8 Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang Berdasar Penyebabnya

Kamu pernah mengalami HP Oppo yang hang dan tidak dapat digunakan? Tenang, kamu tidak perlu khawatir karena di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi HP Oppo ngehang.

Tidak hanya cara mengatasi tapi mari kita simak juga apa penyebab HP Oppo kamu mengalami hang. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab HP Oppo Mengalami Ngehang

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi HP Oppo ngehang alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu apa saja penyebab HP Oppo mengalami ngehang. Dan hal ini penting supaya smartphone nantinya tidak mengalami masalah yang sama.

Dan berikut beberapa penyebab kenapa HP Oppo kamu mengalami hang, diantaranya adalah:

1. Sistem Tidak Stabil

Penyebab yang pertama sistem android yang beroperasi dengan tidak stabil bisa menyebabkan fitur atau aplikasi yang terpasang mengalami error. Maka dari itu jika ada update sistem atau aplikasi maka lakukan update tersebut untuk meningkatkan performa sekaligus memperbaiki bugs.

2. Memori Penuh

Selanjutnya memori internal yang penuh akan membuat membuat performa smartphone mengalami penurunan. Dan faktor ini umumnya dikarenakan banyaknya aplikasi terlalu besar. Dan file yang jarang dibersihkan, dan bahkan file media yang sangat banyak membuat HP jadi hang dan tidak bisa digunakan.

3. Membuka Banyak Aplikasi

Penyebab lainnya yaitu karena banyaknya aplikasi yang di buka secara bersamaan dan semakin banyaknya aplikasi yang dibuka maka secara otomatis perangkat juga akan bekerja secara maksimal.

Dengan begitu, jika spek yang dimiliki kurang memadai maka akan menjadi ngblank. Hal ini biasa terjadi pada smartphone yang memiliki kapasitas ruang penyimpanan di bawah 4 GB.

4. Serangan Virus atau Mallware

Selanjutnya virus biasanya berasal dari website atau situs terlarang yang sering dikunjungi oleh pengguna. Sedangkan malware bisa menyerang ponsel jika mengunduh aplikasi hasil modifikasi yang sudah pasti tidak terjamin privasi atau keamanannya.

5. Hardware Mengalami Kerusakan

Kerusakan hardware bisa terjadi karena usia, terbakar karena overheat, sering terjatuh, atau kemasukan air. Namun untuk penyebab ini tidak bisa dikatakan secara pasti perlu dilakukan pengecekan secara detail.

Dan mencari komponen mana yang rusak atau hanya mengalami error dan itulah salah satu penyebab Oppo ngehang.

6. Terdapat Bugs Pada Aplikasi

Kemudian selain penyebab di atas bisa juga ngehang di sebabkan karena terdapat bugs pada aplikasi dan tentunya hal ini bisa menyebabkan HP Oppo kamu mengalami hang.

7. Kesalahan Desain dari Oppo

Dan penyebab terakhir bisa jadi ponsel Oppo yang kamu gunakan memiliki cacat desain. Mengingat dalam beberapa kasus, ada beberapa tipe Oppo yang baru dibeli dengan pemakaian selama beberapa hari mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi HP Oppo yang Ngehang dengan Mudah

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa HP Oppo mengalami hang selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi HP Oppo ngehang. Ternyata ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Adn berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika HP Oppo kamu mengalami ngheang, diantaranya adalah:

1. Hapus data Aplikasi

Nah, untuk cara mengatasi HP Oppo ngehang yang pertama kamu bisa hapus data aplikasi dan biasanya cara ini cukup efektif untuk bisa digunakan kamu bisa ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama kamu bsia buka pengaturan pada ponsel Oppo yang kau miliki
  • Selanjutnya kamu bisa pilih manajemen aplikasi dan temukan serta pilih aplikasi
  • Kemudian setelah itu kamu bisa klik hapus data untuk menghapus data aplikasi
  • Dan konpirmasi penghapusan dengan tap “Hapus”
  • Selesai

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Nah, untuk pengguna HP Oppo kelas mid-range hal ini tidak begitu berpengaruh tapi untuk ponsel kelas low-and penurunan performa akan sangat terasa. Dan berikut cara mengatasi HP Oppo ngehang dengan hapus aplikasi tidak dibutuhkan begini rasanya:

  • Langkah pertama buka menu pengaturan pada ponsel Oppo kamu
  • Selanjutnya pilih manajemen apliaksi
  • Temukan aplikasi
  • Dan ketuk hapus untuk menghapus aplikasi
  • Dan klik ok

3. Membersihkan Memori Internal

Selain cara di atas kamu juga bisa melakukan pembersihan pada memori internal HP Oppo kamu untuk cara mengatasi HP Oppo ngehang, seperti file video, foto, dokumen, dan sejenisnya sebaiknya simpan pada memori eksternal saja.

Dan jika da notifikasi memori penuh maka sebaiknya kamu kosongkan memori internal segera mungkin agar HP Oppo kamu tidak mengalami hang.

4. Melakukan Pembaruan Sistem

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan pembaruan sistem dan hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa dan stabilitas ponsel Oppo yang kamu miliki. Pengembang biasanya juga melakukan perbaikan pada aplikasi.

Itu artinya, apabila terdapat bugs pada aplikasi maka bugs tersebut akan diperbaiki aplikasi sehingga aplikasi lebih stabil dan optimal saat digunakan.

5. Perbarui ColorOS

Cara mengatasi HP Oppo ngehang kamu juga bisa memperbarui colorOs dan berikut langkahnya:

  • Pertama buka menu oengaturan pada ponsel Oppo kamu
  • Pilih menu pembaruan perangkat lunak dan lakukan pembaruan ColorOS jika tersedia versi terbaru
  • Gunakan koneksi internat Wifi agar update berjalan lancar
  • Dan selesai

6. Perbarui Aplikasi dan Game

Selain itu kamu juga bisa memperbarui aplikasi dan game, begini caranya:

  • Buka Google Play Store pada Oppo kamu
  • Masuk ke halaman aplikasi dan game saya
  • Klik update semua untu melakukan pembaruan pada semua aplikasi terinstal
  • Selesai

7. Jangan Instal Aplikasi Modifikasi

Aplikasi MOD atau aplikasi Modifikasi ini merupakan aplikasi yang tidak resmi dan tentunya akan berbahaya untuk kamu download. Karena harus mengizinkan sumber tidak dikenal.

Karena ada beberapa aplikasi MOD yang menyisipkan mallware atau virus dalam aplikasinya sehingga kamu perlu berhati-hati dalam menginstal.

8. Kurangi Aktivitas yang Berlebihan

Tips cara mengatasi HP Oppo ngehang selanjutnya kamu bisa mengurangi aktivitas berlebihan karena akan menyebabkan HP kamu overheat atau terlalu panas. Dan jika dilakukan terus menerus maka akan mengakibatkan kerusakan komponen hardware.

Dan berikut beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah:

  • Ketika ponsel panas kamu bisa istirahatkan terlebih dahulu agar komponen hardware tida rusak
  • Jangan menggunakan ponsel saat di cas terutama menggunakan aktivitas berat seperti main game atau pun melakukan kegiatan ringan seperti chatting dan lainnya
  • Hindari juga menggunakan ponsel berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan kau dan akan membuat stres akibat berlama-lama menggunakan ponsel secara berlebihan

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Apa penyebab tersering HP Oppo mengalami hang?

Yang selalu membuat HP Oppo ngehang adalah bugs atau mallware namun faktor kompabilitas dan spesifikasi juga tidak bisa dihindari.

Bagaimana cara merawat HP agar tidak mengalami hang?

Kamu perlu pastikan tidak download aplikasi MOD, tidak berlebihan menggunakan HP hingga overheat, tidak menumpuk aplikasi dan file yang tidak penting dan masih banyak lagi yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: