Cara Ajukan KUR Pegadaian Syariah Beserta Syarat dan Bunga

Cara Ajukan KUR Pegadaian Syariah Beserta Syarat dan Bunga

KUR Pegadaian Syariah merupakan solusi pinjaman yang bisa kamu manfaatkan untuk permodalan dalam menjalankan usaha Mikro maupun menengah. selain itu juga pinjaman di KUR pegadaian tidak perlu menggunakan agunan/ jaminan dan dengan proses yang cepat.

Meski memang dalam pengajuan sudah banyak yang melakukan pinjaman, namun nyatanya masih saja ada yang penasaran dana KUR di Pegadaian Syariah. Untuk itu kami Media Mustakim akan membahas mengenai materi tersebut. Dan kamu tinggal mempelajarinya di artikel ini.

KUR Pegadaian Syariah

KUR Pegadaian Syariah adalah fasilitas pinjaman kepada Rahin (Nasabah) yang memiliki usaha produktif untuk pengembangan usahanya dalam jangka waktu tertentu berdasarkan akad Rahn (Gadai Syariah). Dan sasaran KUR pinjaman diberikan bagi pelaku usaha.

Selain itu diambil dari kutipan kumparan.com PT Pegadaian resmi merupakan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk seluruh masyarakat. Dan menurut Luh Putu Andarini selaku senior Vice Prisdent pemasaran PT. Pegadaian mengatakan bahwa KUR di pegadaian ini menggunakan akad Syariah.

Proses pinjaman di KUR memang sangat mudah, dan juga proses yang cepat asalkan kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan pinjaman dana di KUR.

Sasaran Pembiayaan KUR Pegadaian Syariah

Perusahaan pembiayaan tentunya memiliki sasaran pinjaman yang jelas. Hal ini bertujuan agar upaya dalam peningkatan baik pelaku pinjaman atau pun yang memberi pinjaman sama – sama mendapatkan keuntungan.

Untuk itu sasaran pembiayaan yang ditawarkan dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ada di pegadaian syariah diberikan untuk pelaku usaha Mikro, atau bisa juga untuk pelaku usaha Menengah. Dengan tujuan memberikan permodalan untuk mengembangkan usaha.

Namun dalam proses pinjaman tentunya sama halnya dengan pinjaman yang di tawarkan oleh perusahaan pembiayaan pada umum nya yaitu telah memenuhi syarat dan mengikuti ketentuan yang berlaku dari aturan yang dibuat oleh perusahaan.

Syarat Ajukan Pembiayaan KUR Pegadaian Syariah

Dan untuk persyaratan jika kamu berniat akan melakukan pengajuan pinjaman, tentunya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Adapun syarat yang harus kamu penuhi jika akan melakukan pinjaman di program KUR Pegadaian Syariah adalah sebagai berikut ini:

  • Minimal telah berusia 17 tahun saat akan lakukan pinjaman dan maksimal 65 tahun saat akhir pada jatuh tempo akad
  • Usaha minimal sudah berjalan 6 bulan, atau sesuai dengan peraturan perundang undangan dalam pinjaman yang berlaku di Indonesia
  • Calon rahin (Nasabah) tidak dalam mendapatkan fasilitas pembiayaan program Pemerintahan dan/ atau pembiayaan produktif dari lembaga pembiayaan

Dokumen Ajukan KUR Pegadaian Syariah

Selanjutnya selain syarat ajukan pinjaman yang telah di uraikan di atas, yang harus kamu ketahui tentunya ada beberapa dokumen persyaratan yang harus kamu siapkan dan dokumen tersebut diantrara nya adalah sebagai berikut ini:

  • Persiapkan foto copy Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP)
  • Persiapkan foto Copy Kartu Keluarga (KK)
  • Harus mempersiapkan Surat Nikah bagi calon Nasabah yang sudah menikah
  • Selanjutnya persiapkan pula surat keterangan Domisili jika alamat tinggal berbeda dengan KTP
  • Memiliki rumah tinggal yang dibuktikan dengan kepemilikan PBB, SHM/ SHGB atau dokumen lainnya
  • Selanjutnya akan di pinta foto copy Nomor Induk Usaha (NIB) atau Surat Keterangan Izin Usaha (IUMK), SIUP yang di peroleh dari pejabat berwenang
  • Selanjutnya persiapkan foto copy rekening Listrik/ air/ telepon

Cara Ajukan KUR Pembiayaan KUR Pegadaian Syariah

Setelah kamu mengetahui mengenai syarat ajukan dan juga beberapa dokumen yang harus di siapkan, maka selanjutnya kamu akan penasaran bagaimana cara mengajukan pinjaman di program KUR yang ditawarkan dari Pegadaian Syariah.

Cara melakukan pengajuan pinjaman Dana KUR yang di ajukan pada pegadaian Syariah, memang caranya tidak jauh berbeda dengan metode pinjaman yang lainnya. Yang penting sudah memenuhi syarat. Pinjaman. dan untuk langkah – langkah pinjaman nya adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan kamu datang ke Kantor Pegadaian terdekat di Kota Kamu
  • Selanjutnya silahkan kamu temui petugas pegadaian
  • Lalu kamu akan diberi format untuk di isi. Yaitu merupakan form pengajuan pinjaman
  • Setelah kamu ajukan dengan mengisi form pengajuan, maka silahkan kamu serahkan dokumen sebagai syarat ajukan pinjaman
  • Setelah kamu menyelesaikan tugas pengajuan dari kantor, kamu tinggal menunggu petugas melakukan survei ke lokasi kamu
  • Selanjutnya kamu akan melakukan teken kontrak atau melakukan tanda tangan sebagai akad pinjaman
  • Setelah kamu melakukan kontrak dengan pihak petugas dan mendapatkan persetujuan pihak Pemberi pinjaman maka kamu tinggal menunggu pencairan dan KUR
  • Selanjutnya kamu tinggal membayar kewajiban kamu yaitu membayar angsuran per bulannya

Mudah bukan mengajukan pinjaman di KUR Pegadaian syariah? Tentunya akan sangat mudah dan asalkan sudah memenuhi syarat dan mempersiapkan dokumen pengajuan pinjaman.

Limit Pinjam Dana KUR Pegadaian Syariah

Berbicara mengenai limit pinjaman di KUR Pegadaian Syariah, tentunya memiliki batasan pinjaman dan di tujukan untuk sasaran pinjaman modal dengan proses pembayaran di angsur tiap bulannya. Dan kamu bisa melakukan pengajuan mulai dari 1 juta hingga 10 juta rupiah.

Selain itu untuk kemudahan pembayaran tiap bulannya, maka pihak Bank memberikan pilihan tenor sesuai dengan kemampuan pembayaran tiap bulan bagi Nasabah nya. dan tenor yang di tawarkan mulai dari pinjaman 12 bulan hingga 36 bulan.

Tentunya semakin lama tenor yang kamu pilih maka semakin kecil pula angsuran yang kamu bayar tiap bulannya. Dan dengan adanya pilihan tenor tersebut bisa dijadikan tolak ukur pembayaran yang dapat di sesuaikan dengan penghasilan nasabah tiap bulannya.

Bunga KUR Pegadaian Syariah

Untuk bunga pinjaman di pembiayaan program KUR atau di kenal dengan Kredit Usaha Rakyat, tentunya dikenal dengan bunga rendah. Dan ini memang berlaku baik di lembaga pembiayaan atau perbankan. Karena memacu pada tujuan pinjaman yaitu untuk Rakyat.

Dan jika kamu melakukan pinjaman dana KUR dari pegadaian maka kamu harus membayar bunga sebesar 3% per tahun atau setara dengan 0,25% flat per bulan dari nilai pembiayaan. Tentunya bunganya sangat rendah

Keunggulan Pinjam KUR Pegadaian Syariah

Jika kamu melakukan pengajuan dan mendapatkan persetujuan dari pihak Pegadaian, maka tentunya kamu akan mendapatkan beberapa keunggulan jika kamu pinjam di pegadaian. Adapun keunggulan yang kamu dapatkan di antaranya:

  • Dana KUR Syariah sudah sesuai dengan fatea DSN-MUI yang mengatakan bahwa pinjaman KUR Syariah adalah fasilitas pinjaman kepada Rahin (Nasabah) dengan tujuan mengembangkan usaha yang sedang berjalan dengan akad Rahn (Gadai Syariah)
  • Selanjutnya akan mendapatkan proses pengajuan pinjaman yang Mudah dan dokumen yang digunakan pun seperti dokumen pinjaman pada umum nya
  • Akan mendapatkan bunga pinjaman yang minim
  • Sasaran pinjaman yaitu bagi pelaku UMKM baik Mikro maupun menengah

Demikian informasi seputar KUR Pegadaian Syariah yang bisa Media Mustakim sampaikan dan juga dengan berbagai informasi yang relevan terhadap judul yang kami buat. Semoga informasi yang telah kamu sampaikan bermanfaat, Terimakasih.

FAQ | Pertanyaan Seputar KUR Pegadaian Syariah

Apa itu Pinjaman KUR Pegadaian Syariah?

pinjaman KUR pegadaian Syariah merupakan pinjaman dengan suku bunga rendah, proses cepat, dan diberikan untuk pelaku UMKM Mikro dan menengah

Apakah Pinjaman di KUR Pegadaian Syariah akan selalu mendapat persetujuan?

Tentunya tidak, dan banyak penyebab pengajuan di tolak seperti
– Administrasi kurang
– Merupakan Nasabah blacklist
– Masih ada angsuran yang belum beres dan tenor yang masih panjang
– pengajuan melebihi limit pinjaman
– dan lain sebagainya

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: