Alat Musik Sumatera Selatan dan Penjelasannya (Lengkap)

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki seni dan budaya yang berbeda beda, terutama di daerah Sumatera Selatan ini. Ada beberapa ciri khas seni yang dimiliki oleh daerah Sumatera selatan ini, dalam hal alat musik misalnya.

Alat musik Sumatera Selatan ini, sering digunakan oleh orang-orang di sana sebagai pengiring seni pertunjukan tradisional. Penggunaan dari alat musik ini sama hal nya dengan alat musik tradisional di daerah lain di Indonesia.

Alat Musik Sumatera Selatan

Sumatera Selatan memiliki beberapa alat musik yang menjadi khas nya tersendiri, berikut beberapa alat musik Sumatera Selatan yang menjadi ciri khas nya.

1. Burdah

Masyarakat Sumatera selatan sering menyebut burdah dengan sebutan OKU. OKU merupakan sebutan dari masyarakat di sana yang memiliki sebuah arti, arti dari OKU sendiri adalah Ogan Komering Ulu. Alat musik ini sering digunakan sebagai upacara adat lokal dan berperan sebagai alat musik ritmis.

Burdah atau OKU merupakan sebuah alat musik tradisional masyarakat Sumatera Selatan yang berjenis seperti gendang yang terbuat dari bahan kulit hewan dan kayu pohon nangka. Alat musik ini memiliki ukuran yang lumayan besar sebagai sebuah alat musik.

Burdah atau Oku ini dimainkan dengan cara menepuk bagian kulit membrannya menggunakan telapak tangan. Selain digunakan untuk mengiringi acara adat lokat, burdah atau OKU ini sering dimainkan juga sebagai pengiring gerakan pencak silat.

2. Tenun

Tenun merupakan alat musik khas Sumatera Selatan yang terbuat dari kayu yang berbentuk persegi panjang dan mempunyai bentuk menyerupai ornamen segitiga pada bagian tengah alat musik ini. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul pada bagian yang berbentuk seperti ornamen segitiga tersebut.

Pada awalnya alat musik ini sering digunakan para wanita ketika mengerjakan tenunan kain dan akhirnya alat musik tersebut dinamakan tenun sesuai kegiatan yang sering dilakukan menggunakan alat tersebut.

Penting kamu ketahui bahwa alat musik ini tidak mengeluarkan irama ketika dipukul, melainkan hanya mengeluarkan bunyi saja. Dan alat musik ini biasanya akan dimainkan ketika ada acara lokal.

3. Genggong

Genggong merupakan alat musik yang mengeluarkan suara yang mirip seperti harmonika, alat musik ini juga dimainkan menggunakan mulut pemain genggong tersebut dan hasil yang dikeluarkan dari alat musik tersebut tergantung keahlian dari pemain genggong tersebut.

Pada zaman dulu, alat musik ini sering digunakan oleh para petani sebagai hiburan atau pengisi waktu luang ketika melakukan kegiatan di sawah.

alat musik genggong ini sendiri terbuat dari bahan bambu, kayu atau logam.

4. Terbangan

Terbangan merupakan alat musik Sumatera Selatan yang masih sejenis dengan alat musik rebana, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul sama hal nya dengan alat musik pukul lainnya dan harus dimainkan secara bersamaan dengan alat musik serunai dan biola.

Terbangan itu sendiri terdiri  dari 4 jenis rebana yaitu hadrah dan sebuah bedug kecil atau jidur.

5. Kenong Basenah

Alat musik tradisional yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena alat musik ini sering dijumpai pada ansambel gamelan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul kayu yang ujungnya di lilit menggunakan kain.

Alat musik ini sendiri memiliki bentuk yang menonjol pada bagian tengah lingkaran sebagai tempat yang harus dipukul. Alat musik ini bertugas sebagai penegas nada sebagai penekan sebuah lagu yang memiliki arti yang bermakna dalam.

6. Kulintang

Kulintang merupakan salah satu alat musik tradisional Sumatera selatan yang terdiri dari susunan logam kecil dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat khusus yang dibuat sebagai pemukul alat tersebut.

7. Gambus

Gambus merupakan alat musik Sumatera Selatan yang dimainkan dengan cara dipetik dan berguna sebagai alat musik yang beraliran melodis dan bagus sebagai pengiring lagu yang bernuansa religi. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu dan mempunyai 6 dawai.

8. Gong

Gong juga merupakan salah satu alat musik tradisional di Sumatera Selatan terbuat dari bahan kuningan dan dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini biasa dimainkan pada saat acara adat di Sumatera Selatan.

9. Terompet

Terompet merupakan alat musik klasik Sumatera Selatan yang digunakan sebagai pengiring acara-acara tertentu. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara ditiup menggunakan mulut kalian dan alat musik ini terbuat dari bahan stenlis.

10. Biola

Biola khas Sumatera Selatan ini memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan bentuk biola yang berasal dari Eropa, alat musik ini biasa dimainkan sebagai pengiring lagu ketika upacara adat melayu.

11. Kecapi

Kecapi merupakan salah satu alat musik Sumatera Selatan yang digunakan sejak lama oleh penduduk Jawa yang berada di daerah Sumatera Selatan. Kecapi ini sama halnya dengan kecapi Jawa pada umumnya.

12. Marawis

Marawis merupakan alat musik Sumatera Selatan yang digunakan sebagai pengiring lagu religi pada acara keagamaan. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu dan kulit binatang yang disertai tali.

13. Seruling

Seruling merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang terdiri dari beberapa lubang. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup dan menggunakan jari sebagai penutup lubang untuk mengatur melodi.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Alat Musik Sumatera Selatan)

Apa Arti Nama OKU Pada Alat Musik Sumatera Selatan?

OKU merupakan sebutan dari masyarakat di sana yang memiliki sebuah arti, arti dari OKU sendiri adalah Ogan Komering Ulu.

Apakah Alat Musik Tenun Digunakan untuk Mengerjakan Tenunan?

Pada awalnya alat musik ini sering digunakan para wanita ketika mengerjakan tenunan kain dan akhirnya alat musik tersebut dinamakan tenun sesuai kegiatan yang sering dilakukan menggunakan alat tersebut.

Artikel Menarik Lainnya: