Cara Bayar Shopee Pakai Akulaku Dengan Mudah

Cara Bayar Shopee Pakai Akulaku dengan Mudah

Cara Bayar Shopee Pakai Akulaku dengan Mudah

Pengguna aktif Shopee dan menjadi pengguna dari Akulaku, kiranya memanfaatkan dan paham bagaimana cara bayar Shopee pakai Akulaku akan sangat berguna.

Opsi pembayaran Shopee menggunakan Akulaku sendiri akan otomatis muncul pada metode pembayaran. Namun tentu dengan proses penghubungan terlebih dahulu, sehingga opsi pembayaran menggunakan Akulaku akan tersedia.

Cara Bayar Shopee Pakai Akulaku dengan Mudah

Sebelum bisa melakukan pembayaran berbelanja di Shopee menggunakan Akulaku, kamu terlebih dahulu harus memiliki akun Akulakunya dan harus aktif. Kamu juga harus sudah terdaftar secara resmi di platform Akulaku. Prosesnya mudah dan cepat. 

Panduan di bawah ini akan memudahkan kamu berbelanja dengan proses pembayaran lebih mudah serta lebih ringan. Bagaimana caranya?

1. Memilih Produk

Adalah hal pertama yang jelas harus dipastikan terlebih dahulu, lakukan pembelanjaan sesuai dengan barang yang ingin dibeli.

2. Masukkan ke Keranjang

Dengan sebelumnya harus memilih variasi terlebih dahulu jika disediakan, lalu tambahkan berapa jumlah barang yang akan dibeli.

3. Checkout

Pada tahap ini, kamu harus memastikan kebenaran terkait dengan alamat pengiriman, jenis ekspedisi yang akan digunakan. Hingga memastikan kembali benar atau tidaknya barang yang dipesan.

4. Menentukan Metode Pembayaran

Nah, pada proses atau langkah ini, kamu bisa memilih opsi metode pembayaran Akulaku Akulaku. Klik Konfirmasi dan kembali ke halaman Checkout untuk Buat Pesanan.

5. Login ke Akulaku

Sebelum melanjutkan ke halaman selanjutnya, kamu akan diminta untuk Login di halaman aplikasi Akulaku terlebih dahulu. Nanti akan ditampilkan jumlah pembayaran,

6. Memilih Tenor

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih tenor cicilan yang dikehendaki dan pastikan agar dapat memilih tenor sesuai kemampuan. Akan tersedia dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan hingga 12 bulan.

7. Otentifikasi OTP

Masukkan kode SMS OTP yang dikirimkan pada nomor yang didaftarkan di akun aplikasi Akulaku.

8. Pembayaran Berhasil

Dengan proses ini, maka berarti proses pemesanan dan pembayaran sudah berhasil.

9. Menunggu Pesanan Datang

Nah, sekarang saatnya kamu menunggu pesanan datang dan pastikan bahwa cicilan atau angsuran pembayaran dibayar secara tepat waktu.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Shopee Pakai Akulaku

1. Memiliki Limit Kredit Cukup

Cara bayar Shopee pakai Akulaku atau hal yang harus diperhatikan, adalah di akun Akulaku yang dimiliki harus dipastikan ada limit kredit yang cukup.

Bila kamu sudah terlanjur membuat pesanan saat belum memiliki akun Akulaku. Maka status pesanan yang ditampilkan pada aplikasi adalah “Belum Dibayar”.

2. Pastikan Kredit Akulaku Mencukupi

Hal ini harus dipastikan demikian, karena jika sedang memproses pesanan dan ternyata kredit Akulakunya tidak mencukupi. Maka akan diarahkan untuk pembayaran secara penuh.

Namun jika kredit Akulaku cukup, secara otomatis kamu pun akan mendapatkan opsi pembayaran cicilan.

3. Pastikan Poin Akulaku Banyak

Maksudnya adalah, ketika kredit poin atau bahkan limit kredit dari Akulaku rendah. Maka otomatis akan diminta untuk pembayaran uang muka terlebih dahulu sesuai yang ditampilkan pada aplikasi. Pun pembayarannya harus dilakukan dalam jangka waktu 1×24 jam sebelum pembayarannya berhasil.

Hal ini merupakan bagian dari bentuk meminimalisir kredit macet yang mungkin saja terjadi.

4. Nilai Cicilan di Akulaku dan Shopee Akan Berbeda

Hal ini dapat terjadi untuk mengantisipasi jika terdapat uang muka yang harus dibayar terlebih dahulu. Namun saat pelunasan, sangat bisa mengacu pada nominal aplikasi pada Akulaku.

5. Ada Biaya Tambahan

Bagi kamu yang ingin melakukan pembayaran pembelanjaan di Shopee menggunakan Akulaku, ternyata ada beban biaya yang harus dibayar. Yakni sebesar 1.5% per transaksi.

Kelebihan Belanja dan Bayar Shopee Pakai Akulaku

Ternyata adanya kerja sama antara Shopee dengan Akulaku, memberikan manfaat atau kelebihan bagi pengguna kedua aplikasi. Apa saja kelebihan tersebut?

1. Tagihan Kredit Terorganisir

Jadi nanti tagihan pembelanjaan akan terakumulasi hanya pada satu aplikasi saja. Dengannya, kamu pun akan lebih gampang mengontrol tanpa perlu beralih dari satu aplikasi ke jenis aplikasi lainnya.

2. Pengajuan Limit Kredit Mudah

Akulaku sendiri adalah salah satu platform penyalur kredit yang terintegrasi dengan sistem pengajuan daring. Jadi untuk bisa mendapatkan limit kreditnya, dapat dilakukan pengajuan dari mana saja.

Selama terhubung dengan internet dan melengkapi beberapa syarat ketentuan yang telah ditetapkan oleh Akulakunya sendiri.

Di samping hal di atas, ternyata ada kasus dimana akun Akulaku tidak muncul pada opsi pembayaran. Dan hal ini tentu harus diketahui oleh pengguna, agar solusinya bisa langsung didapatkan.

Penyebab Bayar Shope Pakai Akulaku Tidak Muncul

  1. Biasanya pengguna belum melakukan transaksi di Akulaku, pun biasanya pengguna terlebih dahulu harus melakukan transaksi minimal 200 Ribu Rupiah.
  2. Opsi penggunaan Akulaku hanya diperuntukkan bagi pengguna Shopee dengan level tertentu.

FAQ │ Tentang Cara Bayar Shopee Pakai Akulaku

Apakah ada denda apabila pembayarannya telat?

Ada, namun disesuaikan dengan jenis layanan kreditnya. Mulai dari 1% per satu hari hingga maksimal denda 10% jika masuk di minggu tertentu.

Apakah pembayaran menggunakan Akulaku terbilang praktis?

Sebenarnya lebih praktis penggunaan Shopee Paylater, namun cara pembayaran ini akan bermanfaat jika kamu pengguna setia Akulaku.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: