10 Pengertian Artikel adalah: Ciri, Jenis, Sifat, Contoh

By

Mengawali pembahasan konten blog ini, kita akan mulai dari yang ringan dulu, mengenal pengertian artikel secara sederhana, ilmiah hingga menurut para ahli bahasa. Kita akan bedah juga apa saja jenis-jenis artikel, struktur dan hal lain terkait artikel secara lengkap.

Ini sangat penting sekali dipahami sebelum kita mulai menulis sebuah artikel. Pemahaman ini akan membantu kita dalam membuat artikel yang relatable dan sesuai dengan search intent.

Namun dalam hal ini akan saya sampaikan sesuai dengan pemahaman saya saja. Selebihnya akan saya tambahkan referensi dari para ahli dibidangnya.

Pengertian Artikel

pengertian artikel
Ilustrasi Menulis Artikel

Menurut pemahaman saya, artikel merupakan sebuah tulisan baik hasil tulisan tangan ataupun hasil ketikan yang ditulis berdasarkan fakta ilmiah, hipotesis, analogi ataupun berupa opini yang bertujuan untuk mendidik, menyebarkan informasi, mengungkap fakta ataupun hanya sebagai hiburan saja.

Artikel biasanya ditulis dan dipublikasikan di berbagai media baik cetak ataupun online. Media online yang digunakan untuk mempubilkasikan artikel yang paling umum adalah blog dan website.

Kalo media cetak yang paling sering digunakan untuk mempublikasikan artikel adalah koran, majalah ataupun media cetak lainnya yang jadi bacaan harian.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Untuk memperkaya wawasan kamu tentang definisi artikel, berikut ini saya cutat beberapa pendapat para ahli terkait pengertian artikel. Adapun beberapa definisinya adalah sebagai berikut:

  1. Andi Basso M, artikel adalah karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi dan memiliki panjang tertentu
  2. Rillan E Worselley, artikel merupakan sebuah karangan tertulis yang memiliki panjang tertentu dan bertujuan untuk menyampaikan gagasan, fakta agar bisa mendidik, menghibur dan meyakinkan pembaca
  3. Penguin English Student Dictionary, artikel merupakan sebuah karangan tertulis guna dipublikasikan di media cetak, makalah atau koran
  4. Webster’s New World Dictionary, artikel adalah karya tulis non-fiksi yang pada umumnya ditulis secara singkat dan lengkap seperti karangan di media berita
  5. Longman P Office Dictionary, artikel merupakan sebuah prosa non-fiksi dengan bentuk sederhana dan juga merupakan bagian dari koran, majalah ataupun media lainnya
  6. Ensiklopedia Bahasa Indonesia, artikel adalah serangkaian karang prosa yang diterbitkan di media masa yang isinya adalah berupa karangan pendek yang membahas masalah secara jelas
  7. Al-Aqli, artikel merupakan sebuah tulisan yang ditulis oleh seseorang yang memiliki disiplin ilmu tinggi, pembahasannya sangat lengkap dan detail. Sehingga pembaca bisa ambil kesimpulan dari artikel yang dibuatnya
  8. Sumandiria, artikel adalah sebuah karya bebas yang berisi opini seseorang yang sudah lebih dulu tahu akan hal tersebut dan artikel yang ditulisnya bisa bersifat hiburan, pemberitahuan, meyakinkan ataupun mempengaruhi pembaca artikelnya

Pengertian Artikel Menurut KBBI

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang merupakan rujukan dasar bahasa Indonesia juga mendefinisikan arti dibalik kata “artikel”.

Jika kamu membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan mencari arti kata artikel didalamnya maka kamu akan menemukan jawabannya secara tersurat.

Menurut KBBI, artikel adalah sebuah karya tulis yang ditulis secara lengkap dan detail seperti yang ditulis pada majalah, koran, laporan ataupun yang lainnya.

Pengertian Artikel Ilmiah

Secara definitif, artikel ilmiah adalah sebuah karya tulis yang disusun dengan format tertentu berdasarkan fakta dan hasil riset di lapangan.

Artikel ilmiah ditulis dengan menggunakan kerangka tertentu yang sudah ditentukan secara baku. Artikel ilmiah dibuat sebagai laporan hasil survey atau pengamatan lapangan.

Biasanya yang membuat artikel ilmiah adalah siswa atau mahasiswa untuk memenuhi tugas di mata pelajaran atau mata kuliah tertentu.

Pengertian Artikel Eksploratif

Artikel eksploratif adalah jenis artikel yang ditulis berdasarkan kajian materi di lapangan untuk mengungkap sebuah fakta tertentu yang belum atau masih jarang orang ketahui.

Artikel eksploratif ini termasuk jenis artikel ilmiah yang ditulis berdasarkan fakta lapangan bukan karangan.

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk membedah informasi dari sebuah fakta baru atau hal tertentu yang belum terungkap.

Jenis-Jenis Artikel

pengertian artikel
Ilustrasi Menulis

Apabila kita lihat dari jenisnya, artikel memiliki beragam jenis. Setiap jenis artikel ditulis dengan gaya bahasa yang berbeda dan memiliki tujuan penulisan yang berbeda pula.

Jika kita mengacu pada sumber terpercaya, jenis-jenis artikel ini secara umum dibedakan menjadi 5 jenis, diantara adalah:

Artikel Deskripsi

Jenis artikel pertama yang akan kamu temukan adalah artikel deskripsi. Artikel ini adalah jenis artikel paling umum yang pasti mudah kamu temukan di berbagai media.

Artikel deskripsi adalah jenis artikel yang menggambarkan atau mendeskripsikan suatu hal atau peristiwa secara lengkap dan jelas.

Kelebihan dari artikel ini ialah mampu menyampaikan pesan dengan baik. Pembacanya mampu merasakan peristiwa yang ada dalam artikel tersebut.

Namun dalam penulisannya, artikel ini harus ditulis secara lengkap dan harus mampu menjawab search intent.

Artikel Narasi

Jenis artikel kedua adalah artikel narasi. Artikel narasi merupakan artikel yang menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu di waktu tertentu baik yang bersifat fakta ataupun fiksi.

Orang yang membuat atau menulis sebuah artikel narasi disebut sebagai Narator.

Artikel narasi ini biasanya digunakan untuk menuliskan biografi ataupun kisah hidup atau kisah perjalanan seseorang.

Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang membahas sebuah topik atau produk tertentu guna memberikan edukasi atau tambahan wawasan bagi pembacanya akan topik atau produk tersebut.

Artikel ini memiliki detailing yang lengkap. Bahkan tabel, grafik, gambar hingga video bisa kamu temukan di artikel ini guna memperjelas informasi yang disampaikan.

Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi adalah jenis artikel yang dibuat untuk menguji sebuah fakta dengan argumen tertentu agar diketahui dengan pasti kebenarannya.

Dengan kata lain, artikel argumentasi ini dapat dikatakan sebagai artikel uji validitas sebuah fakta.

Artikel argumentasi merupakan opini yang mengkritik sebuah fakta dengan menggunakan data-data tertentu.

Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah artikel yang berisi ajakan untuk mengajak pembaca artikel melakukan sesuatu hal tertentu. Artikel ini lebih dikenal sebagai artikel ajakan.

Artikel ini dalam dunia internet marketing disebut juga sebagai artikel soft sales atau artikel hard sales. Sebuah artikel yang ditulis untuk meningkatkan penjualan sebuah produk atau jasa tertentu.

Cara penulisan artikel persuasi ini berbeda dengan artikel lainnya. Dimana bahasa yang digunakan akan lebih ditekankan kepada penjualan atau sales.

Ciri-Ciri Artikel

pengertian artikel
Menulis Artikel Manual

Dilihat dari 10 pengertian artikel diatas dapat kita identifikasi ciri artikel secara umum. Adapun beragam jenis ciri artikel diantaranya adalah:

  1. Ditulis secara ringkas, padat, jelas, lengkap dan mampu menjawab search intent
  2. Isinya bisa berupa fakta (ilmiah), opini (argumen), ajakan, edukasi ataupun hiburan
  3. Bersifat informatif, edukatif dan faktual
  4. Dilengkapi dengan data pendukung seperti gambar, video, tabel ataupun grafik untuk memperjelas dan mempertegas informasi dari artikel yang ditulis
  5. Bahasa artikel menggunakan bahasa resmi dan santai tergantung dari jenis artikel yang ditulis
  6. Artikel ditulis dengan sistematika tertentu guna mempermudah pembaca memahami konten dalam artikel
  7. Artikel dapat ditemukan pada media cetak seperti majalah, koran ataupun berbasis online seperti tulisan di berbagai website atau blog

Sifat Artikel

pengertian artikel
Membuat Artikel

Dilihat dari pengertian artikel juga memiliki beragam jenis sifat loh. Bahkan bila kita uraikan, setiap jenis artikel ini memiliki sifat yang berbeda-beda loh. Adapun beragam jenis sifat artikel tersebut diantaranya adalah:

Sifat Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi memiliki sifat dan ciri yang khusus yang bisa membedakan antara artikel ini dengan jenis artikel lainnya. Dilihat dari sifatnya, artikel deskripsi memiliki sifat sebagai berikut:

  1. Informatif
  2. Edukatif
  3. Ilustratif
  4. Detail
  5. Mampu menjawab semua pertanyaan pembaca

Sifat Artikel Narasi

Artikel narasi juga memiliki sifat tertentu yang menjadi identitas resminya yang akan membuat kita lebih mudah mengenali dari artikel narasi itu sendiri. Adapun beragam jenis sifat yang dimiliki oleh artikel narasi adalah:

  1. Mengedepankan sejarah
  2. Ada alur cerita
  3. Ada tanggal waktu
  4. Bercerita tentang perjalanan

Sifat Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi adalah artikel yang mengedukasi pembaca agar paham sebuah produk tertentu. Artikel ini juga memiliki sifat tertentu yang membuatnya berbeda dari jenis artikel lainnya. Dari pemahaman saya, sifat artikel eksposisi ini adalah:

  1. Deskriptif
  2. Memiliki tabel atau grafik
  3. Informatif
  4. Bahasanya jelas dan tepat
  5. Tidak bertele-tele

Sifat Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi adalah artikel yang berisi opini atau pendapat. Dari pengertian artikel nya, kita bisa memahami seperti apa artikel ini. Adapun sifat-sifatnya adalah sebagai berikut:

  1. Berisi pertanyaan
  2. Ada pernyataan
  3. Dilengkapi data tertentu
  4. Berisi pandangan dari sudut lain

Sifat Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah artikel yang berisi penawaran dan sering kali digunakan oleh para internet marketer untuk jualan produk tertentu. Artikel ini tentu memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda dari yang lainnya, seperti:

  1. Berisi ajakan
  2. Ada produk yang ditawarkan
  3. Menggunakan kalimat sales
  4. Mempengaruhi pembaca

Struktur Artikel

pengertian artikel
Membuat Struktur Artikel

Sedangkan jika dilihat dari struktur yang dimilikinya, artikel juga memiliki struktur khusus yang bisa menjadi pembeda antara artikel dengan jenis karya tulis yang lainnya. Secara umum, struktur artikel itu terdiri dari 3 bagian yaitu pembuka, isi dan juga penutup artikel.

Pembuka Artikel

Bagian pembuka artikel berisi pengantar dasar dari materi dalam artikel. Dalam pembuka dijelaskan secara singkat dan padat mengenai judul yang akan dibahas dalam artikel. Sehingga pembaca dapat mengenali konten artikel secara singkat. Pembaca bisa tahu apa isi dari artikel yang akan dibahas pada bagian isi.

Artikel pembuka bisa ditulis dengan menggunakan pertanyaan, pernyataan ataupun fakta tertentu mengenali judul dari artikel yang akan dibahas. Artikel pembuka ini ditulis dengan kalimat singkat namun bisa meningkatkan rasa penasaran pembaca untuk melanjutkan bacaannya.

Bagian pembuka hanya terdiri dari 1 hingga 3 paragraf saja. Selain itu, artikel pembuka ini juga mengandung beberapa komponen penting, seperti:

  1. Pengantar materi
  2. Fakta tentang judul
  3. Ajakan tertentu
  4. Singkap padat dan jelas
  5. Berisi masalah yang akan dibahas

Isi Artikel

Bagian isi adalah bagian pokok dari sebuah artikel. Isinya tentu akan menguraikan judul dengan tepat berdasarkan materi yang sudah disiapkan. Isi artikel menggunakan bahasa yang lengkap dan terperinci serta detail. Semua masalah yang ditulis pada pembuka artikel akan dibahas pada bagian isi.

Isi artikel ditulis dengan menyajikan data dan fakta tertentu berdasarkan materi dalam judul. Dalam isi artikel terdapat berbagai jenis komponen penyusun yang membantu menjelaskan masalah dari artikel yang dibahas. Adapun beragam jenis komponen penting dalam isi artikel diantaranya:

  1. Deskripsi masalah
  2. Subjudul
  3. Dilengkapi gambar
  4. Terdapat tabel pendukung
  5. Ada grafik pendukung (jika dibutuhkan)

Penutup Artikel

Bagian penutup adalah bagian akhir dari sebuah artikel. Bagian penutup ini akan menyimpulkan dari seluruh uraian masalah dalam artikel yang dibahas. Pembaca dapat memahami isi dari artikel hanya dengan membaca simpulannya saja. Dalam penutup, di uraikan kembali secara singkat materi isi artikel.

Walau begitu, detailing artikel tetap ada di bagian isi. Bagian penutup artikel ditulis secara ringkas, padat dan jelas. Biasanya berupa poin-poin penting pada uraian artikel. Adapun komponen yang ada pada bagian penutup artikel adalah:

  1. Simpulan isi artikel
  2. Poin-poin singkat isi artikel
  3. Opini akan isi artikel
  4. Salam penutup

Tujuan Artikel

pengertian artikel
Penulisan Artikel

Dilihat dari pengertiannya, ternyata penulisan artikel memiliki banyak tujuan. Dari 10 pengertian artikel diatas, semua artikel yang ditulis memiliki tujuan penulisan yang berbeda tergantung dari jenis artikelnya. Adapun beberapa tujuan penulisan sebuah artikel tersebut, diantaranya adalah:

Tugas Sekolah/Kampus

Setiap anak atau mahasiswa pasti akan mendapatkan tugas dari guru atau dosen nya. Tidak jarang seorang guru atau dosen tersebut memberikan tugas berupa pembuatan artikel tertentu untuk menyelesaikan mata pelajaran tertentu. Materi yang dibahas tentu akan disesuaikan dengan jenis mata pelajaran ataupun mata kuliah tertentu.

Artikel dengan tujuan tugas sekolah atau kampus ini biasanya bersifat ilmiah atau faktual. Artikelnya ditulis berdasarkan fakta dan kebenaran dari hasil survey di lapangan.

Menyalurkan ide dan kreativitas

Orang yang suka menulis bisa mengembangkan kreativitas mereka melalui artikel. Artikel memiliki fleksibilitas tinggi untuk meningkatkan skill menulis dan menuangkan ide kedalam tulisan. Orang yang suka menulis dan rajin membuat artikel tentu akan mampu meningkatkan kemampuan menulisnya dengan baik.

Bahkan ide dan kreativitas nya tidak akan terbuang secara percuma. Mereka bisa mendapatkan lebih dari hanya sekedar tulisan saat mereka membuat sebuah artikel.

Berbagi Informasi

Pada dasarnya, tujuan dibuatnya artikel adalah untuk berbagi informasi. Informasi yang dibagikan tentu bisa beragam mulai dari informasi berita terkini, how to, ataupun berbagai jenis informasi lainnya. Penulis artikel bisa membagikan informasi apapun yang mereka inginkan kepada para pembaca.

Adanya artikel, pembaca bisa terbantu-kan dengan mendapatkan informasi yang mereka cari.Pembaca bisa dengan mudah mendapatkan solusi atau informasi tanpa harus bertanya langsung kepada orang lain.

Menawarkan Produk

Artikel persuasi memiliki tujuan untuk menawarkan sebuah jasa atau produk tertentu dan membujuk pembaca untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Pembaca secara sadar bisa menggunakan artikel persuasi sebagai rujukan untuk mengetahui kelebihan dan kegunaan sebuah produk atau jasa yang akan mereka gunakan.

Artikel penawaran ini biasanya ditulis oleh praktisi penjual produk atau jasa. Dimana mereka membuat sebuah ulasan dan ulasan sebuah produk sembari menyisipkan kalimat promosi kedalamnya agar pembaca bisa membeli produk atau jasa tersebut.

Hiburan

Artikel komedi atau entertainment adalah artikel yang dibuat untuk tujuan sebagai hiburan. Para pembaca bisa mendapatkan hiburan melalui tulisan artikel yang mereka baca. Artikel yang ditulis untuk media hiburan biasanya di tulis oleh mereka yang memiliki buku.

Mereka menulis dan membuat artikel hiburan untuk mengasah kemampuan mereka dalam menulis dan memahami pembaca. Dalam hal ini pembaca dan penulis sama-sama diuntungkan.

Branding

Bagi beberapa pebisnis, menulis artikel sering mereka lakukan dengan tujuan untuk branding produk atau jasa yang mereka miliki. Artikel bisa menjangkau orang secara tidak terhingga. Produk yang di branding dengan artikel akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh penggunanya.

Artikel bisa menjadi media branding yang tepat karena artikel bisa menjangkau banyak orang dan tepat kepada orang yang mencarinya.

Eksistensi

Artikel yang ditulis juga bisa menjadi salah satu penegasan ataupun eksistensi penulis kepada pembaca. Penulis sengaja menulis artikel karena ingin eksis di dunia dan dikenal sebagai seorang penulis handal melalui berbagai jenis tulisannya.

Pemecahan Masalah

Artikel yang ditulis juga bertujuan untuk memecahkan suatu masalah melalui tulisan. Penulisnya sengaja membuat artikel tersebut untuk membantu pembaca mengatasi masalahnya. Artikel yang ditulis biasanya menggunakan bahasa sederhana agar lebih mudah dipahami pembaca.

Contoh-Contoh Artikel

pengertian artikel
Contoh Tumpukan Artikel

Paham tentang pengertian artikel belum tentu membuat kamu bisa mulai menulis sebuah artikel. Perlu contoh konkrit agar kamu bisa mulai menulis sebuah artikel. Nah, berikut ini saya tuliskan jenis jenis artikel dan contohnya:

Contoh Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel yang menggambarkan kejadian, situasi atau kasus tertentu yang bisa membuat pembaca nya seolah-olah bisa melihat, mendengar dan merasakan situasi dan kejadian tersebut. Artikel ini bisa berupa fakta, fiksi ataupun non fiksi. Adapun contohnya adalah seperti ini:

  • Contoh artikel deskripsi fakta

Bandung merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan fashion nya. Dihampir setiap penjuru kota Bandung kita bisa menemukan berbagai penjual baju berjejeran menawarkan berbagai jenis produk fashion mereka. Selain terkenal dengan kota fashion, Bandung juga punya banyak sekali tempat wisata alam yang sangat indah, sejuk dan asri. Tidak heran jika kota ini dijuluki sebagai kota West Jawa.

Ciwiday, Lembang adalah 2 tempat yang ada di Bandung yang paling terkenal dengan wisata alamnya. Glamping Lakseide, Curug Cinulang, Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Situ Patenggang adalah sebagian kecil wisata alam yang bisa kita temukan di Bandung. Tempatnya yang hijau rimbun dan udara yang sejuk akan membuat siapa saja betah datang dan berkunjung kesana.

  • Contoh artikel deskripsi fiksi

Pagi itu, angin bertiup kencang seakan berbisik bahwa hujan akan datang. Sontak aku menutup pintu dan jendela mengamankan diri kedalam kamar. Sahut-sahutan petir di langit membuatku merasa semakin takut. Ruangan ini sepi, sunyi hanya ada aku di dalamnya. Ku nyala kan TV agar suasana tidak terlalu sepi.

Contoh Artikel Narasi

Artikel narasi adalah artikel yang menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu yang terjadi di waktu tertentu baik berupa fakta atau ataupun fiksi. Lebih sederhananya, artikel narasi ini adalah artikel yang digunakan untuk membuat sebuah cerita tertentu.

  • Contoh artikel narasi fakta:
    • Kisah perjalanan
    • Biografi
    • Autobiografi
    • Cerita Pembunuhan, dan
    • Lain-lain
  • Contoh artikel narasi fiksi:
    • Cerita komik
    • Cerpen
    • Novel
    • Cerbung, dan
    • Lain-lain

Contoh Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi adalah artikel yang membahas sebuah produk tertentu agar memberikan wawasan kepada pembaca akan produk tersebut. Dalam artikel eksposisi bisanya terdapat, gambar, tabel grafik dan lainnya untuk memperjelas isi dari artikel yang ditulis. Adapun contoh artikel eksposisi adalah sebagai berikut:

SMAN 3  Bandung merupakan salah satu sekolah terbaik di Jawa Barat. Beragam jenis prestasi sudah didapatkan nya bahkan setiap tahu selalu mendapatkan beragam jenis penghargaan dari berbagai bidang baik SAIN ataupun Kesenian nya. Sebagai salah satu sekolah kelas menengah atas terbaik, setiap tahunnya ada ratusan siswa masuk tes ke SMAN 3 Bandung.

Namun hanya siswa dengan kualifikasi terbaiklah yang bisa masuk ke sekolah ini. Proses penerimaan siswa di SMAN 3 Bandung ini meliputi beberapa tahapan, mulai dari tes kognitif hingga psikomotorik guna menjaring siswa terbaik.

Contoh Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi adalah artikel uji validitas atau artikel yang menguji sebuah fakta atau kebenaran dengan menyajikan data banding atau berupa opini penulis akan fakta tertentu. Adapun contoh artikel argumentasi ini adalah:

Jika kita perhatikan, perkembangan pendidikan di negara Indonesia jauh tertinggal oleh beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Brunei atau bahkan Singapura. Kurikulum yang digunakan di negara kita ini memang cenderung hanya pada materi bukan pada praktek pengasahan skill.

Tidak jarang banyak anak lulusan perguruan tinggi dengan predikat memuaskan namun hanya memiliki skill nol (0). Fakta nya memang demikian, hal ini bisa kita lihat pada banyaknya para pekerja yang tidak sesuai dengan bidang keahlian nya. 65% lulusan perguruan tinggi tidak bekerja sesuai dengan jurusan mereka.

Contoh Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah jenis artikel yang ditulis untuk mempengaruhi pembaca agar bisa melakukan sesuatu hal. Atau dalam istilah lainnya disebut sebagai artikel sofa selling yang lebih banyak digunakan untuk menjual suatu produk atau jasa. Contoh artikel persuasi diantaranya adalah:

Kamu merupakan perokok aktif namun ingin berhenti merokok karena terjadi gangguan pada kesehatan? Berhenti merokok memang sangat sulit. Namun hal tersebut bisa kamu  lakukan jika kamu berhenti secara perlahan dengan menggunakan pengalihan ke rokok elektrik yang terbukti lebih aman di konsumsi.

Rokok jenis ini sangat baik untuk kesehatan, karena tidak  mengandung nikotin. Hal ini bahkan telah dikonfirmasi oleh beberapa pakar dan ahli kesehatan. Para perokok yang sulit meninggalkan kebiasaannya bisa menggunakan cara ini.

Nah itulah sedikit pandangan dan uraian saya tentang pengertian artikel serta hal-hal lainnya yang menyangkut tentang artikel agar anda bisa paham lebih jauh tentang dunia artikel.

Tinggalkan komentar