Cara Bayar BPJS Lewat Aplikasi Dana Syarat dan Keuntungannya

Perkembangan tenkologi kini semakin canggih bayar-bayar kini sudah semakin praktis ada e-wallet yang bernama Dana kamu tidak perlu memiliki rekening bank hanya dengan Dana kamu bisa transaksi secara cashless.

1 Fashion murah

Mulai dari bayar tagihan hingga transfer bisa menggunakan aplikasi Dana. Lantas bagaimana cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana? Nah, bagi kamu yang belum mengetahui caranya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan caranya.

fashion muslim murah

Syarat Bayar BPJS Lewat Aplikasi Dana

Untuk memudahkan peserta BPJS Kesehatan membayar iuran secara tepat dan praktis, peserta dapat menggunakan dompet digital Dana. Dana sendiri merupakan dompet digital yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi secara online.

Sama seperti rekanan kanal pembayaran iuran BPJS Kesehatan lainnya pengguna yang menggunakan Dana sebagai metode pembayaran iuran BPJS Kesehatan akan di biaya admin yang cukup terjangkau.

Selain menyediakan layanan pembayaran iuran BPJS secara manual Dana juga memberikan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan Autodebet yang membantu untuk membayar tagihan secara tepat waktu dan menghindari berbagai tunggakan iuran.

Sebelum beranjak ke cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana selanjutnya kamu perlu simak apa saja syarat bayar BPJS lewat aplikasi Dana, berikut penjelasan lengkapnya:

1 Fashion murah

1. Memiliki Aplikasi Dana

Nah, untuk syarat yang pertama ketika akan menggunakan cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana kamu perlu memiliki aplikasi Dana nya terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum memilikinya kamu bisa langsung download di Google Play Store.

Selain mendownloadnya kamu perlu mendaftarkan nomor HP sebagai nomor rekening Dana kamu pastikan nomor aktif di HP tersebut dan upgrade aplikasi Dana ke Dana Premium agar transaksi berjalan lancar.

2. Memiliki Saldo Dana

Selain kamu perlu memiliki aplikasi Dana dan melakukan upgrade ke aplikasi premium selanjutnya kamu juga perlu memiliki saldo Dana dimana saldo ini bisa di isi baik menggunakan transfer dari bank atau gerai conter terdekat.

3. Memiliki ID Pelanggan dan Kode Pembayaran

Tidak hanya itu, jika kamu akan melakukan cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana kamu perlu memiliki ID Pelanggan BPJS kamu atau kode pembayaran jika akan menggunakan virtual account sebuah bank agar pembayaran semakin mudah.

4. Memiliki Jaringan Internet yang Stabil

Tidak lupa saya mengingatkan jika cara ini merupakan cara online jadi kamu perlu pastikan jika jaringan internet yang kamu miliki dalam keadaan stabil hal ini bertujuan agar ketika melakukan transaksi dapat berjalan dengan lancar.

5. Memiliki HP yang Support

Dan yang terakhir kamu perlu pastikan jika HP yang kamu gunakan masih bisa berfungsi dengan baik agar transaksi dapat dilakukan dengan lancar tanpa kendala apa pun.

1 Fashion murah

Demikian penjelasan mengenai beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa melakukan cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana. Berikut mari kita bahas apa saja langkah-langkah cara pembayarannya.

Cara Bayar BPJS Lewat Aplikasi Dana

Setelah mengetahui beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa melakukan cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana selanjutnya mari kita bahas bagaimana caranya. Kami akan bahas lengkap bagaimana caranya. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka aplikasi Dana yang sudah kamu unduh dari Google Play Store
  • Pada halaman utama selanjutnya kamu bisa klik “Lihat lainnya” dan kemudian kamu pilih “BPJS Kesehatan”
  • Setelah itu, kamu bisa melakukan nomor BPJS kamu dan pastikan data tagihan kamu masukkan telah sesuai
  • Setelah itu, kamu bisa lanjutkan ke metode pembayaran, dan kamu pilih bisa menggunakan saldo Dana, Bank Transfer, atau Kartu Debit yang sudah di simpan
  • Setelah itu kamu bisa klik tombol “Bayar”
  • Dan cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana telah selesai kamu bisa simpan bukti transaksi sebagai bukti pembayaran yang sah

Biaya Admin Bayar BPJS Lewat Aplikasi Dana

Dengan aplikasi Dana ini tentunya sebagai masyarakat yang memiliki banyak tagihan akan terbantu tanpa harus memiliki rekening bank kamu bisa melakukan transaksi melalui Dana dengan mudah.

Nah, terkait cara bayar BPJS lewat Aplikasi Dana apakah menggunakan biaya administrasi. Biaya administrasi ini disingkat atau sering dikatakan sebagai biaya admin dan biasanya biaya ini akan terpotong saat melakukan transaksi ke pihak lain.

Seperti halnya cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana ini sama seperti rekenan kanal pembayaran iuran BPJS kesehatan lainnya.

Pengguna yang menggunakan Dana sebagai metode pembayaran iuran BPJS kesehatan akan dikenakan biaya administrasi sejumlah Rp.2.500,- untuk setiap kali melakukan transaksi pembayaran.

1 Fashion murah

Nah, selain menyediakan layanan pembayaran iuran BPJS secara manual di atas Dana juga memberikan kemudahan bagi peserta BPJS kesehatan yang menggunakan fitur BPJS kesehatan autodebet.

Yang dimana dapat membantu untuk membayar tagihan secara tepat waktu dan menghindari berbagai tunggakan iuran, untuk selengkapnya mari kita simak bagaimana cara membayar iuran BPJS kesehatan melalui Dana dengan mendaftar fitur autodebet.

Cara Mengaktifkan Fitur Autodebet BPJS Kesehatan Dana

Dan berikut merupakan beberapa langkah cara aktivasi fitur autodebet BPJS kesehatan Dana, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka aplikasi Dana ynag kamu miliki
  • Selanjutnya pada halaman utama kamu bisa pilih “Lihat Lainnya”
  • Pada menu “Asuransi Pribadi” kamu bisa klik “BPJS Kesehata”
  • Dan kemudian setelah itu kamu bsia masukkan nomor ID BPJS kamu
  • Jika belum pernah mendaftar BPJS kamu secara atodebet di platform lain kamu bisa klik “Daftar Autodebet”
  • Dan selanjutnya kamu masukkan detail informasi peserta berupa nomor rekening bank, nama pemilik rekening, nomor ponsel dan alamat email
  • Selanjutnya masukkan detail berlangganan berupa nama langganan dan tanggal pembayaran
  • Berikan centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Selanjutnya kamu bisa klik “Berlangganan”

Dan untuk informsi bahwa metode pembayaran yang untuk autodebet BPJS kesehatan di Dana hanya dapat menggunakan saldo Dana. Maka dari itu pastikan saldo Dana mencukupi sebelum jatuh tempo pembayaran.

Selain itu kamu juga tidak dapat berhenti berlangganan BPJS kesehatan autodebet melalui aplikasi Dana. Untuk berhenti autodebet kamu bisa silahkan kunjungi kantor BPJS kesehatan terdekat demikian cara bayar BPJS lewat aplikasi Dana .

Semoga apa yang tim Mustakim Media sampaikan di atas dapat bermanfaat dan tentunya membantu bagi kalian yang membutuhkan informasi mengenai informasi tersebut.

1 Fashion murah

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Bayar BPJS Lewat Aplikasi Dana

Bayar BPJS bisa lewat apa saja?

Cara bayar BPJS ini tidak hanya bisa lewat Dana sana jadi banyak ragamnya dan berikut kamu bisa memilih kamu bisa membayar lewat aplikasi m-banking, dompet digital lain seperti OVO, LinkAja ShopeePay hingga menggunakan e-commerce seperti Tokopedia dan juga Shopee.

BPJS kelas 3 itu harganya berapa?

Kelas 1 Rp.150.000,- kelas 2 Rp.100.000,- dan kelas 3 Rp.35.000,- untuk setiap orang per bulannya.

Denda BPJS jika telat?

Tidak ada denda tapi kamu wajib membayar agar bisa mendapatkan manfaat BPJS kesehatan selanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu