Cara Bayar Home Credit Lewat Dana Beserta Biaya Adminnya

Cara Bayar Home Credit Lewat Dana Beserta Biaya Adminnya

Home Credit merupakan salah satu fintech lending yang menyediakan layanan kredit baik secara online maupun offline. Kita ketahui bahwa Home Credit ini juga banyak menyediakan jenis layanan yang banyak pilihannya.

Tak hanya itu, cara bayar Home Credit juga banyak caranya. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara bayar Home Credit lewat Dana. Kamu yang belum mengetahuinya bisa simak artikel ini sampai selesai.

Syarat Bayar Home Credit Lewat Dana

Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya Home Credit bukan hanya mudah dalam pengajuan pinjaman. Namun, juga memberikan kemudahan dalam membayar tagihan salah satunya metode bayar Home Credit lewat e-wallet.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan metode bayar Home Credit lewat Dana. Dana sendiri merupakan salah satu e-wallet yang cukup populer di Indonesia yang penggunaannya cukup mudah.

Nah, sebelum melakukan cara bayar ini tentunya kamu perlu mengetahui bahwa cara ini memiliki syarat yang perlu kamu penuhi. Lantas apa saja yang harus kamu penuhi untuk syarat bayar Home Credit lewat Dana, ini penjelasannya:

1. Memiliki Aplikasi Home Credit

Nah, untuk syarat yang pertama yang perlu kamu miliki yaitu kamu perlu memiliki aplikasi Home credit dimana kamu perlu mengetahui bahwa aplikasi ini bermanfaat untuk melihat jumlah tagihan.

Selanjutnya kamu juga perlu mengetahui bahwa aplikasi ini juga bermanfaat untuk melihat pembayaran kamu berhasil atau tidak nantinya.

2. Memiliki Aplikasi Dana Premium

Selanjutnya syarat yang perlu kamu penuhi yaitu kamu perlu memiliki aplikasi dana dan tentunya aplikasi ini merupakan aplikasi untuk melakukan pembayaran. Tak hanya perlu memiliki aplikasinya.

Kamu juga perlu meng-upgrade aplikasi ini ke Dana Premium agar fitur yang terdapat dalam aplikasi terbaru lebih lengkap.

3. Memiliki Saldo yang Mencukupi

Tak hanya itu, kamu juga perlu memiliki saldo yang mencukupi untuk membayar tagihan yang kamu miliki. Dan pastikan ada saldonya, jika tidak ada saldo kamu perlu melakukan top up terlebih dahulu.

4. Memiliki Kode Pembayaran

Kemudian kamu perlu memiliki kode pembayaran jika kamu menggunakan kode pembayaran ini bisa kamu dapatkan di aplikasi Home Credit kamu tinggal salin dan gunakan di aplikasi dana di kolom yang tersedia.

5. Memiliki Jaringan Internet Stabil

Dan ini penting juga bahwa kamu juga perlu memiliki jaringan internet yang cukup stabil karena cara ini merupakan cara online dan tentunya membutuhkan jaringan internet yang cukup stabil.

6. Memiliki HP yang Support

Dan untuk syarat terakhir yaitu kamu juga perlu memiliki Hp yang support dimana kamu akan mendownload beberapa aplikasi.

Nah, itulah beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa melakukan cara bayar Home Credit lewat Dana pastikan semua syarat terpenuhi agar pembayaran yang kamu lakukan akan berhasil.

Cara Bayar Home Credit Lewat Dana

Selanjutnya ketika kamu sudah memenuhi syarat pembayaran di atas kemudian mari kita bahas bagaimana cara bayar Home Credit lewat Dana. Dan berikut beberapa langkah yang perlu kamu ikuti untuk caranya:

1. Buka Aplikasi Dana Premium

Nah, untuk langkah pertama yang perlu kamu penuhi adalah buka Aplikasi dana yang kamu miliki dan pastikan jika kamu sudah upgrade aplikasi Dana yang kamu miliki ke versi terbaru yaitu Dana Premium.

2. Memiliki Menu Cicilan

Setelah kamu membuka aplikasi Dana Premium yang kamu miliki maka kamu akan diarahkan ke halaman utama aplikasi Dana selanjutnya kamu bisa pilih “Lihat Semua”.

Kemudian setelah itu kamu akan melihat beberapa menu lagi yang cukup banyak karena ingin bayar tagihan Home Credit jadi kamu bisa memilih menu “Cicilan” kamu bisa cari di menu pencarian.

3. Pilih “Home Credit”

Dan setelah kamu mengklik menu cicilan tersebut maka ada banyak sekali jenis penyedia cicilan. Agar lebih gampang kamu bisa cari di pencarian dengan mengetikan “Home Credit”. Maka akan muncul layanan penyedia “Home Credit” selanjutnya kamu klik “Pilih” menu tersebut.

4. Memasukkan Nomor Kontrak

Setelah itu kamu akan diarahkan ke menu selanjutnya dimana di sana terdapat kolom isian untuk ID pelanggan yang kamu miliki. Kamu bisa masukkan kode pembayaran yang kamu dapatkan di aplikasi Home Credit yang telah kamu salin sebelumnya.

5. Konfirmasi Pembayaran

Setelah kamu memasukkan kode pembayaran di selanjutnya kamu akan melihat detail konfirmasi yang ada nama pemilik kontrak, nominal tagihan dan lain sebagainya. Di sini kamu perlu pastikan jika itu memang milikmu.

Jika kamu merasa yakin jika itu merupakan tagihan milikmu maka selanjutnya kamu bisa klik “Lanjut” dan tunggu halaman berikutnya.

6. Memasukkan PIN Dana

Di sini kamu akan di suruh untuk memasukkan kode PIN 6 digit Dana yang kamu miliki sebagai konfirmasi bahwa kamu akan melakukan pembayaran menggunakan saldo Dana yang kamu miliki.

Dan sampai sini pembayaran telah berhasil maka akan muncul notifikasi berhasil di layar HP kamu. Kemudian kamu bisa simpan kode tersebut sebagai pembayaran yang sah.

Nah, itulah beberapa langkah cara bayar Home credit lewat Dana yang perlu kamu ikuti. Dimana perlu pastikan juga kamu mengisikan nomor ID pelanggan atau kode pembayaran yang tepat agar berhasil.

Biaya Admin Bayar Home Credit Melalui Dana

Setelah mengetahui langkah-langkah cara bayar Home Credit lewat dana selanjutnya kamu pastinya bertanya-tanya apakah menggunakan cara ini memerlukan biaya admin?

Jadi, perlu kamu ketahui bahwa pembayaran tagihan Home Credit lewat Dana ini tidak dikenai biaya admin alias gratis. Dimana ini menjadi salah satu keuntungan yang bisa kamu manfaatkan ketika akan menggunakan cara bayar melalui Dana.

Bukan hanya gratis bayar tagihan Home Credit, tagihan FIF juga gratis. Dan inilah penyebab kenapa Dana menjadi alat bayar yang cukup direkomendasikan untuk membayar tagihan-tagihan lainnya.

Kelebihan Bayar Home Credit Lewat Dana

Nah, untuk pembahasan selanjutnya kita akan membahas apa saja keuntungan bayar tagihan Home Credit lewat dana, berikut penjelasan lengkapnya diantaranya adalah:

  • Keuntungan pertama yaitu proses transaksi di lakukan secara mudah dan juga cepat
  • Selain itu, pembayaran secara otomatis langsung terverifikasi
  • Tak hanya itu, keuntungan lainnya yaitu pembayaran ini sudah pasti terjamin keamanannya
  • Dan paling menguntungkan cara ini tidak di pungut biaya admin alias gratis
  • Cara ini bisa dilakuakn dimana saja dan juga kapan saja jadi sangat fleksible

Kekurangan Bayar Home Credit Via Dana

Selain kelebihan cara ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa penjelasan kekurangan yaitu:

  • Cara ini memerlukan jaringan internet yang stabil jadi kamu perlu pastikan jaringan dalam keadaan stabil
  • Selanjutnya cara ini juga memerlukan smartphone yang cukup support
  • Cara ini juga memerlukan beberapa aplikasi yang perlu kamu download sehingga memenuhi memory HP

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai cara bayar Home Credit lewat Dana yang perlu kamu ketahui dijelaskan juga syarat bayar, cara bayar dan juga kelebihan dan juga kekurangannya. Demikian penjelasan dari tim Mustakim Media semoga bermanfaat!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: