Apa Perbedaan Review dan Resensi? Ini Penjelasannya

Kita sebetulnya sudah tidak asing lagi kan dengan istilah resensi atau review buku. Karena kedua hal tersebut dianggap sama oleh sebagian dari kita. Namun, ternyata ada perbedaan review dan resensi dan akan dijelaskan pada artikel ini secara lengkap.

1 Fashion murah

Agar lebih paham kamu perlu ketahui dulu apa itu review dan apa itu resensi dan mari kita bahas perbedaan dari keduanya. Yuk, simak pembelajarannya di bawah ini ya!

fashion muslim murah

Apa Itu Review dan Resensi

Nah, sebelum beranjak ke pembahasan mengenai review dan resensi kita simak dulu apa sih review dan resensi itu dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Review

Review ini dapat dilakukan untuk memberikan ulasan seputar tulisan atau produk. Ketika membuat sebuah review atas tulisan kamu akan membuat ringkasan dari tulisan tersbeut yang dipadu dengan penilaian pribadi.

2. Resensi

Resensi atau resencere dalam bahasa Latin ini berarti menilai atau menimbang. Sederhananya resensi dilakukan untuk mempelajari isi buku dengan poin-poin tertentu terkait kekurangan, kelebihan atau hasil observasi terhadap tulisan.

Dan misalnya kamu akan melakukan resensi buku. Yang menjadi tujuan kamu di sana adalah kritik atau saran yang akan kamu berikan terhadap tulisan tersebut.

1 Fashion murah

Tujuan Review dan Resensi

Selain mengetahui pengertian dari keduanya yaitu review dan resensi selanjutnya mari kita simak apa tujuan dari review dan resensi dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tujuan Resensi

Kenapa orang-orang melakukan resensi buku? Resensi buku memiliki tujuan tertentu seperti berikut ini

Dan tujuan review ini adalah untuk memberikan gambaran terhadap sebuah tulisan berupa pandanganmu sendiri. kamu disarankan untuk membuat ulasan yang menginspirasi orang-orang yang akan membaca tulisanmu.

  • Memberikan penilaian kelayakan atas sebuah bacaan apakah bacaan tersebut pantas dikonsumsi khalayak ramai atau tidak
  • Menggali informasi apa yang disampaikan penulis dalam buku atau bacaan
  • Menjadi bahan diskusi sebagai eperbandingan atas topik terkait

2. Tujuan Review

Nah, sedangkan tujuan dari review ini lebih singkat dan jelas yaitu bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap sebuah tulisan berupa pandanganmu sendiri. kamu disarankan untuk membuat alasan yang mengisnpirasi orang-orang yang akan membaca tulisanmu.

Langkah-Langkah Membuat Resensi dan Review

Nah, selain pengertian dan juga tujuan dari review atau resensi kamu juga perlu mengetahui apa saja langkah-langkah membuat resensi dan review. Dan berikut penjelasannya bagaimana cara membuat resensi dan review diantaranya adalah:

1. Langkah-langkah membuat Review

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat review diantaranya adalah:

1 Fashion murah
  • Deskripsikan apa yang terkkandung pada tulisan atau buku tersebut
  • Kemukakaan beberapa poin penting tentang apa yang kamu senangi dan tidak disenangi dari buku tersebut
  • Kemudian ajukan saran kepada para pembaca untuk membacar buku yang telah kamu review
  • Dan jangan lupa untuk menambahkan rating terhadap buku tersebut

2. Langkah-langkah Membuat Resensi

Dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika kamu membuat resensi, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa membuat detail informasi buku mulai dari judul buku, penerbit, jumlah halaman, hingga harga buku dan penerbit
  • Selanjutnya kamu lakukan sinopsis atau cerita pendek mengenai isi buku yang akan kamu resensi dan jangan spoiler arahkan untuk pembaca semakin penasaran dengan buku tersebut
  • Selanjutnya kamu paparkan unsur intrinsik dari buku tersebut mulai dari tema, tokoh dan penokohan, alur, latar waktu, latar tempat, gaya bahasa, sudut pandang hingga amanat yang terkandung dalam buku terssebut
  • Kemudian setelah itu kamu tulisakan pula unsur ekstrinsik dari buku tersebut mulai dari latar belakang pengarang, nilai moral, nilasi sosial hingga nilai pendidikan dan lainnya
  • Dan jangan lupa kamu juga perlu berikan ulasan untuk kelebihan dan juga kekurangan dari buku tersebut mulai dari bahasa, cover, alur dan lain sebagainya

Perbedaan Review dan Resensi

Nah, setelah memahami apa itu pengertian review dan resensi, tujuan hingga langkah cara membuat keduanya.

Secara singkat resensi buku merupakan pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangannya baik berkenaan dengan isi, kritik serta pentingnya buku yang resensi layak untuk dibaca.

Sedangkan riview buku adalah sebuah tanggapan, tapsiran maupun komentar. Namun agar lebih jelasnya selanjutnya mari kita bahas apa saja perbedaan dari review dan resensi dan berikut penjelasannya.

1. Lebih Simpel dan jabaran Luas

Dalam resensi buku yang penting ialah melakukan upaya penilaian secara simple terhadap isi atau konten buku. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk melakukan upaya yang lebih spesifik.

Sehingga informasi dari penilaian lebih kepada upaya menganalisis secara simple. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tangap secara kritis terhadap isi atau tema yang menjadi pokok pembahasan dalam suatu buku yang ditulis penulis ternama.

1 Fashion murah

Sedangkan review buku untuk melakukan jabaran atau uraiannya yang lebih luas mengenai isi buku. Pada aspek ini dilihat dari uraian secara seksama tanpa harus melakukan secara simple hal ini bertujuan melihat isi konten menjadi bahasan dari penulis.

2. Bahasa Jurnalistik dan Bahasa Ilmiah

Dalam resensi buku bahasa yang digunakan bahasa jurnalistik, instan. Aspek itu salah satu hal yang lebih menarik karena bahasa jurnalistik dengan memperhatikan pola dan kode etik yang digunakan.

Sehingga dalam hal ini, resensi dengan melakukan upaya ringkasan pada pokok bahasan buku yangs edang diresensi.

Sedangkan review buku menggunakan bahasa ilmiah, ilmiah disini biasanya digunakan oleh mahasiswa yang melakukan tugas dalam melakukan review terhadap buku sehingga tulisannya lebih kepada nuansa akademik yang ilmiah.

3. Penilaian Kritik dan Memahami Mengolah

Pada resensi buku yang biasa dilakukan untuk memberikan penilaian, memberikan kritik. Dengan tujuan untuk memberikan penilaian pada keseluruhan buku. Terkait ini untuk melihat aspek yang kritik karena nuansanya pada penilaian mengenai konten buku.

Dengan hal ini buku yang diresensi memang layak di baca oleh pembaca lainnya. sedangkan review buku lebih bernuansa pada memahami, mengolah referensi buku tersebut. Mengolah dan memahami secara garis umum.

1 Fashion murah

Dan hal ini berkaitan dengan isi dan konten buku yang menjadi pokok persoalan dalam buku tersebut sehingga para pembaca semakin memahami isi atau garis besar buku tersebut.

Demikian itu beberapa perbedaan dari review dan resensi meskipun sama-sama memberikan ulasan mengenai isi tulisan atau buku ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup dapat dipisahkan.

Kesimpulan

Jadi, dari pemaparan di atas dapat kita simpulkan bahwasanya review lebih kepada gambaran ulasan yang lebih luas dengan menggunakan bahasa ilmiah dan mampu mengolah dan semua hal buku secara garis umum.

Sedangkan resensi memberikan sebuah ulasan yang lebih spesifik dan simple dilakukan dengan bahasa yang jurnaslistik serta memberikan penilaian dan kritik bahwa buku tersebut memang layak untuk dibaca.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan review dan resensi semoga apa yang kami sampaikan dapat dipahami dan membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: