Cara Beli Motor Pakai Kartu Kredit Ternyata Mudah Kok

Tahu mengenai cara beli motor pakai kartu kredit kiranya akan sangat menguntungkan bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi. Khususnya bagi masyarakat yang belum begitu memiliki banyak uang. Maka alternatifnya adalah melakukan kredit menggunakan kartu.

Cara Beli Motor Pakai Kartu Kredit

Skema pembayarannya, sebenarnya tidak berbeda dengan pembelian motor secara kredit menggunakan leasing. Nanti kamu terlebih dahulu berhutang kepada bank, lalu mencicilnya per satu bulan selama tenor yang telah disepakati.

Bedanya hanya cara serta lembaga pinjamannya. Jika kredit menggunakan leasing, kamu membayar langsung ke leasing. Jika menggunakan kartu kredit. Maka angsuran dibayangkan ke bank. Singkatnya, sama dengan melakukan pembayaran secara reguler.

1. Menentukan Tipe Motor yang Ingin Dibeli

Merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk pembelian motor menggunakan kartu kredit. Apakah ingin motor jenis sport, matic atau bahkan bebek.

Tentu pilihan pembelian dapat disesuaikan dengan selera, atau bahkan mobilitasnya akan digunakan untuk apa.

Di Indonesia sendiri sudah banyak jenis variasi motor yang dikeluarkan secara pabrikan. Tentu hal tersebut akan membuat bingung, bahkan memusingkan dalam menjatuhkan pilihan.

Namun salah satu cara yang bisa jadi alternatif, adalah dengan datang langsung ke showroom. Lihat secara fisik seperti apa jenis motor dan rupa motor yang dijual dan akan dibeli.

Bila sudah, maka kamu pun bisa melihat variasi brosur yang sudah disediakan. Nanti Pramuniaga di showroom akan siap memberikan layanan sesuai dengan apa yang ingin kamu ketahui.

Jika cukup malas untuk langsung pergi ke showroom, maka cukup melakukan browsing dengan internet. Cari informasi motor keluaran paling anyar, maka langsung buka halaman website resmi dari produsen sepeda motornya.

Jika tidak, boleh lakukan pencarian ulasan terkait produknya di forum online. Dengan membaca ulasan tadi, maka kamu akan lebih tahu apa saja kekurangan hingga kelebihan motor yang akan dimiliki.

Namun pastikan untuk dapat memilih motor sesuai dengan kebutuhan, hingga dana yang telah disiapkan sesuai kesanggupan. Jangan ikut trend dan gaya jika harus memaksakan untuk mendapatkannya.

2. Memilih Tempat Pembelian

Nah, cara beli motor pakai kartu kredit selanjutnya adalah dengan menentukan tempat dimana pembeliannya akan dilakukan. Bisa dilakukan di dealer resmi atau bahkan kamu dapat melakukannya di Marketplace Online.

Walaupun banyak dealer, nyatanya tidak semua dealer menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan credit card. Dengannya, cari informasi lebih lanjut mengenai dealer terdekat mana yang menawarkan layanan kartu kredit.

Kamu pun dapat memilihnya menggunakan marketplace online. Bahkan dapat dilakukan lebih efektif. Sebab kini sudah banyak marketplace yang menggunakan layanan credit card. Pun banyak menyediakan banyak promo menarik seperti cicilan mulai dari 0%.

Namun sebelum memilih pembelian dengan cara ini, kamu harus memastikan untuk mempersiapkan berkas dokumen. Seperti KK hingga KTP. Berkas atau dokumen tersebut, nantinya akan digunakan sebagai pembuatan STNK.

3. Memastikan Limit Kartu Kreditnya Cukup

Setelah menentukan tempat pembelian, selanjutnya kamu harus memastikan bahwa limit kartu kreditnya cukup.

Sebagaimana kita semua tahu, bahwa harga dari satu unit motor tidak murah. Berada pada kisaran harga 13 sampai 25 Juta Rupiah untuk motor bebek. Sedangkan jenis sport, berkisar antara 25 hingga 50 juta Rupiah.

Dengan hal tersebut, maka pastikan agar limit kartunya mencukupi untuk pembayaran. Jika limitnya kurang dari harga motor, tentu tidak bisa digunakan. Periksa dari sekarang, apakah kartu kreditnya memiliki limit yang sudah menipis atau masih banyak. Caranya, bisa dilakukan di ATM.

Kesimpulan

Walaupun sistem pembelian motor dengan kredit sangat menguntungkan serta mudah dilakukan, ada hal lain yang harus kamu pertimbangkan. Yakni jangan pernah telat melakukan pembayaran cicilan kredit setelahnya.

Sebab terdapat bunga tambahan jika pembayaran telat dilakukan. Akibatnya biaya kredit motor akan naik, serta hal ini menjadi hal yang sangat merugikan. Oleh karena itu, pertimbangkan lagi jika kamu ingin melakukannya.

Pun pada intinya adalah, prinsip kerja beli motor dengan sistem kredit serta kartu kredit adalah sama. Tidak ada perbedaan yang signifikan.

Singkatnya, cara beli motor pakai kartu kredit ini sama dengan bagaimana pembayaran cicilan kartu kredit dalam penggunaan reguler. Bahkan tidak ada syarat khusus untuk melakukannya. Hanya saja mungkin kamu harus ada kesepakatan dan syarat yang harus dipenuhi dengan pihak bank secara langsung.

Artikel Menarik Lainnya: