen gigi.

Membersihkan Karang Gigi

Jika masalah bengkak gusi pada anak disebabkan oleh radang gusi, maka cara mengatasi gusi bengkak pada anak tersebut dapat dilakukan dengan membersihkan karang gigi.

Ini bisa mengatasi masalah pembengkakan pada gigi yang diakibatkan oleh peradangan pada gusi anak.

Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Gigi

Salah satu cara paling baik digunakan untuk mengatasi gusi bengkak pada anak adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter gigi yang bertugas di rumah sakit terdekat dengan rumah anda.

Dokter akan melakukan pemeriksaan gusi dengan baik berdasarkan pemahaman dan tingkat keilmuannya. Sehingga bisa melakukan penanganan secara intensif dan baik.

Tinggalkan komentar