Alasan Laptop Acer Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Alasan Laptop Acer Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Ada beberapa penyebab laptop Acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, hal itu harus diatasi dengan tepat. Masalah pada perangkat sangat mengganggu apalagi kalau kamu mau bekerja, belajar, atau sekadar menonton hiburan.

Penyebab Laptop Acer tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Sebelum ke cara mengatasi, coba kenali dulu penyebab laptop acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup berikut ini.

1. Terdapat Masalah pada RAM

Tidak semua seri laptop Acer dilengkapi RAM yang besar kalau kapasitasnya sudah penuh biasanya menimbulkan masalah. Masalah RAM menjadi salah satu penyebab laptop acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

Masalah ini ditandai dengan black screen saat laptop dinyalakan. Pastikan kamu tidak menjalankan program yang besar supaya performa perangkat tidak terganggu. Jika kebiasaan ini dibiarkan, kinerja menurun dan perangkat bisa rusak.

2. Terjadi Kerusakan pada Kabel Charger

Masalah lainnya bisa diakibatkan karena ada kerusakan pada kabel charger. Setiap perangkat harus diisi daya agar bisa menyala dan digunakan dalam waktu lama.

Jika kabel pengisi daya mengalami kerusakan hal itu menjadi penyebab laptop acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

3. Terdapat Kerusakan pada Bagian Sistem Operasi

Meski sudah ada Acer Chromebook, namun sebagian orang ada yang masih menggunakan sistem windows. Kondisi laptop Acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa juga karena windows mengalami kerusakan.

Kerusakan pada sistem operasi juga bisa disebabkan beberapa hal salah satunya kesalahan ketika install driver atau adanya virus. Ketika terjadi kerusakan, biasanya ditandai blue screen sehingga tidak menampilkan apa pun.

4. Ada Gangguan pada Hard Disk

Masalah laptop Acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup biasa terjadi kalau ada masalah pada hard disk. Jika Hard Disk mengalami kerusakan, dampaknya sangat terlihat pada kinerja perangkat.

Hard Disk tak hanya untuk menyimpan data tapi membaca semua jenis data serta menjalankan perangkat. Apabila ada masalah pada perangkat Hard Disk, biasanya saat perangkat dinyalakan akan ada bunyi.

5. Terdapat Masalah pada Baterai

Ketika baterai laptop mengalami kerusakan pasti berpengaruh pada perangkat. Kerusakan baterai juga bisa karena selalu mengisi daya dalam waktu yang lama. Selain itu, kamu juga tidak disarankan menggunakan perangkat pada saat mengisi daya.

Mengatasi Laptop Acer Tidak Mau Menyala

Setelah mengetahui penyebab laptop acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, berikut cara mengatasi masalah tersebut.

1. Beli Charger Baru

Tak sulit menemukan charger baru untuk laptop merek Acer sebab merek laptop yang satu ini sangat terkenal di Indonesia. Kalau kondisi perangkat sudah menurun sebaiknya langsung diganti.

2. Periksa Kondisi Baterai atau Ganti dengan yang Baru

Untuk mengatasi masalah laptop Acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup coba periksa kondisi baterai. Jika benar baterai sudah rusak, lebih baik ganti dengan yang baru supaya tidak mengganggu kinerjanya.

3. Ganti Hard Disk Internal

Kalau penyebab laptop Acer tidak menyala karena hard disk, coba ganti perangkat tersebut. Masalah hard disk yang rusak bisa mengganggu bahkan membuat laptop tidak berfungsi dengan baik.

Untuk menjalankan sistem operasi, silakan ganti hard disk internal dengan yang baru. Konsulitasikan ke Acer service center untuk mengganti hard disk internal.

4. Coba Install Ulang

Kalau laptop Acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup coba install ulang sistem operasi. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, coba minta bantuan service center untuk mengatasi hal tersebut.

5. Perbaiki atau Ganti RAM

Kamu bisa coba membersihkan data yang tidak penting agar mengurasi data di RAM. Selain itu, kamu juga dapat meminta bantuan ke service center untuk membersihkan komponen RAM. Kalau kondisinya sudah tidak memungkinkan, lebih baik ganti RAM dengan yang baru.

6. Periksa Layar

Apabila laptop tidak mau menyala coba matikan perangkat lalu nyalakan ulang jika hasilnya masih sama bawa perangkat ke service center. Jika terjadi kerusakan pada layar, minta layar LCD diganti dan komponen yang berkaitan diperbaiki.

7. Coba Masuk ke Mode Aman

Selain itu, kamu juga dapat mencoba masuk ke mode aman bila masalah tersebut sudah terjadi.

  • Cara masuk ke mode aman di laptop Acer sangat mudah yakni dengan menekan tombol windows+I.
  • Setelah itu pilih pengaturan, pilih menu “perbarui & keamanan” lalu ke “pemulihan”
  • Berikutnya pilih “Pengaturan Pemulihan”
  • Klik “Mulai ulang sekarang”
  • Kemudian, pilih “Choose an Option” klik “Troubleshoot” dan akses “Advanced Options” klik “Startup Setting” dan restart ulang

8. Matikan Laptop dengan Cara Force Shutdown

Untuk mengatasi masalah laptop Acer tidak bisa nyala tapi lampu power hidup salah satunya dengan force shutdown. Tekan tombol power selama 10 detik untuk mematikan laptop secara paksa.

FAQ: Pertanyaan Seputar Laptop Acer tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Apakah Masalah Laptop Acer Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup?

Jika masalah terletak pada Hard Disk, maka data-data penting kemungkinan saja bisa menghilang. Oleh sebab itu, kamu harus selalu menyimpan data pada layanan Cloud supaya ada data cadangan.

Apakah VGA dapat Menyebabkan Masalah Laptop tidak Menyala?

Hal itu bisa saja terjadi, kalau terjadi gangguan pada laptop coba periksa VGA dan perbaiki masalahnya. Kamu dapat memperbaiki masalah VGA ke service center agar laptop dapat diperbaiki lagi.

Apakah Perangkat Akan Menyala dengan Normal Setelah Diperbaiki?

Tentu saja, jika diperbaiki, perangkat akan kembali stabil dan bisa digunakan untuk semua kebutuhan. Ketika ada masalah langsung periksa dan perbaiki sesuai kerusakan pada perangkat.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: