8 Alasan Pengajuan Pinjaman KUR BRI Ditolak

8 Alasan Pengajuan Pinjaman KUR BRI Ditolak

Menambah modal usaha semakin mudah karena ada layanan KUR (kredit usaha rakyat) yang disediakan bank BRI. Tapi, bagaimana kalau pengajuan pinjaman KUR BRI ditolak? Kenali penyebab, hingga syarat pengajuan KUR agar disetujui.

Pengajuan Pinjaman KUR BRI Ditolak? Berikut 8 Penyebabnya

Ada beragam persyaratan yang harus dilakukan supaya pinjam modal usaha ke bank disetujui. Biasanya bank akan mempertimbangkan berdasarkan data kredit dan KTP nasabah. Bank BRI akan memeriksa persyaratan pengajuan dan hal lainnya.

Jika pengajuan pinjaman KUR BRI ditolak, boleh jadi inilah penyebabnya.

1. Jaminan tidak Memenuhi Syarat

Calon debitur wajib mempunyai jaminan agar pengajuan diterima dan menghindari kesulitan bayar angsuran. Kalau jaminan yang kamu ajukan tidak memenuhi syarat kemungkinan besar pengajuan akan ditolak.

2. Tidak Mempunyai Kegiatan Usaha

Pengajuan pinjaman KUR BRI ditolak bisa juga disebabkan karena tidak memiliki kegiatan usaha. Biasanya surveyor dari bank akan memeriksa lokasi usaha Anda, kalau belum punya usaha pinjaman tidak akan disetujui.

3. Tujuan Pinjaman tidak Jelas

Layanan ini dipersiapkan BRI untuk membantu UMKM kalau kamu berencana menggunakan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif pasti akan ditolak. Bank akan menilai potensi terjadi kredit macet kalau pengajuan diterima.

4. Nasabah Memiliki Tunggakan yang Belum Dibayar

Bank akan memeriksa BI checking kamu untuk meninjau tidak ada masalah. Kalau misalnya berdasarkan BI checking, masih ada tunggakan yang belum dilunasi bahkan gagal bayar di aplikasi kredit pengajuan pasti ditolak.

5. Data Kamu Masuk Daftar Hitam SLIK OJK

Hati-hati, pengajuan pinjaman KUR BRI ditolak kalau riwayat kredit kamu buruk. Pastikan tidak punya hutang kredit baik di bank maupun aplikasi kredit.

6. Berkas Kurang Lengkap

Penyebab lainnya pinjaman KUR ditolak karena berkas yang diberikan kurang lengkap. Dokumen administrasi ini sangat penting untuk memastikan tidak ada manipulasi data.

7. Usaha yang Dijalankan Kurang dari 6 Bulan

Kalau baru 1 minggu atau 1 bulan membuka usaha kemudian mengajukan pinjaman ke bank kemungkinan akan ditolak. Alasannya, jumlah pendapatan yang diraih dari usaha tersebut belum jelas dan dikhawatirkan menyebabkan pelunasan terhambat.

8. Sedang Menerima Kredit dari Bank Lain

Kemungkinan lainnya pengajuan pinjaman KUR BRI ditolak karena kamu sedang menerima kredit konsumtif dari bank BRI maupun bank lain. Bagi kamu yang punya cicilan KPR, kartu kredit, dan KKB pasti tidak bisa mengajukan pinjaman modal usaha.

Persyaratan Pengajuan Pinjaman KUR BRI Agar tidak Ditolak

Pengajuan pinjaman KUR BRI ditolak? Jangan khawatir ajukan kembali sesuai persyaratan berikut.

1. KUR Mikro Bank BRI

Pinjaman kredit usaha rakyat mikro akan menerima pinjaman hingga 50 juta. Kalau mengajukan kredit modal kerja tenor mencapai 3 tahun.

Sementara itu, kalau mengajukan kredit investasi masa pinjaman 5 tahun. Tidak ada biaya administrasi maupun provisi hanya saja suku bunga per tahun 6%.

  • Telah menjalankan usaha sendiri secara produktif
  • Usaha aktif lebih dari 6 bulan
  • Tidak memiliki kredit perbankan seperti KPR, KKB, maupun kartu kredit
  • Memberikan berkas administrasi berupa surat izin usaha, bukti laporan keuangan (jika ada), KTP, serta Kartu Keluarga

2. KUR Kecil Bank BRI

Untuk kredit usaha rakyat kecil, kamu dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50.000.000 – Rp 500.000.000. Tenor secara kredit modal kerja 4 tahun sedangkan kredit investasi memiliki masa pinjaman hingga 5 tahun.

Berbeda dengan kredit usaha rakyat mikro, pengajuan KUR kecil membutuhkan agunan sesuai aturan dan suku bunga 6% per tahun.

  • Usaha yang dijalankan layak serta produktif
  • Pemilik usaha tidak memiliki tunggakan maupun kredit perbankan
  • Usaha sudah berlangsung 6 bulan atau lebih
  • Punya surat izin usaha IUMK maupun bukti lainnya

3. KUR TKI Bank BRI

Kredit usaha untuk TKI mendapatkan limit pinjaman Rp 25.000.000, limit bisa berubah mengikuti aturan pemerintah. Nilai suku bunga sama dengan kredit mikro atau kredit kecil. Namun masa pinjaman mencapai 3 tahun.

KUR TKI dapat diajukan bila ditempatkan di negara Malaysia, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Hongkong.

  • TKI akan berangkat atau sudah bekerja di negara yang disetujui bank BRI
  • Melampirkan bukti kerja sama antara TKI dan pengguna jasa
  • Perjanjian penempatan serta passport
  • Memberikan identitas KTP serta Kartu Keluarga

Agar terhindar pengajuan pinjaman KUR BRI ditolak, kamu harus menghindari tunggakan agar BI checking bagus.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: