[3] Pengertian Artikel Ilmiah Adalah : Komponen, Jenis, Struktur & Contoh

By

Artikel ilmiah adalah sebuah tulisan yang berisikan suatu laporan mengenai berbagai hal. Biasanya artikel ilmiah ini digunakan dalam lingkungan kampus atau sekolah sebagai laporan hasil suatu penelitian. Artikel ilmiah ini bersifat faktual karena berisi fakta-fakta tertentu. Artikel ilmiah ditulis berdasarkan fakta dan hasil uji yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Sehingga validitas dan keakuratan datanya bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk kamu yang belum paham dengan baik apa itu artikel ilmiah, bagaimana struktur, jenis dan komponennya, berikut ini saya coba jelaskan secara sederhana berdasarkan pemahaman saya sendiri dan beberapa pendapat para ahli.

Pengertian Artikel Ilmiah Menurut Para Ahli

artikel Ilmiah adalah
Memahami Apa Itu Artikel Ilmiah | Gambar From Canva Desain By Kim

Ada banyak para ahli yang mengungkapkan mengenai arti sebuah artikel ilmiah tersebut. Tentunya setiap masing-masing orang memiliki pendapat yang berbeda-beda. Maka dari itulah dari sedikit perbedaan tersebut dapat membuat kamu memiliki sudut pandang luas mengenai sebuah artian dari  artikel ilmiah tersebut.

Beberapa ulasan ataupun pendapat dari para ahli akan dibahas pada ulasan di bawah ini. Agar kamu mendapatkan sebuah gambaran mengenai pembahasan ini. Adapun beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian artikel ilmiah adalah sebagai berikut:

  • Andi Baso Mappatoto

Beliau menjelaskan bahwa artikel adalah sebuah karya tulis yang lengkap, tulisan yang non-fiksi, serta tidak dapat ditentukan panjang dari sebuah artikel tersebut.

  • Sumandiria

Suatu tulisan lepas yang menjelaskan mengenai suatu pendapat orang terhadap suatu pembahasan yang sedang di perbincangkan. Artikel tersebut memiliki sebuah sifat yang aktual tujuannya yaitu membuat pembaca yakin dan percaya dengan apa yang ditulis oleh penulis tersebut.

  • Rillan E. Wolseley

Beliau merumuskan suatu pengertian mengenai artikel ilmiah yaitu sebuah karangan tulis yang tidak menentu berapa panjangnya. Namun artikel tersebut memiliki sebuah maksud untuk menyampaikan suatu gagasan atau sebuah pendapat seorang penulis. Hal tersebut memiliki sebuah tujuan untuk mendidik pembaca dan juga untuk menghibur.

Jenis Artikel Ilmiah

artikel ilmiah adalah
Memahami Jenis-Jenis Artikel Ilmiah | Gambar From Canva Desain By Kim

Artikel ilmiah adalah artikel faktual yang memiliki beragam jenis yang membedakan antara satu jenis artikel ilmiah dan yang lainnya. Setidaknya ada 5 jenis artikel ilmiah yang sering digunakan dalam berbagai jenis kebutuhan. Adapun macam-macam artikel ilmiah diantaranya:

  • Eksploratif

Artikel ilmiah yang berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan kemudian ditulis dalam sebuah tulisan.

  • Eksplanatif

Artikel ilmiah yang menjelaskan suatu keterangan yang bertujuan untuk memudahkan pembaca.

  • Deskriptif

Merupakan sebuah artikel ilmiah yang bertujuan untuk menggambarkan suatu kejadian yang terjadi pada saat itu.

  • Prediktif

Merupakan sebuah artikel ilmiah yang berbentuk seperti ramalan suatu hal yang akan terjadi berdasarkan perhitungan penulis tersebut.

  • Preskriptif

Suatu artikel ilmiah yang memberikan sebuah penjelasan agar para pembaca tidak salah dalam menjalankannya contohnya dalam pembuatan SIM.

Komponen Artikel Ilmiah

artikel Ilmiah adalah
Menuliskan Beragam Komponen Artikel Ilmiah | Gambar From Canva Desain By Kim

Dalam suatu karya artikel ilmiah tentunya hampir sama dengan artikel biasa yaitu memiliki suatu komponen yang menyusunnya. Tujuan dari adanya komponen tersebut yaitu agar artikel lebih tertata dengan rapih. Sehingga yang membacanya pun tidak akan bingung membacanya. Adapun beberapa komponen artikel ilmiah adalah:

  • Pendahuluan

Pendahuluan artikel ilmiah ini berisi tentang pengantar dan latar belakang serta rumusan masalah yang diangkat pada artikel ilmiah. Pada bagian pendahuluan, penulis artikel akan menyampaikan secara sederhana apa yang menjadi latar belakang penulisan dan pembahasan didalam artikelnya.

  • Isi artikel

Pada bagian isi, semua masalah akan dibahas secara detail dan jelas. Semua pembahasan ditulis berdasarkan hasil penemuan dan penelitian lapangan. Data dan uraian yang ditulis pada bagian isi ini berdasarkan fakta-fakta temuan di lapangan.

  • Penutup artikel

Penutup artikel berisi kesimpulan dari hasil pembahasan masalah dalam artikel. Pada bagian penutup pembaca bisa menemukan apa yang dibahas pada bagian isi artikel secara ringkas.

Struktur Artikel Ilmiah

artikel Ilmiah adalah
Struktur Artikel Ilmiah | Gambar From Canva Desain By Kim

Selain memiliki sebuah komponen yang wajib pada sebuah karya artikel ilmiah, kamu juga diwajibkan untuk memiliki sebuah struktur artikel ilmiah. Dari struktur inilah kamu dapat membuat artikel tersebut menjadi sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca.

Adapun struktur yang digunakan dalam proses pembuatan artikel ilmiah adalah:

  • Judul
  • Baris kepemilikan suatu artikel
  • Abstrak
  • Kata kunci dalam sebuah artikel
  • Pendahuluan dalam artikel
  • Metode
  • Hasil
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Daftar pustaka

Contoh Artikel Ilmiah

artikel Ilmiah adalah
Contoh Membuat Artikel Ilmiah | Gambar From Canva Desain By Kim

Untuk bisa memahami seperti apa artikel ilmiah, maka kamu harus melihat dan membaca contoh dari artikel ilmiah. Dengan demikian maka kamu bisa mengamati artikel ilmiah dengan baik. Adapun contoh artikel ilmiah adalah:

Memanfaatkan Limbah Sampah

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah

Akhir-akhir ini persoalan masalah sampah memang sedang mendunia. Maka dari itu banyak orang yang sekarang memberikan sebuah ide untuk menanggulangi sampah tersebut. Hanya dengan mengolah sampah menjadi suatu hal yang lebih bermanfaat.

  • Rumusan Masalah

Bagaimana cara untuk memanfaatkan Limbah Sampah tersebut?

  • Tujuan penelitian

Dapat memberikan sebuah informasi mengenai cara pemanfaatan limbah sampah.

BAB II

Pembahasan

Sampah merupakan sebuah masalah yang sulit untuk di temukan titik pemberantasannya. Dengan adanya pemanfaatan sampah tersebut diharapkan masyarakat dapat membantu untuk menanggulangi sampah tersebut menjadi suatu hal yang memiliki makna.

Hampir sebagian masyarakat sudah ada yang mendirikan suatu bank sampah. Dimana masyarakat menabung limbah rumah tangga mereka ke tempat tersebut. Sampah yang sudah terkumpul nantinya akan di proses menjadi sedemikian rupa untuk bisa di jual kembali.

BAB III

Penutup

KESIMPULAN

Limbah sampah memang tidak pernah ada habis nya walaupun sudah di olah sedemikian rupa. Namun dengan adanya pemanfaatan tersebut membuat sampah menjadi tidak semakin menumpuk semakin banyak. Maka dari itulah walaupun sudah seharusnya sebagai masyarakat diharuskan untuk memanfaatkan sampah tersebut.

Ini merupakan salah satu contoh yang bisa kamu praktek kan untuk membuat sebuah artikel ilmiah dengan menggunakan sebuah format. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan materi dan pembahasan baru.

Dari pembahasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa artikel ilmiah adalah sebuah artikel yang ditulis berdasarkan fakta dan hasil penelitian dengan struktur, jenis, komponen dan format penulisan tertentu dimana panjangnya tidak bisa ditentukan secara pasti.

Tinggalkan komentar