Apa yang Dimaksud Kode MMI Tidak Valid: Penyebab & Solusi

Beberapa pengguna ponsel, masih banyak yang belum paham dengan apa yang dimaksud kode mmi tidak valid. Ini biasanya sering terjadi ketika pengguna ponsel hendak melakukan baik cek jumlah pulsa maupun cek sisa paket data.

1 Fashion murah

Hal tersebut tentunya dialami oleh semua produk provider atau kartu operator. Dengan begitu, pengguna sementara tidak dapat melakukan cek jumlah pulsa maupun cek paket data yang terdapat pada nomor kartu operator yang digunakan.

fashion muslim murah

Apa yang Dimaksud Kode MMI Tidak Valid?

Kode MMI sendiri merupakan suatu rangkaian kode yang terdiri dari kombinasi simbol dan juga angka. Kode tersebut digunakan untuk mengetahui informasi baik keadaan ponsel maupun jumlah pulsa dan paket data yang tersisa pada SIM.

Sedangkan kode MMI tidak valid ini adalah kesalahan atau errornya kode yang dimasukkan hingga menimbulkan pesan notifikasi dari sistem bahwa “Kode USSD yang Dimasukkan Salah”. Maka dari itu, pengguna tidak dapat mengaksesnya.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Kode MMI tidak valid pun disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Baik itu penyebab dari buruknya sinyal dari suatu provider atau kartu operator yang digunakan maupun memang sedang ada gangguan pada semua jaringan sinyal.

Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan kode MMI yang dimasukkan menjadi tidak valid.

1 Fashion murah

1. Jaringan atau Sinyal Provider Buruk

Penyebab yang pertama adalah jaringan sinyal pada provider atau kartu operator yang digunakan sedang terjadi error. Ini biasanya terjadi pada beberapa jenis provider yang memiliki 1 induk perusahaan yang sama contohnya XL dan Axis.

2. Hanya Tersedia Mode 4G LTE

Selanjutnya kartu provider yang digunakan sudah tidak menyediakan layanan sinyal mode 3G. Karena kebanyakan provider sekarang sudah menghilangkan mode 3G dan diganti dengan mode 4G LTE yang sebenarnya sudah muncul 5G.

3. Pengaturan Jenis Sinyal yang Salah

Pengaturan jenis sinyal yang salah pun bisa menjadi faktor terjadinya kode MMI tidak valid ketika mengecek pulsa ataupun paket data internet. Dikarenakan jika menggunakan sinyal 3G maka akan terjadi error seperti kode MMI tidak valid itu.

4. Kesalahan pada Sistem Ponsel

Sistem pada ponsel juga bisa menyebabkan kode MMI tidak valid. Biasanya sistem pada ponsel tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tidak dapat menjalankan beberapa fitur.

Contohnya fitur pada saat melakukan cek pulsa dan juga cek data internet dengan kode USSD gagal dan akan muncul notifikasi kode MMI tidak valid.

5. Gangguan Seluruh Jaringan

Yang terakhir disebabkan karena gangguna jaringan pada seluruh produk provider yang terdapat di Indonesia. Ini dikarenakan tower sinyal pusat terjadi kerusakan, dengan begitu akan terjadi error pada saat melakukan cek dengan kode USSD.

1 Fashion murah

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Setelah mengetahui dengan apa yang dimaksud kode mmi tidak valid serta beberapa penyebabnya. Maka kamu tidak perlu khawatir, karena pembahasan selanjutnya adalah mengenai solusi untuk kode MMI tidak valid.

Di bawah ini terdapat beberapa cara mengatasi atau solusinya, silahkan perhatikan poin-poin:

1. Gunakan Simbol pada Kode

Solusi yang pertama yaitu lakukan kombinasi simbol selain * dan # pada saat melakukan pengecekan jumlah pulsa dan paket data. Contohnya yaitu dengan memasukkan tambahan simbol seperti +*888# ataupun *888#, bisa kamu coba.

2. Mengganti ke Mode Jaringan 3G

Jika ponsel dan provider yang digunakan masih mendukung sinyal mode 3G. Maka coba ganti dengan memakai sinyal 3G, dengan begitu akan terdapat sinyal dan juga terhindar dari kode MMI tidak valid ketikan melakukan pengecekan pulsa.

3. Mengaktifkan Mode Pesawat

Solusi berikutnya dengan mengaktifkan mode pesawat pada ponsel. Yang mana ini dilakukan untuk me-reset kembali sinyal pada ponsel yang digunakan. Tunggu beberapa saat hingga bar sinyal kembali penuh dan juga stabil.

4. Cek Kode USSD

Sebelum memasukkan kode USSD ketika hendak melakukan cek jumlah pulsa dan paket data. Ada baiknya untuk mengecek terlebih dulu kode USSD yang diinput benar atau salah, ini dilakukan agar terhindar dari kode MMI yang tidak valid.

1 Fashion murah

5. Mengatur Ulang Jaringan

Dengan mengatur ulang jaringan pun bisa membantu kamu saat mengalami hal kode MMI tidak valid. Caranya dengan menekan menu “Search Network” pada Setting Sim Card di pengaturan ponsel.

6. Hapus Cache pada Ponsel

Jika ponsel sering digunakan, maka akan terdapat sampah cache pada setiap aplikasinya. Yang mana hal tersebut berlaku juga pada sistem ponsel, maka kamu harus menghapus cache ponsel pada menu setting “Storage & Phone”.

7. Restart Kartu SIM

Kemudian coba juga dengan solusi restart kartu SIM yang terpasang pada ponsel. Caranya dengan menonaktifkan ponsel lalu cabut SIM dan pasangkan kembali. Atau untuk simpelnya kamu buka setting “SIM Card” dan tekan tombol “Turn Off”.

8. Menunggu Jaringan Normal dan Stabil

Namun apabila terjadi error sinyal pada seluruh merek provider, maka kamu bisa menunggu hingga jaringan kembali normal dan stabil. Karena ini merupakan gangguan secara menyeluruh yang disebabkan oleh tower sinyal pusat gangguan.

9. Restart Ponsel

Cara mengatasi atau solusi dari kode MMI tidak valid adalah dengan cara restart ponsel. Karena dengan me-restart ponsel, maka secara otomatis sinyal pada ponsel pun akan langsung mencari sinyal yang terbaik untuk digunakan.

Kesimpulan

Dengan informasi di atas, maka kamu sudah tau dengan apa yang dimaksud kode mmi tidak valid dan faktor penyebab serta cara mengatasi atau solusinya.

1 Fashion murah

Yang mana, dapat dapat diambil kesimpulan bahwa hal tersebut sebenarnya terjadi karena gangguan terhadap sinyal yang digunakan pada ponsel tersebut. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu