Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Pakai DANA Dan Pakai Shopee

Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Pakai DANA dan Pakai Shopee

Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Pakai DANA dan Pakai Shopee

Bagi pengguna layanan kartu kredit dan pengguna aplikasi DANA jelas akan membutuhkan informasi terkait dengan cara bayar tagihan kartu kredit pakai DANA seperti apa. Dengan hal tersebut maka pengguna kedua aplikasi tidak akan merasa kesulitan untuk melunasi tagihannya.

Bahkan kamu sebagai pengguna aktif layanan dari Shopee, tagihan kartu kredit juga bisa dilakukan menggunakan layanan dari Shopee. Untuk persis proses hingga caranya bagaimana, bisa langsung simak penjelasan selanjutnya ya.

Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Pakai DANA

Zaman yang sudah semakin modern, membuat masyarakat banyak yang melangsungkan kegiatan hingga transaksi secara online. Termasuk dengan bagaimana seseorang akan melakukan pembayaran tagihan kartu kredit.

  1. Pastikan aplikasi DANA sudah terpasang
  2. Buka aplikasi DANA
  3. Klik menu Semua Layanan
  4. Klik menu Kartu Kredit
  5. Pilih dan tentukan jenis penyedia bank kartu kredit yang digunakan
  6. Input nomor kartu secara benar, kemudian input juga jumlah tagihan yang ingin dibayar
  7. Selanjutnya klik menu Periksa Tagihan
  8. Lalu periksa kembali detailnya, lalu pilih Metode Pembayaran
  9. Klik Bayar Sekarang
  10. Pada halaman aplikasi metode pembayaran, klik Saldo DANA
  11. Klik Bayar dan input PIN DANA yang kamu gunakan
  12. Pembayaran berhasil

Penggunaan DANA sendiri, kamu tidak hanya bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit. Namun juga bisa digunakan untuk pembayaran listrik, pulsa, telepon, hingga air bahkan internet.

Khusus pembayaran kartu kredit, bank penerbit yang sudah tersedia dan tagihannya bisa dibayarkan via DANA adalah ada UOB. Lalu Bukopin, CIMB Niaga, DBS, Danamon, MNC, HSBC, Panin Bank, hingga Permata Bank dan QNB.

Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Pakai Akun Shopee

Jika tadi kamu melakukan pembayaran menggunakan aplikasi DANA, maka alternatif yang bisa dilakukan selain aplikasi tersebut. Adalah kamu bisa coba melakukannya menggunakan aplikasi Shopee.

Untuk proses pembayaran tagihannya harus bagaimana, bisa langsung simak uraian lengkapnya di bawah ini ya.

  1. Pertama, terlebih dahulu pastikan untuk membuka aplikasi Shopee 
  2. Masuk di halaman utama, langsung saja klik menu Pulsa, Tagihan dan Tiket
  3. Cari opsi menu Tagihan dan langsung klik menu Kartu Kredit
  4. Di menu Kartu Kredit, kamu akan melihat tampilan Masukkan Nomor Kartu Kredit. Pilihan Bank hingga Memasukkan Jumlah Pembayaran atau Tagihan dalam Rupiah
  5. Input Nomor Kartu Kredit secara benar dan sesuai dengan yang tertera pada kartu
  6. Tentukan dan pilih jenis bank yang akan dibayarkan tagihannya lalu jangan lupa untuk menginput berapa biaya tagihan yang akan dibayar
  7. Jika sudah, pilih menu Lanjutkan
  8. Kemudian kamu bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan
  9. Klik Bayar Sekarang
  10. Masukkan PIN Shopee untuk melanjutkan pembayaran

Jika ingin tahu konfirmasi pembayarannya, bisa dilihat di Halaman Rincian Pesanan. Dengan memilih Pesanan di pojok kanan atas halaman utama menu Pulsa, Tagihan dan Tiket.

Namun sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya kamu memahami beberapa catatan terlebih dahulu. Seperti:

  1. Pembayaran Kartu Kredit hanya untuk beberapa Bank saja, seperti (BNI, BRI, BTN, Bank DKI, Bank Jabar Banten, Bank Jateng, Bank Kalbar, Bank Kaltim, Bank NTB, Bank Papua, Bank Riau, Bank Sulselbar, Bank Sulteng, Bukopin, CIMB Niaga, Citibank, Danamon, Digibank by DBS, HSBC, ICBC, MNC, Mandiri, Mayapada, Maybank, Bank Mega, OCBC NISP, Panin Bank, Permata Bank, QNB, Shinhan Indo Finance, Sonarmas, Standart Chartered dan UOB).
  2. Proses verifikasi pembayaran oleh bank akan membutuhkan waktu 3 hari kerja. Maka upayakan bahwa pembayarannya dilakukan sebelum jatuh tempo
  3. Transaksi hanya akan diproses di hari kerja saja
  4. Biaya admin disesuaikan dengan ketentuan masing-masing bank
  5. Dapat memastikan bahwa Nomor Kartu Kredit yang diinput sudah sesuai, segala macam bentuk kesalahan yang disebabkan oleh pelanggan. Maka hal tersebut diluar dari tanggung jawab Shopee
  6. Pengecekan secara berkala terhadap bagaimana status transaksi pembayaran bisa langsung hubungi CS dengan menyebutkan No. Pesanan

Kesimpulan

Itulah ulasan bagaimana cara bayar tagihan kartu kredit pakai DANA dan menggunakan Shopee. Prosesnya sangat mudah. Namun pastikan agar dapat memerhatikan setiap detail proses pembayaran. Karena DANA dan Shopee hanya sebagai perantara saja, segala bentuk kesalahan input. Jelas diluar tanggung jawab dari Shopee, juga diluar tanggung jawab DANA.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: