Cara Bayar Tiket Kereta Lewat BRILink dan Biaya Adminnya

BRILink merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah Bank BRI sebagai agen yang dapat melayani transaksi real time online menggunakan fitur EDC. Dan bisa membantu pembayaran segala macam termasuk tiket kereta.

Lantas bagaimana cara bayar tiket kereta lewat BRILink? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan di artikel ini secara lengkap mulai dari syarat bayar, cara bayar, biaya admin dan lain sebagainya.

Kini bayar tiket kereta menjadi semakin mudah kamu bisa menggunakan aplikasi KAI Access untuk memesan tiket kereta api dan membayar secara offline maupun online. Dan salah satu pembayaran online kamu bisa menggunakan agen BRILink.

Jika kamu pemilik BRILink ini akan sangat mudah kamu bisa menggunakan BRILink online untuk membayar tiket tersebut. Tapi, jika kamu tidak memilikinya kamu bisa meminta bantuan agen BRILink yang melakukannya.

Sebelum beranjak ke cara bayar tiket lewat BRILink kamu perlu pahami dulu syarat bayar menggunkan metode bayar ini, diantaranya adalah:

1. Memiliki Aplikasi Kai Access

Nah, untuk pemesanan tiket kereta kamu sekarang akan lebih mudah menggunakan Aplikasi KAI Access. Dimana kamu hanya perlu download aplikasi tersebut dan memilih atau memesan tiket di KAI Acces dan dapatkan kode booking.

Kemudian setelah itu kamu bisa membayar lewat BRILink Mobile dan ini hanya dapat dilakukan oleh agen BRILink. Jika kamu buka agen BRILink kamu bisa meminta bantuan agen BRILink terdekat dengan rumahmu.

3. Membayar Biaya Admin

Selanjutnya jika kamu meminta bantuan agen BRILink maka kamu akan dikenakan biaya admin dan tentunya ini perlu dipersiapkan selain dari harga tiket yang kamu miliki.

4. Memiliki Kode Pembayaran

Dan ini tak kalah penting tanpa ini kamu tidak bisa melakukan pembayaran. Kode pembayaran ini akan kamu dapatkan jika sudah memilih metode pembayaran di aplikasi KAI Access dan kamu tinggal salin atau catat kode tersebut.

5. Memiliki Jaringan Internet yang Stabil

Dan terakhir jaringan internet ini akan kamu butuhkan ketika kamu memesan tiket di aplikasi KAI Access jadi kamu pastikan jika jaringan internet kamu dalam keadaan yang cukup stabil.

Sebetulnya cara bayar tiket kereta ini cukup banyak sekali pilihan salah satunya melalui BRILink. Namun, sebelum kamu membayar tentunya kamu perlu memesan tiket tersebut terlebih dahulu.

Tiket tersebut bisa kamu dapatkan dengan memesan di aplikasi KAI Access atau melalui websitenya yaitu di https://booking.kai.id/ dan itu merupakan solusi bagi kamu yang tidak mau download aplikasi.

Dan berikut cara bayar tiket kereta lewat BRILink kamu bisa meminta bantuan agen BRILink atau menggunakan BRILink Mobile. Begini penjelasannya:

Nah, untuk cara pertama kamu bisa membayar tiket kereta lewat BRILink melalui agennya, jika kamu bukan merupakan agen BRILink. Begini caranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pemesanan terlabih dahulu di aplikasi KAI Access atau websitenya
  • Kemudian jika kamu sudah memilih kota tujuan dan tempat duduk dan jadwal keberangkatan kamu bisa klik pesan dan memilih metode pembayaran kamu bisa pilih Bank BRI
  • Selanjutnya akan muncul kode pembayaran dan kode booking kamu bisa salin dan catat kode tersebut
  • Selanjutnya kamu bisa mengunjungi BRILink terdekat dengan rumahmu
  • Kemudian setelah itu kamu nyatakan tujuan jika ingin membayar tiket kereta
  • Dan petugas agen BRILink meminta kode pembayaran dan kamu berikan kode yang telah kamu salin atau catat tersebut
  • Dan agen BRILink akan melakukan pembayaran
  • Kamu membayar sesuai dengan jumlah tagihan
  • Dan pembayaran pun selesai dilakukan jangan lupa untuk bawa struk pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah

Dan jika kebetulan kamu merupakan seorang agen BRILink ini sangat mudah kamu bisa menggunakan BRILink yang kamu miliki, begini caranya:

  • Langkah pertama sama seperti langkah di atas kamu bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu di aplikasi KAI Access atau websitenya
  • Setelah mendapatkan kode pembayaran kamu bisa login ke aplikasi BRILink Mobile
  • Dan kamu pilih menu “Tiket Kereta Api”
  • Selanjutnya kamu masukkan kode pembayaran yang telah kamu dapatkan
  • Selanjutnya kamu perhatikan semua informasi termasuk nama dan jumlah pembayaran yang muncul di layar
  • Jika betul maka lakukan pembayarn dengan memasukkan password BRILink Mobile yang kamu miliki
  • Dan tunggu hingga transaksi berhasil dan kamu akan menerima struk pembayaran tersebut kamu bisa simpan sebagai bukti pembayaran yang sah

Perlu kamu ketahui jika biaya admin BRILink ini akan berbeda di setiap kota pastinya dan hal ini disesuaikan dengan kebijakan dari pihak BRILink sendiri. namun, ada beberapa agen yang sengaja memasang tarif lebih tinggi karena tidak ada saingan.

Namun, jika mereka banyak saingan biasanya mulai bersaing dalam menarif biaya admin. Di daerahku sendiri untuk biaya admin pembayaran tiket kereta api ini diberikan tarif sebesar Rp.3.000,- untuk setiap kali transaksi.

Dan untuk transaksi lainnya mungkin akan berbeda lagi semisal untuk transfer biasanya dikenakan biaya admin sebesar Rp.5.000,- jika di bawah Rp.1000.000,- jumlah transfernya.

Berikut beberapa kelebihan menggunakan cara bayar tiket kereta lewat BRILink, diantaranya adalah:

  • Kamu tidak perlu repot melakukan pembayaran dan ini sangat membantu bagi kalian yang takut salah bayar
  • Struk pembayaran bisa kamu dapatkan langsung
  • Biaya admin cukup terjangkau
  • Dan BRILink sudah banyak tersebar di mana-mana jadi memudahkan sekali melakukan pembayaran

Selain kelebihan tentunya cara ini juga memiliki kekurangan diantaranya adalah:

  • Cara ini kurang prakttis karena kamu perlu ke luar rumah kecuali jika kamu memiliki dan menjadi agen BRILink
  • Perlu waktu dan harus menunggu jika di agen BRILink sedang memiliki banyak pengunjung
  • Harus ada jaringan internet yang stabil

Batas Pembayaran Kode Booking KAI Access

Jika kamu melakukan pemesan tiket kereta api secara online maka kamu tidak memiliki banyak waktu untuk bisa melakukan pembayaran atau memiliki batas waktu pembayaran.

Sedangkan untuk batas waktu pembayaran tiket kereta api sampai dengan 60 menit. Setelah lebih dari itu mendapatkan kode pembayaran maka tiket dan kode booking dibatalkan oleh sistem.

Dan bagi kamu yang memilih reservasi khusus KAI Acces dengan periode pemesanan kurang dari 3 jam sampai dengan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api . Maka, batas waktu setelah mendapatkan kode pembayaran adalah 15 menit.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara bayar tiket kereta lewat BRILink mulai dari syarat bayar, cara bayar, hingga kelebihan, kekurangan dan batas pembayaran. Semoga apa yang tim Mustakim Media bagikan dapat bermanfaat ya! 

Artikel Menarik Lainnya: