Cara Bayar Akulaku Lewat OVO Beserta Biaya Adminnya

Cara bayar Akulaku lewat OVO ini penting untuk kamu ketahui apalagi bagi kamu yang merupakan pengguna layanan tersebut. Dan pada kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana cara bayar Akulaku lewat OVO berikut syarat bayarnya.

Akan dibahas pula biaya admin hingga keuntungan, kekurangan dan biaya admin hingga denda keterlambatan. Simak sampai akhir ya!

Syarat Bayar Akulaku Lewat OVO

Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya layanan Akulaku ini memiliki beberapa metode pembayaran salah satunya menggunakan aplikasi mobile banking, ATM, e-commerce hingga e-wallet salah satunya menggunakan OVO.

Namun, sebelum beranjak ke cara bayar Akulaku lewat OVO kamu perlu mengetahui apa saja syarat yang perlu kamu penuhi agar transaksi dapat berjalan dengan lancar, diantaranya adalah:

1. Memiliki Aplikasi Akulaku

Nah, untuk dapat melakukan cara bayar ini kamu perlu memiliki aplikasi Akulaku terlebih dahulu agar kamu mendapatkan kode pembayaran nanti ketika akan membayar tagihan Akulaku.

2. Memiliki Aplikasi OVO

Selanjutnya kamu harus memiliki aplikasi OVO karena metode bayar ini kita akan memanfaatkan salah satu e-wallet OVO jadi kamu perlu mendownload terlebih dahulu aplikasi tersebut untuk melakukan transaksi pembayaran.

3. Memiliki Kode Pembayaran

Perlu kamu ketahui bahwasanya di Akulaku tidak ada pembayaran langsung ke OVO hanya saja kita memanfaatkan salah satu kode virtual account Bank yaitu bank Permata.

Dan kamu akan mendapatkan kode pembayaran tersebut setelah memilih metode pembayaran kode VA salah satu bak tinggal kamu salin saja.

4. Memiliki Saldo yang Mencukupi

Selanjutnya di akun OVO kamu sebelum melakukan pembayaran lebih baik kamu cek terlebih dahulu apakah saldo yang kamu miliki ini mencukupi atau tidak jika tidak kamu bisa melakukan top up terlebih dahulu.

5. Membayar Biaya Admin

Dan jangan lupa bukan hanya menyediakan saldo untuk bayar tagihan Akulaku saja kamu juga perlu memiliki saldo untuk membayar biaya admin dan biaya admin tersebut cukup terjangkau tapi kalau kurang pembayaran akan gagal.

6. Memiliki Jaringan Internet yang Stabil

Perlu diingatkan kembali jika melakukan cara ini merupakan cara online jadi kamu perlu perhatikan jika jaringan harus stabil hal itu akan berpengaruh terhadap transaksi nantinya.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya di atas bahwa Akulaku belum memiliki fitur langsung untuk transaksi lewat OVO. Namun, kamu bisa memanfaatkan virtual account salah satu bank sebagai tujuan pembayaran.

Karena di Akulaku hanya menyediakan transaksi transfer bank, Alfamart dan Indomaret. Oleh sebab itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini jika kamu belum tahu bagaimana cara melakukannya:

  • Untuk langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah kamu buka dan jalankan aplikasi Akulaku milikmu
  • Selanjutnya kamu bisa klik menu kredit di bagian paling bawah
  • Selanjutnya pilih “Lihat Tagihan” pada pojok kanan atas
  • Dan akan muncul informasi rincian cicilan Akulaku yang harus di bayar. Langsung saja scrol ke bawah dan pilih “Lunasi Sekarang”
  • Di sini kamu boleh menentukan untuk bayar semuanya atau sebagian (minimal Rp.50.000,-) dan setelah itu kamu bisa klik “Bayar Sekarang”
  • Pada pilihan metode pembayaran, silahkan klik bank mana yang sudah terhubung dengan akun Akulaku selanjutnya muncul nomor virtual account sebagai kode pembayaran dan kamu bisa salin kode tersebut
  • Untuk melanjutkan transaksi kamu bisa buka aplikasi OVO di smartphone yang kamu miliki
  • Kemudian setelah itu kamu bisa pilih menu “Transfer”
  • Pada pilihan tujuan kamu klik rekening bank
  • Setelah itu, pada pilihan tujuan kamu klik ke “Rekening Bank”
  • Dan pilih salah satu Bank yang sesuai dengan yang kamu pilih di aplikasi Akulaku
  • Dan kemudian tempelkan kode pembayaran yang sudah di salin dari Akulaku
  • Kemudian ketikan nominal pembayaran yang ingin di bayar
  • Di halaman konfirmasi pastikan bahwa semua data sudah sesuai dan klik “Transfer”
  • Kemudian setelah itu, kamu masukkan 6 digit PIN OVO untuk menyelesaikan transaksi bayar cicilan Akulaku
  • Dan terakhir di layar smartphone akan muncul pemberitahuan bahwa proses bayar Akulaku lewat OVO telah berhasil

Nah, itu dia langkah-langkah cara bayar Akulaku lewat OVO dimana kamu perlu memilih kode VA di salah satu bank dan jangan lupa untuk cek detail transaksi jika kode pembayaran salah maka bisa jadi salah alamat atau transaksi gagal.

Biaya Admin Bayar Akulaku Lewat OVO

Nah, setelah mengetahui langkah-langkah cara bayar Akulaku lewat OVO pastinya kamu akan bertanya-tanya jika menggunakan cara ini apakah dikenakan biaya admin? Dan jawabannya adalah iya.

Jika kamu melakukan transaksi ini kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.2.500,- untuk setiap kali melakukan transaksi. Dan menurut kamu biaya admin tersebut cukuplah terjangkau dan murah.

Dan biaya admin tersebut langsung terpotong dari saldo OVO jadi perlu perhatikan saldo OVO kamu selain bayar tagihan tapi juga cukup untuk bayar biaya admin. Jadi, menggunakan cara ini cukup ringan adminnya.

Batas Pembayaran Cicilan Akulaku Per Bulan

Bagi kamu yang memiliki tagihan Akulaku tentunya memiliki kewajiban setiap bulannya untuk membayar. Dan tentunya kamu perlu tahu kapan batas waktu pembayaran Akulaku. Agar kamu tidak dikenakan denda keterlambatan.

Jadi, kamu pengguna Akulaku akan memiliki batas waktu pembayaran atau jatuh tempo pembayaran dan setiap pengguna memiliki batas waktu yang berbeda-beda hal tersebut disesuaikan dengan pertama mereka melakukan kredit.

Dan batas waktu tersebut disesuaikan dengan tanggal cetak tagihan yang digunakan jika kamu memiliki cetak tagihan di tanggal 16, 26 dan 11 maka untuk tanggal jatuh tempo adalah tanggal 2, 10, dan 25 di bulan berikutnya.

Berapa Denda Keterlambatan Bayar Akulaku

Nah, bagi kamu pengguna layanan kredit Akulaku kamu perlu ketahui bahwa ada denda keterlambatan ketika kamu mengalami keterlambatan membayar tagihan Akulaku. Dan sebenarnya jika telat satu sampai enam hari kamu tidak akan dikenakan denda apapun.

Tapi, di hari ke 7 kamu bisa dikenakan denda Akulaku Paylater sebesar 2 % jika belum membayar tagihan juga seperti yang seharusnya. Dan jika masih belum juga membayar maka di hari ke 14 akan dikenakan denda sebesar 4% dari jumlah tagihan.

Dan jika kamu masih menunggak sampai satu bulan lamanya maka perminggunya akan dikenakan biaya denda 2% dan per bulan sekitar 10 persen jadi ini lumayan banget kan?

Jika kamu memiliki tunggakan sebesar Rp.1000.000,- maka jika 10% dari tunggakan kamu akan membayar biaya tagihan dan denda sebesar Rp.1100.000,- dan itu lumayan banget kan?

Maka dari itu kamu pastikan untuk membayar sesuai tepat dengan waktu jatuh tempo tagihan Akulaku agar tidak terkena denda keterlambatan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara bayar Akulaku lewat OVO yang telah tim Msutakim Media bagikan mulai dari syarat bayar, cara bayar, biaya admin hingga dana keterlambatan semoga informasi ini bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: