Cara Bayar Paspor Di ATM Mandiri Syarat Dan Biaya Admin

Cara Bayar Paspor di ATM Mandiri Syarat dan Biaya Admin

Cara Bayar Paspor di ATM Mandiri Syarat dan Biaya Admin

Pembayaran biaya permohonan paspor bisa dilakukan setelah semua data aplikasi M-Paspor selesai diisi. Nantinya pemohon akan mendapatkan 15 digit kode billing yang bisa digunakan untuk proses pembayaran.

Ada banyak metode pembayaran salah satunya menggunakan ATM Mandiri. Lantas bagaimana cara bayar paspor di ATM Mandiri? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena akan dijelaskan tim Mustakim Media secara lengkap.

Syarat Bayar Paspor di ATM Mandiri

Salah satu aplikasi pengajuan Paspor online adalah M Paspor dari aplikasi inilah kamu akan mendapatkan kode pembayaran yang berjumlah 15 digit kode billing untuk dilanjutkan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran.

Bisa melalui ATM, internet banking, mobile banking, e-wallet dan lain sebagainya. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara bayar Paspor di ATM Mandiri. namun, sebelum melanjutkan ke caranya.

Kamu perlu ketahui terlebih dahulu bahwa cara bayar ini perlu memenuhi beberapa syarat pembayaran agar pembayaran dapat berjalan dengan lancar. Berikut beberapa syarat yang perlu kamu penuhi, diantaranya adalah:

1. Memiliki Kode Billing

Nah, untuk syarat yang pertama ketika kamu akan melakukan cara bayar Paspor di ATM Mandiri kamu perlu memiliki kode billing yang berjumlah 15 digit dan kode tersebut bisa kamu dapatkan di aplikasi M Paspor setelah mengisi data.

2. Memiliki Kartu ATM Mandiri

Selanjutnya selain memiliki kode billing cara bayar ini tidak akan bisa dilakukan jika kamu tidak memiliki kartu ATM Mandiri maka dari itu pastikan jika kartu ATM Mandiri kamu sudah aktif dan bisa digunakan.

Dan untuk mendapatkan kartu ATM Mandiri ini tentunya kamu perlu menjadi salah satu nasabah Bank Mandiri kamu bisa mendaftarkan diri secara online maupun offline.

3. Memiliki Saldo yang Mencukupi

Selain memiliki kartu ATM Mandiri kamu juga perlu memiliki saldo yang mencukupi untuk membayar Paspor tersebut jadi pastikan terlebih dahulu apakah saldo yang kamu miliki ini mencukupi untuk melakukan pembayaran atau tidak.

4. Mengunjungi ATM Mandiri

Dan yang terakhir kamu juga perlu mengunjungi ATM Mandiri terdekat iyalah kan cara pada kesempatan kali ini yaitu cara bayar Paspor via ATM Mandiri jadi carilah ATM Mandiri terdekat dengan daerah kamu tinggal sekarang.

Nah, itulah beberapa syarat untuk melakukan cara bayar Paspor di ATM Mandiri yang perlu kamu penuhi agar proses pembayaran lancar dan tentunya tidak mengalami kendala kegagalan jadi pastikan semua syarat terpenuhi.

Cara Bayar Paspor di ATM Mandiri

Perlu kamu ketahui jika syarat telah kamu penuhi semua perlu kamu ketahui juga, pembayaran paspor tidak hanya bisa dilakukan lewat transfer bank saja.

Karena bisa juga melalui transfer ATM, internet banking, m-banking, dan setor tunai melalui teller bank Presepsi Simponi.

Harap di ingat juga bahwa terdapat batas waktu pembayaran biaya permohonan paspor. Jadi, sebaiknya kamu perlu sesegera mungkin melakukan pembayaran. Dan berikut beberapa langkah cara bayar Paspor di ATM Mandiri, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah kunjungi ATM Mandiri terdekat yang ada di daerah kamu berada sekarang
  • Selanjutnya kamu bisa masukkan kartu ATM Mandiri yang kamu miliki selanjutnya masukkan PIN ATM Mandiri yang kamu miliki
  • Kemudian setelah itu kamu bisa pilih menu “Bayar/Beli”
  • Selanjutnya setelah klik menu tersebut kamu bisa pilih lagi menu “Penerimaan Negara”
  • Kemudian setelah itu, ada beberapa pilihan lagi maka selanjutnya kamu bisa pilih menu “Pajak/PNBB/Cukai”
  • Dan saat memilih menu tersebut selanjutnya kamu bisa memasukkan kode billing yang telah kamu dapatkan dari M-Paspor sebelumnya dimana kode tersebut terdiri dari 15 digit angka yang bisa kamu tuliskan di tempat yang tersedia di layar ATM
  • Selanjutnya kamu klik “Ya”
  • Maka akan muncul detail transaksi pembayaran transaksi atas nama kamu dan jumlah nominalnya jika ini pembayaran milik kamu
  • Jika dipastikan dtail transaksi tersbeut sudah benar maka kamu bisa melakukan konfirmasi pembayaran dan klik angkas 1 di mesin ATM
  • Selanjutnya kamu lakukan pembayaran dan tunggu hingga struk pembayaran keluar dan dapatkan
  • Kemudian setelah itu, kamu bisa ambil struk pembayaran dan ATM Mandiri kamu sebelum meninggalkan mesin ATM Mandiri
  • Selesai

Biaya Admin Bayar Paspor di ATM Mandiri

Nah, berbicara mengenai biaya admin tentunya cara bayar paspor di ATM Mandiri ini memiliki biaya admin dimana kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.7.500,- untuk setiap kali melakukan transaksi.

FAQ | Pertanyaan Seputar Cara Bayar Paspor di ATM Mandiri

Bayar Paspor bisa melalui apa saja?

Jadi, bayar paspor ini bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran seperti melalui ATM, marketplace, minimarket, transfer bank dan lain sebagainya.

Kode Billing M-Paspor Muncul Dimana?

Nah, jadi kode billing paspor ini akan muncul setelah kamu sebagai pemohon menyelesaikan semua tahapan pengisian data melalui aplikasi M-Paspor.

Berapa Lama Menunggu Kode billing?

Waktu penarikan atau penerbitan kode billing ini memakan waktu sekitar 1-20 menit.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: