Artikel Ilmiah Disajikan Berdasarkan Apa?

Artikel Ilmiah Disajikan Berdasarkan Apa?

Artikel ilmiah ini disusun melalui proses tertentu yang sudah ditetapkan dan nantinya harus di pertanggungjawabkan jadi, artikel ilmiah disajikan berdasarkan fakta. Lantas apa saja alasan lainnya artikel ini perlu disajikan berdasarkan fakta?

Yuk, simak artikel ini sampai selesai tim Mustakim media akan menjawab pertanyaan tersebut secara lengkap di artikel ini.

Artikel Ilmiah Adalah

Artikel ilmiah menurut KBBI merupakan suatu karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya. Sedangkan ilmiah, maksudnya adalah ilmu pengetahuan, memenuhi syarat dan kaidah keilmuan.

Berikut beberapa pengertian mengenai artikel ilmiah yang perlu kamu pahami yaitu:

1. Komara (2017)

Artikel ilmiah merupakan sebuah karangan faktual atau nonfiksi tentang suatu permasalahan yang dimuat di majalah, di jurnal. Atau buletin dengan tujuan menyampaikan gagasan, fakta guna meyakinkan, mendidik dan menawarkan solusi dari suatu permasalahan.

2. Brotowijoyo (2002)

Artikel ilmiah sebagai bagian dari karya ilmiah adalah karya ilmu pengetahuan yang menyajikan gakta umum dan ditulis menurut metedologi penulisan yang baik dan benar.

3. Suyitno (2011)

Artikel ilmiah yaitu karya tulis yang dirancang untuk dimuat di jurnal atau buku kumpulan artikel, ditulis dengan tata cara ilmiah disesuaikan dengan konvensi ilmiah yang berlaku.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa artikel ilmiah adalah satu karya tulis ilmiah yang menyesuaikan struktur artikel ilmiah dan menggunakan metodologi ilmiah dalam penyusunannya dan biasanya dipublikasikan di jurnal-jurnal berskala nasional dan internasional.

Alasan Artikel Ilmiah Disajikan Berdasarkan Fakta

Tentunya para siswa perlu mengetahui mengenai ciri-ciri dari artikel ilmiah. Dengan demikian siswa bisa membuatnya sesuai dengan aturan yang berlaku baik untuk di masa sekarang maupun di masa mendatang.

Dan alasan artikel ilmiah ini disajikan berdasarkan fakta karena itu siswa perlu memahami ciri-ciri dari artikel ilmiah itu sendiri. karena artikel ilmiah merupakan tulisan berisi ide, gagasan serta hasil pemikiran dan di susun secara ilmiah.

Jadi, prosesnya sudah ditetapkan dan nanti isi dari artikel ilmiah ini dapat dipertanggungjawabkan dan tentunya isinya harus berdasarkan dengan fakta-fakta yang terjadi dan sesuai dengan kenyataannya.

Nah, itu alasan mengapa artikel ilmiah harus disajikan berdasarkan fakta. Dan jika disajikan tidak berdasarkan fakta maka informasi artikel ilmiah ini menjadi tidak dapat dipercaya.

Selain itu, hasil dari penelitian di artikel ini akan terlihat rancu sehingga tidak bisa dijadikan landasan untuk penelitian lebih lanjut.

Dampak Buruk Artikel Ilmiah Disajikan Tidak Berdasarkan Fakta

Nah, jika artikel ilmiah ini disajikan tanpa fakta yang jelas maka informasi dalam suatu artikel ilmiah tidak akan dapat dipercaya. Selain itu, hasil dari penelitian di artikel ilmiah tersebut pun akan terlihat rancu.

Dan paling penting tidak bisa dijadikan landasan untuk penelitian lebih lanjut. Dan sekali pun artikel ini dipaksakan untuk dipercaya dan dijadikan landasan, maka akan menimbulkan kesalahpahaman di kalangan masyarakat.

Dan kesalahpahaman ini bisa saja berakibat fatal seperti terjadinya konflik sosial dan kesalahan prosedur ilmiah.

Sehingga sangat dan harus jika artikel ilmiah disajikan berdasarkan fakta-fakta yang ada saat melakukan riset dan penelitian agar bisa dijadikan sebuah landasan dan contoh untuk karya ilmiah yang baik dan dapat dipercaya oleh pembaca dan peneliti lainnya.

Jika, berdasarkan fakta maka artikel ilmiah tersebut bisa dijadikan sebuah karya yang bisa dijadikan contoh untuk penelitian selanjutnya.

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah

Selain kamu perlu mengetahui artikel ilmiah disajikan berdasarkan fakta kamu juga perlu mengetahui ciri-ciri artikel ilmiah lainnya. Dan berikut terdapat beberapa ciri-ciri artikel ilmiah lain yang juga harus dipenuhi dan berikut diantaranya beserta alasannya adalah;

  • Objektif atau tidak berdasarkan peneliti agar bisa disajikan sata yang faktual
  • Selanjutny harus ada pengutipan sumber yang jelas supaya penelitaian menjadi tidak rancu
  • Setelah itu, perlu logis agar bisa diterima oleh pikiran masyarakat secara umum
  • Selanjutnya disusun secara sistematis supaya tidak membingungkan pembaca
  • Lalu menggunakan bahsa yang formal dan lugas agar mudah dimengerti
  • Disajikan setelah melalui metode ilmiah tertentu supaya sesuai dengan kondisi yang terjadi dilapangan

Jadi, artikel ilmiah disajikan berdasarkan fakta karena alasan tertentu, dan hal ini juga berlaku pada berbagai ciri-ciri artikel ilmiah lainnya seperti sudah dijelaskan di atas tadi secara lengkap.

Contoh Artikel Ilmiah Singkat dan Populer

Analisis Fonetik Pada Realisasi Konsonan dalam Bahasa Indonesia

1. Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis fonetik terhadap realisasi konsonan dalam bahasa Indonesia. Dalam lingkup ini penelitian difokuskan pada konsonan tertentu dan variasi-variasi fonetik yang mungkin terjadi dalam produksi suara.

Metode yang dilakuakn melibatkan rekaman percakapan sehari-hari dari berbagai penutur bahasa Indonesia dari berabagai daerah.

2. Pendahuluan

Fonetik meruapakn cabang linguistik yang mempelajari produksi, transmisi, dan penerimaan bunyi dalam konteks bahsa, fonetik membantu kita memahami begaimana suara-suaranya dihasilkan oleh manusia.

3. Metode Penelitian

Pengumpulan data dilakuakn melalui rekaman percakapan informasi atara penutur bahsa Indonesia dari berbagai latar belakang geografis.

4. Pembahasan

4.1 Analisis Fonetik

Pada tahap ini fokus utama adalah pada reaslisasi konsonan dalam bahasa Indoensia konsonan tertentu /p/, /t/, /k/ dianalisis untuk veriasi fonetik dalam konteks berbeda.

4.2 Temuan

Analisis data menunjukan variasi fonetik yang signifikan dalam realisasi konsonan tertentu. Misalnya, konosnan /t/ mungkin mengalami aspirasi yang berbeda tergantung pada posisi dalam kata.

Variasi ini dapat dihubungkan dengan pengaruh fonetik dari konsonan sekitarnya atau fitur fonologis khusus dalam dialek tertentu.

5. Penutup

5.1 Simpulan

Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemhaman kita tentang variasi vonetik dalam bahasa Indoensia.

5.2 Saran

Penelitian selanjutnya dapat memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi variaso fonetik, termasuk pengaruh lingkungan sosial dan budaya terhadap produksi suara.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai artikel ilmiah disajikan berdasarkan fakta dan beberapa ciri-ciri hingga contohnya lengkap.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: