Cara Bayar Home Credit Lewat Shopee Beserta Syaratnya

Cara Bayar Home Credit Lewat Shopee Beserta Syaratnya

Cara bayar Home Credit lewat Shopee ternyata mudah banget. Tak hanya bisa digunakan untuk bayar belanjaan di Shopee, pembayarannya pun dapat dilakukan di aplikasi tersebut. Dengan membayar tagihan tepat waktu, kamu dapat meningkatkan kredit point dan limit.

Sebelum ke cara bayar, pastikan kamu mengetahui syarat pembayaran, kode bayar, biaya admin, dan kendala apa yang biasa terjadi. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Syarat Bayar Home Credit Lewat Shopee

Membayar Home Credit tepat waktu adalah kewajiban pengguna untuk menghindari riwayat kredit yang buruk. Bagi kamu yang mau memanfaatkan aplikasi Shopee sebagai media pembayaran tagihan, simak dulu syarat-syaratnya berikut ini.

1. Sudah Punya Akun Shopee

Untuk membayar tagihan kredit lewat Shopee, kamu harus memiliki akun aplikasi e-commerce tersebut. Membuat akun sangat mudah karena hanya menggunakan nomor handphone dan email.

2. Telah Mengaktifkan Shopee Pay

Guna memudahkan prosesnya, pastikan akun kamu telah menggunakan uang elektronik Shopeepay. Aktifkan fitur uang elektronik dengan menggunakan KTP, email, dan nomor handphone.

3. Memastikan Saldo Shopeepay Cukup untuk Melunasi Tagihan

Pertama, kamu perlu memastikan ketersediaan saldo Shopeepay untuk membayar tagihan. Sebelum itu, cek dulu jumlah tagihan melalui aplikasi Home Credit.

4. Memiliki Kode Pembayaran

Berapakah kode pembayaran Home Credit melalui aplikasi Shopee? Kamu cukup memasukkan nomor kontrak sebanyak 10 digit yang disalin dari aplikasi Home Credit. Contoh kode bayar atau nomor kontrak pembayaran 375 030 4496.

Adakah Biaya Admin Setiap Bayar Home Credit Lewat Shopee?

Selain prosesnya mudah dan bisa dilakukan kapan saja, bayar Home Credit lewat shopee tanpa biaya admin alias (Rp. 0). Hal tersebut merupakan kabar baik bagi pengguna Home Credit karena bisa melunasi pembayaran lebih cepat dan hemat.

Cara Bayar Home Credit Lewat Shopee

Bayar tagihan Home Credit bisa kapan saja dan di mana saja, salah satunya bisa bayar lewat Shopee. Cara tersebut merupakan salah satu solusi ketika malas ke ATM atau minimarket. Kamu dapat menghindari denda 8% dengan membayar tepat waktu.

Proses pembayarannya pun sangat cepat, kalau jaringan bagus dan sudah hafal nomor kontrak pembayaran bisa selesai kurang dari 5 menit. Bagaimana cara bayar Home Credit lewat Shopee? Simak panduan lengkapnya berikut ini.

1. Login ke aplikasi Home Credit untuk mengetahui nomor kontrak

2. Masukkan PIN untuk masuk ke halaman pertama aplikasi Home Credit

3. Pilih menu Home Credit BayarNanti

4. Salin nomor kontrak yang ditampilkan

5. Buka aplikasi shopee

6. Pilih menu pulsa, tagihan & tiket

7. Pilih menu angsuran kredit yang ada di bagian tagihan

8. Scroll layar hingga menemukan “Home Credit”

9. Pilih Home Credit lalu masukkan no. pelanggan atau nomor kontrak

10. Klik Periksa tagihan

11. Setelah jumlah tagihan dan nama pengguna ditampilkan langsung klik bayar sekarang

12. Kamu dapat menggunakan saldo Shopee pay lalu masukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi

Kendala Pembayaran Home Credit Lewat Shopee

Bagi kamu yang mau menggunakan aplikasi Shopee untuk membayar tagihan kredit pastikan tidak terjadi kendala. Inilah beberapa kendala yang biasa terjadi dan menggagalkan transaksi.

1. Tidak Tahu Nomor Kontrak Pembayaran

Kendala yang biasa terjadi salah satunya pelanggan lupa nomor kontrak pembayaran dan tidak bisa login ke aplikasi. Kalau kendala ini terjadi, kamu harus menghubungi call center Home Credit untuk menanyakan nomor kontrak pembayaran.

2. Lupa PIN Shopeepay

Selain lupa nomor kontrak, kendala lainnya lupa PIN Shopeepay. Sebaiknya kembali ke halaman utama, lalu atur ulang PIN agar layanan dapat digunakan lagi.

3. Gangguan Koneksi Internet

Transaksi bisa gagal kalau koneksi internet tidak stabil, pastikan perbaiki koneksi internet atau gunakan wifi saat mau melakukan pembayaran.

4. Aplikasi Shopee Error

Apabila pembayaran tagihan kredit gagal, hal tersebut dapat disebabkan oleh aplikasi error karena maintenance, terlalu banyak cache, atau belum diperbarui. Hindari kendala akibat aplikasi error dengan menghapus cache dan memperbarui aplikasi.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Bayar Home Credit Lewat Shopee

Bisakah Membayar Seluruh Cicilan Home Credit Lewat Shopee?

Bisa, kamu dapat memilih pembayaran lewat Shopee untuk melunasi semuanya karena 1 nomor kontrak meliputi semua cicilan yang kamu punya.

Bagaimana Kalau Telat Membayar Home Credit?

Kalau telat membayar akan kena denda 8%, nilai tagihan dan denda akan ditampilkan saat pengguna memasukkan nomor kontrak di Shopee.

Berapa Lama Proses Verifikasi Pembayaran Home Credit Lewat Shopee?

Home Credit membutuhkan waktu 2×24 jam untuk verifikasi setelah pembayaran.
Kalau sudah 3 hari setelah pembayaran, tapi tagihan masih ada segera hubungi call center Home Credit.

Bisakah Pembayaran Home Credit Menggunakan Shopee Pinjam?

Tidak bisa, pembayaran hanya bisa menggunakan saldo Shopee pay atau transfer via bank menggunakan kode bayar baru dari shopee.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: