2 Cara Mengatur Suara di Android Saat Tombol Volume Rusak

Artikel saya tentang “cara mengatur suara di Android saat tombol volume rusak” ini perlu kamu tahu karena bisa jadi berguna saat dibutuhkan. Cara mengatur suara di HP Android biasanya dilakukan dengan menggunakan tombol volume yang ada di bagian samping HP.

Mengatur suara para HP sering dilakukan agar dapat menyesuaikan volume suara yang dihasilkan dengan kebutuhan. Pengaturan volume ini termasuk yang paling sering dilakukan sehingga peluang kerusakan pada bagian tombol volume tersebut pasti ada dan berpeluang terjadi.

Kerusakan Tombol Volume Menyebabkan Cara Mengatur Suara Android Susah Dilakukan

HP Android sebagai device atau perangkat yang digunakan terus menerus memiliki kerentanan untuk mengalam kerusakan di berbagai bagiannya. Salah satu bagian HP yang rentan akan kerusakan tersebut biasanya ada pada tombol fisiknya.

Di Era teknologi yang semakin modern saat ini, HP Android hanya menyisakan dua tombol fisik saja yakni Volume dan Power. Kedua tombol fisik tersebut yang dapat mengalami kerusakan karena memang digunakan secara terus menerus.

Kerusakan yang muncul pada tombol tersebut dapat mempengaruhi fungsinya termasuk cara mengatur suara di Android menjadi tidak bisa dilakukan. Bentuk kerusakan yang muncul pada tombol Volume biasanya seperti jungkat, pegas tombol hilang sehingga tersangkut, atau tombol terlepas.

Kendala yang muncul dari tombol volume tersebut menyebabkan suara dari HP Android tidak bisa diatur lagi. Permasalahan tersebut untuk jangka panjang dapat diselesaikan dengan memperbaiki tombol Volume ke penyedia layanan service.

Cara Mengatur Suara Di Android Saat Tombol Volume Mengalami Kerusakan

Kamu bisa memanfaatkan cara mengatur suara HP Android tanpa tombol volume untuk mengatasi masalah tersebut sementara. Pengaturan suara tanpa tombol volume dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa langkah alternatifnya yang disebutkan lewat penjelasan di bawah ini

1. Mengatur suara HP Android dengan memanfaatkan fitur Setting

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk bisa mengatur suara HP ketika tombol volume rusak adalah dengan menggunakan fitur Setting. Beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa mengatur suara tersebut lewat fitur Setting di antaranya, seperti :

  • Masuk ke fitur Setting yang ada pada Smartphone Android kamu
  • Temukan dan klik menu suara dan getar
  • Pada menu tersebut akan ada beberapa pilihan pengaturan termasuk volume

Selain mengatur volume, kamu bisa memanfaatkan menu Suara dan getar tersebut untuk mengaktifkan mode hening, mengatur nada dering, serta mengatur getar pada HP. Tanpa aplikasi, kamu tetap bisa mengatur suara ketika tombol volume rusak lewat fitur setting di HP Android.

2. Mengatur suara dengan memanfaatkan aplikasi

Selain cara mengatur suara di Android tanpa tombol Volume dengan memanfaatkan setting di atas, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi di Playstore. Ada beberapa aplikasi khusus yang memang dapat digunakan untuk mengatur suara tanpa harus menggunakan tombol volume.

Pilihan Aplikasi untuk Mengatur Suara HP Android Tanpa Tombol Volume

Seperti penjelasan terkait cara alternatif mengatur suara pada HP Android di atas, kamu bisa memanfaat aplikasi di Playstore untuk melakukannya. Ada beberapa pilihan aplikasi yang dapat digunakan demi bisa mengatur suara secara mudah, seperti disebutkan di bawah ini.

  1. Volume Control+, aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengatur suara HP Android secara langsung dan lebih mudah
  2. ChopCut, pilihan aplikasi lain yang juga bisa digunakan untuk mengatur suara tanpa tombol Volume di Android tersebut punya beberapa fungsi lain termasuk Equalizer, pengaturan suara notifikasi, serta ada fitur Widget
  3. Button Savior, aplikasi yang tidak perlu root untuk penggunaannya tersebut bukan hanya dapat mengatur tombol volume namun juga tombol lainnya di smartphone
  4. Assistive Touche, aplikasi ini mirip seperti tombol navigasi yang ada pada iPhone sehingga dapat membantu kamu dalam mengatur volume suara HP tanpa tombol volume

Dengan beberapa pilihan cara yang ada di atas, banyak alternatif yang bisa digunakan untuk mengatur suara. Pengaturan suara penting demi kenyamanan penggunaan smartphone. Cara mengatur suara di Android saat tombol volume rusak perlu diperhatikan baik lewat aplikasi yang lebih praktis maupun bukan.

Artikel Menarik Lainnya: