Apa Itu Indodana Paylater? Ini Fitur dan Kelebihannya

Apa Itu Indodana Paylater

Fitur Paylater pastinay sudah tidak asing lagi bukan? Dimana fitur Paylater ini yaitu sebuah fitur yang bisa melayani kamu belanja sekarang bayar nanti. Dan kali ini kita akan bahas mengenai Indodana.

Indodana sendiri merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang telah bekerjasama dengan beberapa marketplace untuk menjalankan fitur paylaternya. Bagi kamu yang belum tahun apa itu Indodana Paylater simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa Itu Indodana Paylater?

Di sadur dari laman indodana.id bahwa Indodana adalah sebuah platform Fintech Lending dari PT Artha Dana Teknologi yang didirikan sejak November 2017 dan mendapatkan izin OJK sejak Mei 2020.

PT Artha dana Teknologi memberikan layanan pinjaman, cicilan tanpa kartu kredit, kredit HP dan layanan Paylater lainnya.

Dan berawal dari banyaknya permintaan masyarakat yang tidak berhasil mendapatkan pelayanan produk keuangan oleh bank di Indonesia.

PT. Artha dana Teknologi menghadirkan Indodana sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai produk keuangan.

Indodana memulai perjalanannya pada September 2017 pada Maret 2018 Indodana juga telah terdaftar di OJK dengan dasar hukum pelaksanaan usaha Surat OJK S-235/NB.213/2018. Pada 19 Mei 2020. Indodana telah mendapatkan izin OJK KEP 15/d.05/2020.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Indodana Paylater adalah layanan kredit digital yang bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa secara kredit di berbagai merchant yang sudah bekerjasama dengan Indodana.

Indodana sendiri memiliki kemudahan dalam proses belanja dengan metode pembayaran baru yang cepat dan aman. Semua proses online langsung dari smartphone kamu.

Belanja sekarang bayar nanti. Transaksi jadi lebih praktis lewat pembayaran tanpa kartu kredit. Selain itu bisa juga mengatur pembayaran cicilan sesuai dengan tenor yang diinginkan. Dan Indodana sendiri menyediakan tenor yang cukup beragam.

Dan pengguna Indodana Paylater juga akan mendapatkan tenor cicilan yang ditentukan dari besarnya limit kredit dan harga barang atau juga layanan yang dibeli.

Dan beberapa merchant yang telah bekerjasama dengan Indodana Paylater adalah ada Tokopedia, Erafone, MNC Play, MNC Vison, Cermati.com, Relali.com, hartono, Hush Pupples, Kalbe Store dan masih banyak lagi lainnya.

Fitur Dari Layanan Indodana Paylater

Nah, setelah memahami apa itu Indodana Paylater kamu juga perlu pahami apa saja fitur yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Indodana Payaleter. Tenang, kamu akan mengetahui apa saja fitur yang bisa kamu dapatkan.

Dimana fitur tersebut tentunya memberikan banyak keuntungan. Apa saja fitur yang ada di layanan Indodana paylater? Ini penjelasan lengkapnya:

1. Proses Cepat

Nah, fitur dari layanan Indodana Paylater yang pertama yaitu kamu akan mendapatkan limit hingga Rp. 25.000.000.- dengan proses pengajuan dan persetujuan yang cepat maksimal yaitu 1 x 24 jam

2. Cicilan Ringan

Selanjutnya perlu kamu ketahui juga bahwa Indodana Paylater ini memiliki fitur lainnya yaitu dimana layanan ini menyediakan cicilan dengan bunga yang cukup ringan kamu dapat mencicil produk-produk idaman hingga tenor waktu 12 bulan.

3. Aman

Untuk fitur unggulan selanjutnya dari Indodana Paylater adalah bahwa aplikasi ini aman. Indodana Paylater menggunakan teknologi mutakhir untuk menjaga privasi kamu.

4. Berizin dan Diawasi OJK

Kemudian selain itu Indodana Paylater ini juga merupakan platform fintech lending yang sudah berizin dan diawasi oleh Otorisasi Jasa Keuangan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena Indodana ini layanan yang legal.

5. Syarat Pengajuan Mudah

Dan tentunya fitur unggulan lainnya mengenai Indodana Paylater yaitu adalah syarat pengajuan yang mudah dengan menggunakan informasi pribadi dan tanpa agunan kamu sudah bisa menikmati fitur Indodana Paylater.

Syarat Mengajukan Indodana Paylater

Selain mengetahui apa itu Indodana Paylater dan beberapa fitur unggulannya. Kamu juga perlu mengetahui apa saja syarat untuk bisa mengajukan Indodana Paylater? Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan atau syarat untuk mengajukan Indodana Payalter, yaitu:

  • Syarat yang pertama yaitu kamu perlu memiliki pendapatan minimum sekitar Rp.3.500.000,- per bulan
  • Selanjutnya pemohon harus memiliki usia sesuai ketentuan yaitu minimal 20 tahun dan maksimal 65 tahun
  • Selanjutnya merupakan warga asli Indonesia dengan dibuktikan memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Selanjutnya kamu perlu memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan kurang lebih 3 bulan atau lebih
  • Kemudian selain itu kamu perlu memiliki penghasilan tetap dan sudah bekerja minimal selama 3 bulan
  • Memilih tenor cicilan mulai dari 30 hari hingga 12 bulan
  • Area layanan yang bisa di jangkau oleh Indodana Paylater adalah area: Jabotabek, Tangerang, Kab. Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Cilegon, Cianjur, Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, Sukabumi. Surabaya. Sidoarjo, Malang, Jember. Pasuruan, Denpasar, Bandung, batam. Palembang, bandar lampung, Jambi, Medan, Padang, Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Makasar, Samarinda, dan Manado.

Dokumen Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pengajuan Indodana Paylater

Nah, selain memenuhi semua syarat di atas kamu juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen untuk melakukan pengajuan Indodana Paylater. Lantas apa saja dokumen yang perlu dipersiapkan?

Berikut beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan agar pengajuan kamu diterima dengan baik oleh pihak Indodana Paylater, diantaranya adalah:

  • Pertama sediakan foto KTP
  • Foto Selfie dengan KTP jadi sediakan kamera yang beresolusi tinggi agar hasil foto jernih dan bagus
  • Selanjutnya persiapakan akun internet banking/BPJS Ketenagakerjaan/NPWP 

Jenis Layanan Indodana Paylater

Ada dua jenis layanan Indodana yang bisa kamu nikmati yaitu ada layanan Indodana Paylater atau Indodana dana Tunai. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Paylater

Layanan Paylater Indodana adalah layanan kredit digital yang bisa digunakan untuk membeli suatu barang atau jasa dengan metode cicilan di berbagai merchant rekanan Indodana.

Layanan ini juga memiliki cara kerja yang sama dengan beberapa layanan paylater lainnya seperti halnya Akulaku, Kredivo dan lainnya.

Didalam layanan ini juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang bisa dinikmati pengguna seperti angsuran ringan, pengajuan dan persetujuan cepat, merchant beragam dan privasi aman.

2. Pinjaman Dana Tunai

Selanjutnya layanan Indodana Paylater ini juga menyediakan pinjaman dana tunai. Pinjaman dana tunai Indodana bisa dilakukan secara online melalui website maupun aplikasi.

Di sini juga terdapat dua istilah yakni peminjam atau Borrower dan juga pemberi pinjaman atau Lender. Dimana nantinya peminjam akan mendapatkan dana dari pemberi pinjaman yang disalurkan melalui paltform Indodana nantinya.

Kelebihan dan Kekurangan Indodana Paylater

Berikut beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari aplikasi Indodana Paylater ini penjelasan lengkapnya.

Kelebihan:

  • Cicilan ringan dengan metode pembayaran hingga 12 bulan
  • Pengajuan dan persetujuan cepat
  • Bekerjasama dengan berbagai merchant
  • Keamanan data pribadi terjaga karena dilengkapi dengan sistem keamanan menyeluruh serta sudah terdaftar OJK

Kekurangan:

  • Suku Bunga dinilai cukup besar
  • Biaya admin tinggi
  • Denda keterlambatan pembayaran tinggi

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai apa itu Indodana Paylater berikut syarat pengajuan, jenis layanan, fitur unggulan hingga kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Indodana Paylater semoga bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: