Apa Bedanya Press Release dengan Berita? Simak di Sini

Apa Bedanya Press Release dengan Berita

Pada dasarnya, press release juga termasuk sebagai berita. Keduanya pun sama-sama memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi ke khalayak umum. Kemudian persamaan antara berita dan press release adalah mengandung news value. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi tertentu kepada public.

Kemudian, harus menggunakan teknik penulisan tertentu yaitu 5W+1H, dengan begitu, baik dalam press release ataupun dalam berita, terdapat informasi yang lengkap. Berita yang diangkat haruslah informasi yang benar-benar terjadi atau nyata dan bukan hoax.

Walaupun press release dan berita memiliki persamaan, keduanya cukup berbeda. Terlebih dalam penyusunan press release, dapat dikerjakan secara mandiri oleh public relation (PR) atau lewat jasa press release.

Apa saja perbedaannya? Simak informasi berikut ini.

press release

Pembuat

Berita ditulis oleh wartawan. Dari tulisan wartawan tersebut kemudian disunting oleh redaksi sebelum akhirnya layak tayang di rubrik yang telah ditentukan.

Wartawan yang menulis bisa dari orang yang bekerja di media tertentu, bisa juga wartawan lepas yang bekerja untuk beberapa media sekaligus.

Sementara itu, press release dibuat oleh PR dari perusahaan atau humas dari suatu organisasi ataupun jasa press release yang ditunjuk.

Agar dapat tayang dan bisa sampai kepada public, release tersebut harus dikirimkan ke berbagai media yang relevan. Kemudian, akan diseleksi oleh media sebelum akhirnya dipublikasikan di media tersebut.

Sumber

Sumber penulisan berita  bisa dari mana saja. Yakni, dari opini masyarakat atau pejabat publik, bisa dari peristiwa faktual yang sedang terjadi ataupun dari sumber tertentu. Bahkan bisa dari pres conference yang digelar oleh perusahaan tertentu.

Adapun untuk press release, sumbernya dari kegiatan atau sesuatu hal yang bersangkutan dengan perusahaan tersebut. Sebagai contoh mengenai press conference, peluncuran produk atau hal yang lainnya seputar perusahaan.

Sehingga, Anda tidak bisa menulis hal di luar yang tidak punya kaitan dengan perusahaan ataupun yang tidak dilaksanakan oleh perusahaan.

Tujuan

Secara mendasar, berita disusun dengan tujuan untuk menyampaikan suatu informasi terkini.

Fungsi berita adalah sebagai kontrol sosial, mendidik, memberi tahu, menyikapi ataupun membantu public untuk bisa memahami dan menyikapi peristiwa.

Oleh karena hal tersebut, dalam pembuatan berita, efek membacanya bisa beraneka ragam.

Sebaliknya, press release bertujuan tidak hanya untuk menyampaikan informasi seputar peristiwa mengenai perusahaan Anda. Namun juga tentang branding.

Artinya, press release ini bertujuan agar publik punya penilaian yang positif terhadap branding Anda. Dengan begitu akan ada banyak orang yang semakin banyak tahu mengenai perusahaan Anda.

Press release juga dapat berguna sebagai pengalihan isu negatif pada sebuah perusahaan.

Metodenya, adalah dengan mengeluarkan release yang berkaitan dengan fakta yang lebih bersifat menguntungkan organisasi.

Dengan begitu, orang yang membacanya akan lebih fokus pada sisi positif Anda dibandingkan sisi minus Anda.

Press release adalah sarana untuk menyampaikan informasi mengenai perusahaan.

Umumnya, public relation dari sebuah perusahaan, kerap memanfaatkan iklan koran untuk mengabarkan apa yang terjadi di dalam perusahaan. Namun, kini situasi sudah lebih maju dibandingkan di masa lalu.

Perusahaan dapat mengatur informasi yang ingin mereka sampaikan kepada publik. Salah satu langkah yang ditempuh oleh perusahaan adalah dengan menggunakan press release.

Dengan press release, perusahaan dapat memberitahukan tentang apa yang terjadi, serta hal apa saja yang sedang diberikan perusahaan.

“Press release adalah pemberitahuan resmi yang disampaikan perusahaan atau organisasi.

Pemberitahuan ini diberikan biasanya kepada media, koran, televisi, untuk kemudian lanjut disebarkan kepada khalayak,” demikian dikutip dari laman HubSpot.

Benarkah Press Release adalah salah satu metode Branding Terbaik?

Press release merupakan informasi yang dibuat dan disusun oleh Public Relations (PR) atau disebut Humas di suatu industri, organisasi, lembaga dengan tujuan menyampaikan informasi kepada publik melalui media massa atau surat kabar baik online maupun offline. 

Sederhananya, penafsiran Press release adalah sebuah berita  untuk surat kabar ataupun media massa. Google mengartikan Press release sebagai sebuah pernyataan formal yang memuat permasalahan tertentu untuk media massa.

Lalu, mengapa Branding? Sebagai contoh, ketika Anda ingin memperkenalkan usaha, perusahaan, startup ataupun produk anda, dengan keberadaan press release tentu membuatnya semakin dikenal masyarakat luas dan terpercaya.

Hal ini yang pada akhirnya meningkatkan trust dan mampu menambah customer. 

Sebab, media massa mempunyai traffic terbesar yang kemudian akan membawa brand awareness yang besar terhadap perusahaan, produk atau bisnis anda.

Kenapa Butuh Press Release?

Pertanyaanya, mengapa suatu industri atau lembaga butuh adanya Press release? Jawabanya dapat bermacam- macam.

Pasalnya, lembaga ataupun industri tersebut punya kebijakan baru, mengklarifikasi permasalahan tertentu, memiliki layanan yang berarti agar dikenal publik, atau sendang melaksanakan promo layanan terkini.

Press release dikeluarkan secara formal oleh industri yang bersangkutan, sehingga kekuatan informasi yang diberikan akurat.

Artikel Menarik Lainnya: