Rekomendasi 10 Aplikasi Partisi Hardisk Terbaik Saat Ini

Seperti yang telah kita ketahui bahwa partisi adalah membagi menjadi beberapa bagian sehingga partisi hardisk berarti membagi hardisk ke dalam beberapa bagian agar lebih tertata rapi dan tersusun.

1 Fashion murah

Nah, bagi kamu yang tidak ingin menggunakan cara manual kamu bisa menggunakan aplikasi partisi hardisk dan akan dijelaskan pula manfaat dari partisi hardisk, cara membuat partisi hardisk hingga beberapa aplikasi partisi hardisk yang perlu kamu ketahui. Di simak ya!

fashion muslim murah

Manfaat Partisi Hardisk

Nah, sebelum beranjak ke aplikasi partisi hardisk alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu apa saja manfaat dari partisi hardisk ini, dan bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak penjelasan lengkap di bawah ini.

  • Manfaat pertama dari partisis hardisk ini adalah membuat hardisk terstruktur karena dapat memisahkan tiap bagian sehingga lebih tertata rapi
  • Selanjutnya mudah untuk recovery data, ketika virus hanya menyerang sistem operasi maka data kamu di partisi lain mungkin saja aman
  • Tidak hanya itu manfaat lainnya adalah akan mudah mencari file karena data lebih terstruktur dan bisa mencari di partisi tertentu
  • Selanjutnya tidak mengganggu kinerja sistem operasi, karena sudah terbagi alokasi sumber daya

Cara Partisi Hardisk

Selanjutnya mari kita simak bagaimana cara partisi hardisk baik eksternal dan internal dan silahkan simak langkah-langkah di bawah ini untuk cara mudahnya:

  • Langkah pertama kamu bisa masuk ke disk management diana pada menu kamu bisa partisi hardisk nya
  • Klik kolom search “Disk Management” jika sudah terbuka maka akan otomatis muncul menu disk management kamu akan tau partisi hardisk yang terdapat pada PC/laptop kamu
  • Selanjutnya memahami istilah dalam partisi itu penting
  • Kemudian jika kamu akan membuat partisi baru kamu bisa gunakan unallocated space yang tadi untuk membuat sebuah partisi baru
  • Kemudian pilih “New Simple Volume”
  • Selanjutnya akan muncul welcome wizard dan klik Next aja
  • Dan tentukan berapa kapasitas yang akan digunakan dalam pembuatan partisi dan klik next
  • Selanjutnya akan muncul perintah mengisi drive letter dan klik next
  • Setelah itu isilah volume yang kamu inginkan dan klik next
  • Dan terakhir silahkan klik finish maka partisi kamu telah selesai di buat

Aplikasi Partisi Hardisk

Nah, setelah memahami cara membuat partisi hardisk mari kita bahas pembahasan selanjutnya mengenai aplikasi partisi hardisk yang paling rekomended untuk kamu coba, dan kamu bisa memasangnya di laptop atau PC kamu.

1. EaseUS Partition Manager

Nah, aplikasi partisi hardisk pertama kamu bisa menggunakan EaseUS Partition Manager dan aplikasi ini gratis  selain aplikasi ini juga memiliki tiga tools dalam satu software dan ada fitur jelajah.

1 Fashion murah

2. AOMEI Partition Assistant

Aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi masalah partisi sistem ini dapat menjadi bahan pertimbangan kamu untuk dipasang di PC atauu laptop. Dan bukan tanpa sebab aplikasi ini memiliki interface atau antarmuka yang sederhana.

Kendati sederhana tetapi mempunyai fitur yang cukup lengkap dalam memberikan kemudahan untuk menjalankan kegiatan partisi.

3. Macrorit Disk Partition Expert

Selanjutnya aplikasi partisi hardisk adalah Macrorit Disk Partition Expert salah satu aplikasi partisi yang dapat dibilang masih newbie meski demikian aplikasi ini tidak kalah menarik dengan aplikasi sejenis lainnya.

Berbagai fitur lengkap juga dimiliki oleh aplikasi ini salah satunya data rollback yang dapat melindungi data kamu saat listrik mati di tengah melakukan kegiatan partisi. Selain itu menyediakan versi portable yang bisa diunduh dan aplikasi lebih kecil dibandingkan aplikasi aslinya.

4. Active@ Partition Manager

Aplikasi ini dapat kamu unduh dengan gratis memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Aplikasi penyimpanan media pada laptop/PC ini memiliki fitur untuk membuat, menghapus, dan memformat partisi. Selain itu aplikasi ini menyuguhkan penawaran keren lainnya yang dapat kamu gunakan seperti partisi pada USB dan lainnya.

1 Fashion murah

5. Minitool Partition Wizard

Aplikasi partisi hardisk selanjutnya kamu bisa menggunakan MiniTool Partition Wizard aplikasi partisi yang cukup unik dan banyak yang merekomendasikan pada pengguna hal ini karena aplikasi tersebut tidak hanya dipakai untuk bagian internal tapi juga dapat digunakan pada eksternal disk.

Dan aplikasi ini dapat kamu nikmati secara percuma dan menawarkan fitur lebih dai 20 fitur dengan beragam fungsinya seperti menambah tanpa harus restart, mengubah tipemedia, penyimpanan dan lain sebagainya.

6. Acronic Disk Director

Aplikasi partisi hardisk selanjutnya kamu bisa menggunakan acronic disk director yaitu aplikasi ini dapat mengoptimalkan, melindungi, dan mengatur data dan hard drive aplikasi ini membantu kamu untuk membuat partisi hard disk tanpa takut akan kehilangan data.

Dan beberapa unggulan dari aplikasi ini diantaranya memungkinkan kamu mengatur ulang ukuran dan membagi partisi mengonversi MBR hingga memperbaiki partisi yang terinfeksi dari ancaman virus.

7. R-Drive Image

Selanjutnya aplikasi partisi hardisk R-Drive Image yaitu sebagai perangkat lunak Utilitas aplikasi ini dapat dipasang untuk sistem operasi Linux dan windows yang memungkinkan melakukan tugas terkait penyimpanan.

Dan aplikasi pihak ketiga untuk partisi tersebut menyediakan pembuatan file gambar disk untuk duplikasi dan proses back up data aplikasi ini mampu menyalin secara lengkap data dari hard drive, disk asli, ruang kosong atau partisi.

1 Fashion murah

8. Tenorshare Partition Manager

Tenorshare partition manager ini merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak gratis yang dapat mengubah properti dan kapabilias partisi. Dan aplikasi partisi ini memungkinkan kamu untuk mengubah label sehingga mudah dikenali.

Lalu aplikasi tersebut juga mendukung drive USB, hardisk, dan lain-lain. selain itu aplikasi ini juga bisa mengonversi MBR ke GPT dan Vice Versa seperti membuat, menghapus, memformat dan membagikan ruang disk kosong.

9. NIUBI Partition Editor

Selanjutnya aplikasi partisi hardisk yang bisa kamu coba adalah NIUBI partition editor dimana aplikasi ini bisa digunakan untuk memisahkan sebuah hard disk dalam beberapa bagian.

Aplikasi yang dikhususkan windows ini dapat dengan mudah dijalankan untuk memindahkan sistem operasi ke sistem operasi lainnya. dan melalui aplikasi ini kamu bisa menambahkan dan menggabungkan disk. Kemudian NIUBI ini juga mampu mengubah label partisi, membuat, menghapus dengan mudah.

10. Paragon Partition Manager

Dan untuk aplikasi partisi hardisk yang terakhir kamu bisa menggunakan paragon partition manager.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menawarkan berbagai fitur salah satunya yaitu Automatic Partition Alignment yang mampu menentukan partisi yang paling cocok dan tepat digunakan pada PC/laptop.

1 Fashion murah

FAQ| Pertanyaan Seputar Aplikasi Partisi Hardisk

Apa fungsi dari partisi hardisk?

Yaitu untuk membagi hardisk sesuai dengan kebutuhan untuk pengelolaan data lebih efektif dan tepat guna.

Berapa jenis partisi hardisk?

Ada dua yaitu GPT dan MBR.

Berapa maksimal partisi hardisk?

Maksimal partisi hardisk adalah 4 buah primary partition tanpa extended partition, atau maksimal 3 buah primary partition kalau terdapat extended partition.

Artikel Menarik Lainnya: