11 Cara Android Tidak Lemot Ngegame Dijamin Efektif

Pentingnya memahami cara Android tidak lemot ngegame agar performa gaming semakin optimal. Sistem operasi Android akan menurun seiring digunakan terlalu sering untuk main game.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba agar Android tidak lemot saat main game. Kenali beragam cara-caranya berikut ini.

Syarat Main Game di Android

Game populer jenis battle royale, RPG, first person shooter, dll sangat menarik ketika tersedia di Android. Pemain dapat memainkan semuanya di mana pun dan kapan pun.

Akan tetapi, keseruan game tersebut harus didukung dengan performa perangkat yang sangat baik. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya bisa main game apa pun tanpa mengalami kendala.

1. Gunakan Handphone Android dengan OS 5.1 atau Lebih

Sistem OS berkembang sangat pesat hingga sudah masuk ke OS 13 atau yang dikenal dengan istilah tiramisu.

Bisakah main game melalui Android dengan OS lama? Bisa, kamu dapat menggunakan hp dengan OS 5.0 atau lollipop atau yang lebih besar dari itu.

2. Minimal RAM 4GB dengan Penyimpanan Internal 64GB

Untuk memperlancar nge-game, gunakan perangkat yang mempunyai sistem penyimpanan minimum RAM 4GB/64GB atau lebih besar. Di perangkat dengan penyimpanan 4GB/64GB bisa memiliki 1-2 game berukuran besar.

Kalau mau lebih stabil lagi, bisa menggunakan perangkat dengan 8GB/128GB contohnya Samsung A54 5G. Untuk memulainya, kamu bisa menggunakan hp android lama contohnya Oppo A37f, Oppo A7, dan variasi lainnya.

3. Install Game dari Play Store

Kalau mau main di Android dapatkan aplikasi dari Play Store supaya terjamin aman dan terhindar kerusakan perangkat.

Cara Agar Android tidak Lemot Ketika Digunakan Main Game

Nikmati performa gaming di Android yang lancar setiap harinya dengan cara mengoptimalkan kinerja handphone. Dengan mengenal cara Android tidak lemot ngegame, pengguna lebih leluasa bermain Free Fire, Zepeto, dan Mobile Legend di handphone.

Beberapa tips berikut bisa kamu gunakan terutama untuk pengguna  Android dengan RAM sedikit seperti Oppo A37f, Realme 2 Pro, dll. Pahami cara agar hp Oppo A37F tidak lag saat main game serta jenis handphone android lainnya.

1. Rajin Menghapus Cache

Cache merupakan ruang penyimpanan sementara salah satunya berfungsi menyimpan data pencarian hingga data kata sandi dari aplikasi maupun layanan lain.

Ketika dibiarkan, cache akan mengurangi kinerja handphone maka dari itu kalau mau main game dengan lancar harus menghapus Cache. Setelah cache dihapus, pengalaman main game pasti lebih baik lagi.

2. Hapus File Berukuran Besar yang Kurang Berguna

File video maupun dokumen yang berukuran besar dapat memperlambat sistem operasi handphone. Agar tidak mengganggu saat main game, sebaiknya hapus file yang tidak penting supaya kinerja hp berjalan lancar.

3. Sering Memperbarui Aplikasi Game

Cara Android tidak lemot ngegame berikutnya adalah sering memperbarui aplikasi permainan. Buka Play Store kemudian klik update pada aplikasi agar bisa memainkan versi terbaru dan tidak nge-lag.

4. Akses Menggunakan Koneksi 4G atau Wifi

Koneksi internet sangat penting untuk menjalankan game supaya tidak lemot. Pemain sangat disarankan menggunakan koneksi internet stabil contohnya berbasis 4G atau Wifi supaya lancar.

5. Non-aktifkan Aplikasi yang Sedang Aktif

Menonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan merupakan salah satu cara Android tidak lemot ngegame. Hal itu bisa mengurangi penggunaan RAM sehingga sistem operasi perangkat tidak terlalu berat.

6. Jangan Main Game Ketika Mengisi Daya

Selain menyebabkan lemot, handphone akan mengalami overheat kalau digunakan sambil mengisi daya. Supaya stabil matikan data seluler dan redupkan layar hp sehingga proses pengisian daya jadi lebih cepat.

7. Gunakan Handphone Android dengan RAM yang Besar

Game memiliki ukuran yang besar bahkan menyedot seluruh ruang penyimpanan. Mobile Legend, Free Fire, Garena AOV, serta game ternama lainnya memiliki ukuran yang besar.

Untuk meningkatkan sistem operasi, kamu harus menggunakan hp yang memiliki RAM tinggi. Gunakan  Asus ROG Phone 7 hingga Samsung S23 Ultra 5G untuk meningkatkan pengalaman main game supaya tidak lemot.

8. Uninstall Aplikasi yang Jarang Digunakan

Pastikan aplikasi memiliki ruang penyimpanan yang cukup agar tidak lemot. Maka dari itu cara Android tidak lemot ngegame lainnya adalah melakukan uninstall aplikasi yang jarang digunakan.

Uninstall aplikasi ini sangat berguna untuk mengosongkan RAM supaya tetap stabil. Beberapa aplikasi berukuran besar seperti TikTok, Instagram, serta game lain yang jarang dimainkan lebih baik di uninstall.

9. Install Aplikasi Booster

Sebenarnya main game di Android sangat nyaman apalagi perangkat ini memiliki program booster.

Ada beragam aplikasi booster yang dapat digunakan salah satunya DU Speed Booster yang bisa digunakan. Aplikasi booster ini digunakan untuk memperlancar kinerja handphone.

10. Lakukan Restart Handphone

Ketika Android mengalami overheat dan nge-lag segera keluar dari game kemudian restart handphone. Diamkan perangkat selama beberapa saat hingga suhu-nya menurun sehingga dapat digunakan kembali.

11. Jangan Menggunakan Aplikasi Mod

Agar terhindar kerusakan perangkat, hindari download aplikasi mod atau aplikasi game dari sumber tak dikenal. Mengunduh game mod dari sumber tak dikenal berisiko kena virus hingga malware.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Android tidak Lemot Ngegame

Bagaimana Cara Main Game Agar Kualitas Perangkat tidak Menurun?

Pertama, kamu harus download game yang sesuai dengan kapasitas perangkat. Selanjutnya, daftar akun untuk bermain game kalau sudah silakan mulai permainan. Game bisa dimainkan sendirian atau secara multiplayer seperti Mobile Legends.

Apakah Aplikasi Antivirus Menyebabkan Hp Lemot Saat Nge-game?

Sebenarnya aplikasi antivirus tidak terlalu dibutuhkan terutama untuk pengguna IOS. Apalagi android sudah memiliki Google Play Protect sehingga lebih aman. Agar tidak mengganggu kinerja hp sebaiknya uninstall apk antivirus.

Apakah Perlu Mengaktifkan Mode Hemat Daya Saat Nge-game?

Tidak perlu, kalau kamu mengaktifkan mode hemat daya sebaiknya matikan fitur tersebut. Jika mode ini diaktifkan, justru handphone bakal lemot sehingga kurang disarankan menggunakan layanan ini.

Artikel Menarik Lainnya: