5 Contoh Saran Dalam Makalah Mahasiswa Bahasa Indonesia

5 Contoh Saran Dalam Makalah Mahasiswa Bahasa Indonesia

5 Contoh Saran Dalam Makalah Mahasiswa Bahasa Indonesia

5 Contoh Saran Dalam Makalah Pada era globalisasi sekarang ini sudah tidak asing lagi dengan nama makalah apalagi bagi para pelajar atau mahasiswa yang sudah menjadi tugas sehari-hari.

Dalam membuat saran makalah yang baik itu agar pembaca memahami topik isi materi yang telah ditulis itu harus seperti apa, oleh karena itu kami Media Mustakim akan membahasnya dalam artikel kali ini.

Penulisan Saran Dalam Makalah

Dalam penulisan saran Writer harus memperhatikan struktur dan kandungan membuat saran dalam makalah tersebut untuk mendapatkan saran yang baik dan tidak berputar putar dalam pembahasan.

Saran biasanya terdapat dalam bagian akhir tulisan paragraf yang ditulis dalam sebuah karya ilmiah seperti skripsi atau pun dalam majalah yang kita bahas sekarang ini.

Dalam pembuatan saran harus memperhatikan unsur-unsur karena saran merupakan poin penting dalam sebuah tulisan untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan dalam struktur berikut di bawah ini;

1. Memperhatikan Kata Penulisan Saran

Dalam sebuah tulisan seperti makalah tentu terdapat suatu saran yang ditulis namun dalam penulisan saran tidak begitu saja karena saran merupakan bagian poin penting dalam sebuah karya tulis. Dalam penulisan saran harus memperhatikan jumlah kata yang akan ditulis.

Penulisan saran jangan terlalu panjang juga jangan terlalu pendek dalam penulisan saran memiliki batas kata yang harus ditulis. Batas kata yang ditulis dalam mebuat saran sekurang-kurangnya yaitu 200 kata. Dalam panjang kata saran jangan melebihi panjang kata dari kesimpulan.

2. Mengandung Harapan

Dalam pembuatan saran juga harus terdapat kata kata yang memberikan unsur harapan kepada pembaca atau tulisan yang ditulis untuk memberikan ketertarikan minat pembaca dalam suatu topik yang di tulis.

Dengan penulisan saran yang baik selain dapat memberikan ketertarikan minat pembaca juga pembaca akan merasa tenang dan nyaman dalam membaca sebuah karya tulis seperti makalah atau pun skripsi sekalipun.

3. Mengandung Rekomendasi

Dalam pembuatan saran juga harus terdapat atau mengandung rekomendasi tentang tulisan atau pun temuan-temuan yang ditulis untuk mempermudah pembaca dalam mengetahui temuan temuan yang didapatkan dalam suatu topik tulisan dan untuk meningkatkan temuan temuan tersebut..

4. Memiliki Solusi

Dalam penulisan saran harus terdapat solusi tentang temuan temuan yang ditulis untuk mendorong peningkatan penulisan selanjutnya selain itu jika penulisan saran mengandung solusi maka dengan kata lain masalah tersebut akan dikembangkan oleh pembaca dalam penulisan karya selanjutnya.

Pengertian Saran Dalam Makalah

Dalam sebuah karya tulisan seperti makalah tentu terdapat suatu poin saran namun dalam penulisan saran dalam makalah tentu memiliki perbedaan penulisan dengan karya ilmiah lainnya seperti penulisan saran dalam skripsi. Karena skripsi mengkaji suatu ilmu tertentu dalam pembahasan topik tertentu.

Sehingga dalam penulisan saran dalam makalah memiliki pembahasan yang berbeda dengan karya ilmiah lainnya. Saran dalam Makalah merupakan karya tulis yang di ambil oleh seorang penulis dalam suatu tema yang ber fokus pada pengetahuan tertentu.

Sehingga saran dalam makalah penulis harus memperhatikan kaidah penulisan dan pengumpulan data sesuai dengan kaidah penulisan makalah agar saran dalam makalah penulis dapat mengungkapkan pendapatnya dan mengungkapkan harapannya memberikan perubahan yang baik.

Fungsi Saran Dalam Makalah

Fungsi saran dalam sebuah makalah yaitu dapat diartikan salah satu temuan dalam pembahasan tertentu seorang penulis untuk memberikan rekomendasi nya atau perkembangan untuk peningkatan tema nya kepada pembaca, sehingga pembaca akan mengangkat saran tersebut dalam sebuah topik pembahasan selanjutnya.

Dengan begitu fungsi saran merupakan suatu temuan temuan seorang penulis dalam penelitiannya yang di tulis dalam karya makalahnya yang akan menjadi salah satu topik atau temuan yang mudah di baca atau ditemukan oleh pembaca nya.

Poin Penting Saran Dalam Makalah

Penulisan saran dalam sebuah karya tulis bukan hanya untuk penulis saja melainkan saran untuk mendorong penulis selanjutnya dalam mengembangkan ide-ide yang berkaitan dengan masalah masalah peneliti sebelumnya.

Poin penting saran dalam pembuatan sebuah karya tulis saran harus terdapat poin poin sebagai berikut.

1. Memiliki Pendapat

Saran harus memiliki pendapat dari seorang penulis mengenai topik dalam pembahasan yang diteliti atau dilakukan. Pendapat atau gagasan dalam penulisan saran yaitu pikiran dari seorang penulis yang menerangkan sebenarnya dalam masukan masukan sebuah temuan dalam pembahasan atau penelitiannya.

2.Memiliki Keinginan

Keinginan dalam penulisan saran merupakan suatu harapan seorang penulis mengenai penilaian atau akan ada perubahan yang di inginkan dari seorang penulis mengenai suatu temuan dalam tema tersebut yang telah di telitinya.

Perbedaan Saran dan Kesimpulan dalam Makalah

Untuk kamu dalam menulis makalah jangan sampai salah penulisan saran dan kesimpulan dalam penulisan makalahnya karena saran dan kesimpulan memiliki peran dan fungsi yang berbeda.

Saran merupakan suatu ungkapan atau harapan dari seorang penulis dalam mempertimbangkan penilaian temuannya dalam masalah tersebut akan mendapatkan solusi atau pemecahan masalah yang lebih baik yang dilakukan oleh pembaca selanjutnya.

Sedangkan kesimpulan merupakan poin yang didapatkan oleh seorang penulis dalam menganalisa dan menafsir data yang sudah ada. Sehingga dengan adanya kesimpulan pembaca dapat menarik data dalam memahami topik yang ada dalam sebuah makalah.

5 Contoh Saran Dalam Makalah

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat kamu baca untuk menjadikan sebagai gambaran dalam penulisan saran dalam sebuah makalah yang kamu tulis, beberapa contoh saran dalam makalah dengan topik yang berbeda yang telah kami tulis sebagai berikut.

  1. Dalam memperingati Hari Raya Kemerdekaan seharusnya masyarakat itu tidak hanya bersukaria saja seperti mengikuti bermacam perlombaan-perlombaan yang diadakan oleh panitia tanpa tidak ingat dan men do’a kan para pahlawan yang telah tiada berjuang untuk memerdekakan bangsa ini dari penjajah sampai merdeka seperti pada saat ini.
  2. Seharusnya mata pelajaran bahasa inggris itu di adakan di sekolah jenjang SD itu sejak dulu karena ketika anak tersebut lulus dan mulai belajar mata pelajaran bahasa inggris di Jenjang SMP untuk Sekolah yang ada di daerah siswa tersebut belajar sangat sulit sekali .
  3. Perkembangan psikologi sosial seharusnya di sosialisasi kan kepada seluruh orang tua agar mereka dapat membina dan mengawasi anaknya dengan baik. Tontonan apa saja yang mereka akses melalui jaringan internet seharusnya dapat di awasi dengan baik agar mereka tidak mencontoh hal-hal yang baik “Gramedia.com”.
  4. Penelitian ini memang belum sempurna dan perlu ditingkatkan untuk keefektivitasan dan pemanfaatan nilai guna GELING (Gembok Anti Maling) dengan menggunakan sensor inti, yaitu dengan menggunakan metode yang digunakan bersifat konseftulisasi “Gramedia.com”.
  5. Jika fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola objek wisata kurang, nantinya di khawatirkan akan menurunkan nilai yang bisa menyebabkan tutup atau bangkrut nya objek wisata tersebut. Pihak pengelola harus membuat fasilitas yang baik seperti musala, toilet, spot foto dan sebagainya tanpa harus mematok harga untuk menggunakan fasilitas tersebut agar para pengunjung merasa sangat senang ” Gramedia.com”.

Akhir Kata

Dengan banyaknya jenis-jenis karya ilmiah sehingga mendorong dan memberikan pengetahuan tentang aturan dan kaidah-kaidah penulisan seperti aturan dalam membuat saran dalam makalah yang telah kita bahas dalam artikel ini.

Dengan begitu adanya saran dalam makalah penulis dapat mengungkapkan argumen- argumennya yang akan memberikan harapan perubahan selanjutnya kepada pembaca. Dan akhir kata kami ucapkan terimakasih kepada para pembaca semoga artikel ini memberikan manfaat dan wawasan yang baik.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: