Cara Cek Email Aktif atau Tidak, Khusus Gmail [Mudah]

cara cek email aktif atau tidak

Penggunaan e-Mail saat ini sudah menjadi suatu hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Bahkan banyak orang yang memiliki lebih dari 1 akun Gmail yang digunakan baik statusnya aktif maupun non aktif .

Tidak heran jika terkadang e-Mail yang dituju tidak membalas bahkan tidak terkirim dikarenakan e-Mail tersebut sudah tidak aktif lagi.

Lalu apakah ada cara cek email aktif atau tidak yang bisa dilakukan? Tentu, bahkan ada beberapa cara atau metode yang cukup mudah.

Untuk mengetahui jawaban jelasnya, kamu bisa perhatikan artikel kali ini hingga selesai. Karena akan membahas seputar cara memastikan atau mengecek e-Mail baik yang masih aktif maupun sudah tidak aktif.

Apakah Email Ada Masa Kadaluwarsa?

Alamat e-Mail ini sebenarnya tidak memiliki masa kadaluarsa. Namun akun atau alamat e-mail ini dapat kadaluarsa dikarenakan password. Ya, pengaturan password yang mana kamu wajib ubah dalam 180 hari.

Namun jika pengaturan tersebut sudah dinonaktifkan, maka alamat e-Mail tersebut tidak akan memiliki masa kadaluarsa untuk kedepannya.

Akan tetapi secara teknis dapat kadaluarsa dengan syarat password dari akun atau alamat e-Mail tersebut dilupakan dan sudah lama tidak diakses. Maka pihak Gmail akan menonaktifkan alamat e-Mail tersebut.

Bagaimana Cara Cek Email Aktif atau Tidak?

Seperti yang sudah dikatakan di awal tadi bahwa ada beberapa cara atau metode yang mudah dilakukan untuk cek e-Mail aktif atau tidak.

Baik itu cara mengecek alamat e-Mail secara manual maupun secara sistem otomatis yang sudah disematkan oleh pihak Google tersebut.

Karena dengan beberapa cara mengecek ini, kamu dapat mengetahui ciri alamat e-Mail baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif.

Tidak perlu berlama-lama lagi, silahkan perhatikan masing-masing poin uraian mengenai cara mengecek e-Mail yang ada di bawah ini:

1. Cek Melalui Admin Google Console

Yang pertama ada cara atau metode cek alamat e-Mail yang masih aktif maupun tidak aktif melalui sistem bawaan Google yaitu Google Console Admin. Yang merupakan laman administrator pada Gmail.

Maka kamu akan dengan mudah mengetahui beberapa alamat e-Mail yang sudah tidak aktif melalui status keaktifan yang muncul.

Langkah mengeceknya mudah, kamu bisa ikuti beberapa langkahnya pada poin uraian yang sudah tersedia di bawah ini:

  • Akses Google Console Admin dengan alamat situs https://admin.google.com/
  • Login menggunakan akun administrator yang telah terdaftar
  • Jika sudah berhasil masuk, pilih menu “Pengguna” di Beranda
  • Selanjutnya perhatikan daftar pengguna yang terhubung pada kolom “Status” untuk mengecek alamat e-Mail aktif atau tidak

2. Cek Melalui Halaman Verify Email Address

Selanjutnya terdapat metode mengecek alamat e-Mail melalui situs web Verify e-Mail Address. Yang tentunya situs web ini dapat diakses oleh semua pengguna alamat e-Mail untuk mengecek aktif atau tidak.

Dengan begitu, status pada alamat e-Mail tersebut dapat diketahui dengan cukup mudah dan praktis. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, mari simak langsung beberapa uraian cara mengeceknya berikut ini:

  • Akses situs web https://www.verifyemailaddress.org pada browser yang kamu gunakan
  • Selanjutnya masukkan alamat Gmail yang akan kamu cek apakah e-Mail tersebut masih aktif ataukah sudah tidak aktif
  • Kemudian akan muncul status secara detail dari alamat Gmail tersebut mengenai aktif atau tidak aktif

3. Coba Login Ulang ke Email

Kemudian cara cek email aktif atau tidak selanjutnya yaitu dengan melakukan proses pengecekan manual yang dilakukan langsung oleh kita sendiri dengan melakukan relog ke akun Gmail seperti berikut ini:

  • Untuk mengeceknya kamu bisa keluar terlebih dulu dari akun Gmail yang sedang digunakan
  • Kemudian lakukan Login kembali dengan akun Gmail tersebut
  • Coba “Refresh” halaman Gmail, jika muncul beberapa Gmail lain yang baru kamu lihat maka alamat Gmail tersebut masih aktif

4. Kirim Data dari Email Lain

Metode yang terakhir yaitu dengan mengirimkan e-Mail ke alamat Gmail lain yang akan dicek. Maka dari itu kamu wajib menggunakan dua akun Gmail untuk melakukan metode cek Gmail yang satu ini:

  • Pertama-tama buka aplikasi Gmail yang kamu gunakan
  • Kemudian buat format Gmail apapun pada menu “Kirim”
  • Masukkan juga alamat Gmail yang akan dicek apakah masih aktif atau sudah tidak aktif pada kolom yang tersedia
  • Kirim format Gmail tersebut dan tunggu sesaat
  • Jika muncul notifikasi Gmail masuk ke perangkat yang digunakan. Maka Gmail tujuan tersebut masih aktif, namun jika notifikasi tidak muncul maka Gmail tersebut sudah tidak aktif

Apakah Email Harus Rutin Dibuka?

Membuka Gmail secara rutin ini sebenarnya bukan tujuan dasar agar alamat e-Mail tersebut tidak cepat hangus atau menjadi kadaluarsa.

Namun dengan membuka Gmail secara rutin ini bertujuan mengecek apakah terdapat e-Mail baru yang masuk atau tidak sewaktu-waktu.

Bukan tanpa alasan, karena aplikasi Gmail terkadang tidak akan menampilkan notifikasi e-Mail masuk. Ini dikarenakan e-Mail yang masuk secara bersamaan dalam satu waktu.

Maka dari itu, tidak salah jika banyak orang yang menganjurkan rutin membuka atau cek Gmail. Ini dilakukan untuk kepentingan diri pribadi.

Kesimpulan

Maka dari informasi yang saya sampaikan mengenai beberapa cara cek email aktif atau tidak di atas tadi dapat ditarik suatu kesimpulan.

Bahwa alamat Gmail tidak memiliki umur kadaluarsa jika terus aktif digunakan dengan syarat tidak melupakan password-nya. Dan dari beberapa cara tersebut yang paling mudah yaitu via Google Console.

Mungkin demikian yang dapat saya sampaikan, semoga informasinya dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: