Cara Ajukan Kartu Kredit BSI Beserta Syaratnya (Lengkap)

Cara Ajukan Kartu Kredit BSI Beserta Syaratnya (Lengkap)

Cara Ajukan Kartu Kredit BSI Beserta Syaratnya (Lengkap)

Bagi kamu yang merupakan nasabah dari BSI dan ingin memiliki kartu kredit, maka memahami cara ajukan kartu kredit BSI penting untuk dilakukan.

Sebab hal ini tidak bisa dilakukan sendiri, agar lebih jelas dan lebih detail lagi maka harus ditanyakan atau berkomunikasi dengan pihak bank langsung. Kartu kredit sendiri menjadi salah satu layanan atau produk metode transaksi yang resmi dikeluarkan oleh BSI.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit BSI

Jika kamu memang memiliki minat untuk melakukan pengajuan kepemilikan kartu kreditnya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Agar pengajuan diterima dan tentu saja kartunya dimiliki untuk keperluan apapun.

Dikutip dari website resmi BSI, kamu harus memenuhi terlebih dahulu beberapa syaratnya. Seperti:

  1. Memiliki penghasilan minimalnya sebesar 36 juta dalam kurun satu tahun
  2. Usia pemegang kartu utama adalah mulai dari 21 tahun sampai 65 tahun
  3. Usia pemegang kartu tambahan mulai dari 17 tahun sampai 65 tahun

Jenis Kartu Kredit BSI dan Biaya Bulanannya

Benar, BSI tidak hanya menyediakan satu jenis kartu saja. Namun sudah berhasil mengeluarkan 3 jenis kartu kredit dan bisa kamu pilih.

Informasi ini disampaikan agar kamu dapat menyesuaikan dengan fitur, layanan serta kemampuan. 

1. BSI Hasanah Classic

Menjadi salah satu jenis kartu kredit yang resmi diterbitkan oleh BSI dengan tawaran limit mulai dari 4 Juta Rupiah hingga 6 juta Rupiah.

Pembayaran minimal kartu ini sebesar 10% atau 100 Ribu Rupiah dengan tambahan cicilan tetap. Lalu over limit jika ada.

Untuk biaya perbulannya, nasabah akan dibebankan biaya mulai dari 70 Ribu Rupiah dan annual fee kartu utama adalah 120 Ribu Rupiah.

2. BSI Hasanah Gold

Tawaran limit yang disediakan mulai dari 8 Juta hingga 30 Juta Rupiah. Pembayaran minimal jenis kartu kredit Gold dibebankan mulai dari 140 Ribu Rupiah per bulan dan annual fee kartu utamanya sebesar 240 Ribu Rupiah.

3. BSI Hasanah Platinum

Lalu jenis kartu kredit BSI terakhir ada di jenis Platinum dengan tawaran limit mulai dari 40 Juta sampai 900 juta Rupiah.

Pembayaran minimal kartu jenis Platinum per bulan adalah 700 Ribu Rupiah dan annual fee kartu utama sebesar 600 Ribu Rupiah.

Penting untuk diketahui dan diperhatikan, bahwa ketika kamu mengambil atau melakukan pengajuan kartu kredit BSI. Maka kamu tidak akan bisa menggunakannya di merchant non halal.

Cara Ajukan Kartu Kredit BSI dengan Mudah

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk pengajuan ini, yakni secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang. Atau secara online dengan mengisi e-form yang telah disediakan di internet.

Namun agar lebih jelas, agar tidak timbul pertanyaan dari kamu sendiri. Mari kita bahas cara pengajuan secara offline saja, agar lebih jelas pun tentu kamu sendiri bisa memahaminya lebih baik.

  1. Pertama, langsung datangi kantor cabang BSI setempat dan paling dekat. Sesuai dengan ketentuan, syarat dokumen yang diperlukan
  2. Langsung tunggu antrean dan temui petugas bank BSI 
  3. Sampaikan maksud serta tujuan, bahwa kamu ingin mengajukan kepemilikan kartu kredit
  4. Selanjutnya petugas akan langsung menjelaskan lebih detail terkait dengan produk kartu kreditnya terlebih dahulu
  5. Bila dirasa sudah paham, kamu akan diminta mengisi form pengajuan kartunya
  6. Kemudian isi form secara lengkap, valid, benar dan serahkan langsung kepada petugas beserta syarat yang dibutuhkan
  7. Selanjutnya pihak bank akan melakukan evaluasi berkas persyaratan serta formulirnya
  8. Jika sudah selesai, kamu bisa kembali ke rumah dan menunggu konfirmasinya sampai diterima

Nah, itulah ulasan terkait dengan bagaimana cara ajukan kartu kredit BSI secara offline. Namun agar pengajuannya diterima, kamu pun harus mengetahui beberapa tipsnya.

Tips Agar Pengajuan Kartu Kredit BSI Auto Diterima

  1. Pastikan untuk selalu cek syarat ketentuan berlakunya
  2. Mempersiapkan slip gaji serta dokumen pendukung lain sebagai syarat pengajuan
  3. Pastikan penghasilan perbulan minimalnya 3 juta Rupiah
  4. Pastikan bahwa catatan Kredit di BI Checking SLIK OJK Bagus dan tidak ada masalah
  5. Memiliki kartu kredit di bank lain dan tips ini hanya menjadi opsi saja jika diminta

Kelebihan Kartu Kredit BSI

Kelebihan dari kartu kredit BSI bisa bervariasi tergantung pada jenis kartu dan program yang mereka tawarkan, tetapi umumnya, beberapa kelebihan yang bisa Anda temukan pada kartu kredit BSI adalah sebagai berikut:

1. Syariah-Compliant

Kartu kredit BSI beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, yang berarti tidak ada riba atau bunga dalam transaksi kartu kredit. Ini sesuai dengan hukum Islam dan bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menghindari produk keuangan yang melibatkan riba.

2. Diskon dan Promosi

Seperti kartu kredit konvensional, kartu kredit BSI juga menawarkan berbagai diskon, promo, dan penawaran khusus untuk pemegang kartu. Ini bisa mencakup diskon di restoran, toko-toko, atau merchant-merchant lainnya.

3. Program Reward

Kartu kredit BSI biasanya memiliki program reward atau cashback yang memungkinkan Anda mendapatkan poin atau cashback setiap kali Anda menggunakan kartu tersebut. Poin ini kemudian bisa ditukarkan dengan berbagai barang atau layanan.

4. Akses Ke Lounge

Kartu kredit premium dari BSI mungkin memberikan akses gratis atau diskon ke lounge bandara. Ini adalah keuntungan tambahan yang biasanya sangat dihargai oleh para pelancong.

5. Cicilan Syariah

BSI biasanya menawarkan fasilitas cicilan syariah untuk berbagai pembelian, sehingga Anda dapat membayar pembelian besar dalam beberapa bulan tanpa bunga.

6. Kemudahan Transaksi

Kartu kredit BSI dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi, baik di dalam maupun luar negeri, dengan kemudahan pembayaran yang diterima secara luas.

7. Kemudahan Pembayaran Tagihan

Anda dapat membayar tagihan kartu kredit BSI dengan mudah melalui berbagai saluran, termasuk internet banking, ATM, atau transfer bank.

8. Pengendalian Keuangan

Dengan kartu kredit, Anda dapat mengontrol keuangan Anda dengan lebih baik, karena Anda dapat melacak transaksi Anda secara online dan menerima laporan bulanan yang rinci tentang pengeluaran Anda.

9. Pelayanan Pelanggan

Bank Syariah Indonesia biasanya berkomitmen untuk memberikan pelayanan pelanggan yang baik, termasuk bantuan 24/7 melalui call center.

Kekurangan Kartu Kredit BSI

Meskipun Kartu Kredit BSI memiliki beberapa kelebihan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya:

1. Terbatas pada Prinsip Syariah

Keuntungan utama dari kartu kredit BSI adalah prinsip syariah yang tidak melibatkan riba. Namun, ini juga berarti ada beberapa keterbatasan dalam jenis transaksi atau penggunaan kartu.

Beberapa jenis transaksi yang biasanya diterima oleh kartu kredit konvensional, seperti penggunaan untuk investasi atau investasi dalam produk-produk yang melibatkan bunga, mungkin tidak diperbolehkan.

2. Biaya dan Suku Bunga yang Mungkin Tinggi

Meskipun kartu kredit syariah menghindari penggunaan riba, kartu kredit BSI mungkin memiliki biaya tahunan atau biaya lain yang perlu dipertimbangkan. Suku bunga juga bisa tinggi jika Anda tidak membayar tagihan Anda tepat waktu.

3. Keterbatasan Akses Lounge

Kartu kredit BSI premium mungkin menawarkan akses ke lounge bandara, tetapi akses ini mungkin tidak seluas kartu kredit premium dari bank konvensional.

4. Pilihan Terbatas

BSI mungkin tidak memiliki berbagai pilihan kartu kredit seperti bank konvensional yang lebih besar. Ini berarti Anda mungkin memiliki pilihan yang lebih terbatas dalam memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Tidak Semua Merchant Menerima Kartu Kredit Syariah

Meskipun kartu kredit BSI dapat digunakan secara luas, ada beberapa merchant atau tempat usaha yang mungkin tidak menerima kartu kredit syariah. Oleh karena itu, Anda harus selalu memastikan bahwa kartu kredit Anda diterima di tempat-tempat yang Anda kunjungi secara rutin.

6. Biaya Keterlambatan dan Denda

Seperti kartu kredit lainnya, jika Anda telat membayar tagihan atau melewati batas kredit Anda, Anda mungkin dikenakan biaya keterlambatan dan denda, yang bisa meningkatkan jumlah total utang Anda dengan cepat.

7. Risiko Overutilization

Kartu kredit memiliki potensi untuk mengundang Anda untuk berbelanja berlebihan atau mengakumulasi utang yang tidak terkendali jika tidak digunakan dengan bijak.

FAQ │ Tentang Cara Ajukan Kartu Kredit BSI

Apakah pengajuan untuk dapatkan kartu kredit BSI akan selalu diterima?

Tidak, karena tetap harus disesuaikan dengan kondisi juga kelengkapan yang dimiliki oleh nasabah.

Bagaimana cara ajukan kartu kredit BSI secara online?

Kamu bisa mengunjungi halaman website resmi dari bank BSI dan akan diminta untuk mengisi eForm secara lengkap.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: