Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee dan Syaratnya

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee dan Syaratnya

Jika kamu pernah berbelanja di Shopee dan mengalami masalah dengan barang yang kamu terima, jangan khawatir karena Shopee menyediakan layanan pengembalian barang.

Nah, kali ini saya akan memberikan panduan cara ajukan pengembalian barang di Shopee. Silahkan kamu baca panduan lengkapnya di artikel ini sampai selesai.

Syarat Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Jika kamu ingin mengajukan pengembalian barang di Shopee, pastikan kamu memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh Shopee.

Berikut adalah beberapa syarat untuk mengajukan pengembalian barang di Shopee:

  1. Barang yang ingin dikembalikan harus dalam kondisi yang sama seperti saat kamu menerimanya. Artinya, barang tidak boleh rusak atau telah digunakan.
  2. Pengajuan pengembalian barang harus dilakukan dalam waktu maksimal 3 hari setelah barang diterima. Jika sudah melewati batas waktu tersebut, permohonan pengembalian barang tidak akan bisa diproses oleh Shopee.
  3. Barang yang dapat dikembalikan adalah barang yang dijual oleh penjual yang telah bekerja sama dengan Shopee.
  4. Kamu harus memberikan alasan yang jelas dan tepat mengapa kamu ingin mengembalikan barang tersebut.
  5. Kamu juga harus memberikan keterangan dan foto barang yang ingin kamu kembalikan.
  6. Label pengiriman yang diberikan oleh Shopee harus dicetak dan ditempelkan pada paket pengembalian barang yang akan dikirimkan.
  7. Pengembalian barang harus dilakukan melalui jasa pengiriman yang sudah disepakati oleh Shopee.

Itulah beberapa syarat yang harus kamu penuhi jika ingin mengajukan pengembalian barang di Shopee.

Pastikan kamu memperhatikan syarat-syarat tersebut agar permohonan pengembalian barangmu dapat diproses oleh Shopee dengan cepat dan mudah.

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee


Jika ingin mengajukan pengembalian barang di Shopee, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke akun Shopee-mu.
  2. Pergi ke halaman “Pembelian Saya” dan cari pesanan yang ingin kamu ajukan pengembalian barangnya.
  3. Tekan tombol “Lihat Detail” pada pesanan tersebut.
  4. Pilih opsi “Ajukan Pengembalian”.
  5. Pilih alasan pengembalian barang yang sesuai dengan masalah barang yang kamu terima.
  6. Isi keterangan dan foto barang yang ingin kamu kembalikan.
  7. Klik tombol “Ajukan Pengembalian”.
  8. Tunggu beberapa saat hingga permohonan pengembalianmu diproses oleh Shopee.
  9. Jika permohonan pengembalianmu disetujui, Shopee akan mengirimkan label pengiriman untuk kamu mencetak dan memasangkannya pada paket pengembalian barangmu.
  10. Kirimkan barang tersebut ke alamat yang sudah ditentukan oleh Shopee.
  11. Setelah barang diterima dan diperiksa oleh Shopee, kamu akan menerima dana pengembalian barang tersebut.

Berapa Lama Proses Pengembalian Barang di Shopee?

Proses pengembalian barang di Shopee dapat memakan waktu yang berbeda-beda tergantung pada kondisi barang yang akan dikembalikan dan kebijakan dari penjual atau Shopee itu sendiri.

Setelah kamu mengajukan permohonan pengembalian barang, Shopee akan memproses permohonanmu dalam waktu 1-3 hari kerja.

Jika permohonan pengembalian barangmu disetujui, Shopee akan mengirimkan label pengiriman untuk kamu mencetak dan memasangkannya pada paket pengembalian barangmu.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengirimkan barang tersebut ke alamat yang sudah ditentukan oleh Shopee dan menunggu proses penerimaan dan pemeriksaan barang oleh Shopee.

Proses ini dapat memakan waktu sekitar 3-7 hari kerja tergantung pada lokasi pengiriman dan lamanya jasa pengiriman.

Setelah barang diterima dan diperiksa oleh Shopee, kamu akan menerima dana pengembalian barang tersebut dalam waktu sekitar 2-14 hari kerja tergantung pada metode pembayaran yang kamu gunakan.

Namun, perlu diingat bahwa proses pengembalian barang dapat memakan waktu lebih lama jika terjadi masalah atau kendala tertentu.

Jadi, pastikan kamu memperhatikan ketentuan dan syarat pengembalian barang yang berlaku di Shopee dan memberikan informasi yang lengkap dan jelas untuk mempercepat proses pengembalian barangmu.

Pengembalian Barang di Shopee Apakah Uang Kembali?

Ketika kamu melakukan pengembalian barang di Shopee, kamu bisa mendapatkan pengembalian uang atau refund.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait dengan proses pengembalian uang di Shopee.

Pertama, kamu harus memastikan bahwa permohonan pengembalian barangmu telah disetujui oleh Shopee.

Setelah permohonanmu disetujui, Shopee akan mengembalikan uangmu sesuai dengan metode pembayaran yang kamu gunakan saat melakukan pembelian.

Jika kamu melakukan pembayaran dengan menggunakan saldo ShopeePay, maka uangmu akan dikembalikan ke dalam saldo ShopeePay-mu.

Namun, jika kamu melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau transfer bank, maka uangmu akan dikembalikan ke dalam rekening bank atau kartu kredit yang kamu gunakan.

Kedua, proses pengembalian uang di Shopee dapat memakan waktu yang berbeda-beda tergantung pada metode pembayaran yang kamu gunakan.

Pengembalian uang melalui ShopeePay biasanya lebih cepat dan dapat diproses dalam waktu 1-3 hari kerja.

Namun, jika kamu menggunakan metode pembayaran lainnya, proses pengembalian uang bisa memakan waktu 7-14 hari kerja tergantung pada bank atau kartu kredit yang kamu gunakan.

Ketiga, perlu diingat bahwa proses pengembalian uang bisa terhambat jika terjadi masalah atau kendala tertentu, seperti kesalahan dalam pengisian data atau kesalahan dalam memasukkan nomor rekening bank.

Oleh karena itu, pastikan kamu memperhatikan ketentuan dan syarat pengembalian barang yang berlaku di Shopee dan memberikan informasi yang lengkap dan jelas agar proses pengembalian uang dapat berjalan dengan lancar.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai cara ajukan pengembalian barang di Shopee dan proses pengembalian uang yang bisa kamu dapatkan.

Sebagai pengguna Shopee, sangat penting untuk memahami proses pengembalian barang dan syarat-syarat yang berlaku agar kamu bisa memaksimalkan pengalaman belanja onlinemu.

Pastikan kamu selalu membaca deskripsi produk dengan teliti sebelum membeli dan memperhatikan reputasi penjual sebelum melakukan transaksi.

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada penjual jika ada hal yang kurang jelas mengenai produk yang akan kamu beli.

Terakhir, selalu patuhi aturan dan etika berbelanja online dengan tidak melakukan penipuan atau tindakan yang merugikan pihak lain.

Dengan demikian, kita bisa menciptakan lingkungan belanja online yang aman dan nyaman bagi semua pihak.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: