Cara Beli Token Listrik Lewat DANA Prabayar & Pasca Bayar

Sebagai pengguna listrik dari PLN dan pengguna akun DANA, dipastikan paham terkait bagaimana cara beli token listrik lewat DANA akan sangat menguntungkan.

1 Fashion murah

Dengan menggunakan DANA, pengisian token atau bahkan pembayaran tagihan listrik tidak lagi harus datang langsung ke kantor cabang PLN terdekat. Dengan hanya menggunakan aplikasi dan jaringan internet, maka token akan diisi dan tentu saja tagihan PLN akan terbayar lunas

fashion muslim murah

Syarat Membeli Token Listrik Lewat DANA

Untuk melakukan pembayaran tagihan disebuah aplikasi atau platform e-wallet, ternyata membutuhkan sebuah syarat. Syarat ketentuan ini penting untuk dipenuhi, dengan begitu pembelian token akan bisa dibayar dengan baik serta berhasil.

  1. Memastikan bahwa aplikasi DANA adalah versi paling baru
  2. Sudah memiliki nomor pelanggan atau nomor token listrik yang akan diisi
  3. Memiliki saldo DANA cukup, bahkan harus lebih dari nominal pembelian yang dilakukan
  4. Memastikan jaringan internet stabil, agar pembelian token berjalan lancar

Cara Beli Token Listrik Lewat DANA

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk membeli token listrik via dana, yaitu:

1. Beli Token Listrik Via DANA (PraBayar)

Penting untuk diketahui, bahwa transaksi listrik di DANA tidak hanya bisa dilakukan untuk pembelian token saja. Namun juga kamu bisa membayar tagihan PLN Pasca Bayar.

  1. Pertama, buka langsung aplikasi DANA yang sudah terpasang pada ponsel
  2. Selanjutnya masuk di halaman utama, kemudian cari menu opsi Listrik
  3. Tentukan jenis tipe layanan yang akan digunakan, dan kamu harus memilih opsi PraBayar
  4. Selanjutnya input Nomor Pelanggan atau PLN ID yang sudah kamu siapkan sebelumnya
  5. Tentukan nominal token yang akan dibeli, pun pastikan juga bahwa saldo di DANA cukup untuk pembelian nominal token tersebut
  6. Lalu lanjutkan ke halaman pembayaran langsung
  7. Jika transaksi pembelian berhasil maka struk atau bukti pembayaran pasti akan langsung ditampilkan. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan menerima ID token yang nanti akan dimasukkan pada meteran listrik di rumah

2. Beli Token Listrik Via DANA (Pasca Bayar)

Berbeda dengan sistem PraBayar. Sistem Pasca Bayar ini dilakukan pembayaran di akhir setelah pemakaian. Biasanya di awal bulan atau bahkan akhir bulan. Jika pembayaran terlambat dilakukan, biasanya pemilik ID pelanggan akan dibebankan biaya denda.

1 Fashion murah

Jadi menggunakan DANA untuk melakukan pembayaran listrik Pasca Bayar sangatlah menguntungkan, dimana proses pembayaran bisa lebih cepat serta praktis. Dengan cara:

  1. Membuka aplikasi DANA yang sudah terpasang pada ponsel secara langsung
  2. Kemudian cara beli token listrik lewat DANA Pasca Bayar selanjutnya adalah pilih menu Listrik di halaman utama aplikasi
  3. Input Nomor Pelanggan atau ID PLN dengan benar
  4. Pastikan bahwa jumlah tagihannya benar dan pastikan bahwa nama pelanggannya juga benar
  5. Lanjutkan proses transaksi sesuai dengan instruksi yang ditampilkan pada aplikasi secara benar
  6. Kemudian jika berhasil maka akan muncul struk pembayaran, sebagai bukti bahwa tagihan PLN di bulan sebelumnya sudah kamu bayar secara lunas

Cara-cara di atas bisa diulang kembali setiap token habis atau setiap waktu pembayaran tagihan harus dilakukan. Pastikan bahwa saldo DANA cukup, perkirakan berapa nominal tagihan atau pembelian yang biasa dilakukan.

Maka isi saldo DANA sesuai dengan jumlah tagihan tersebut, sehingga kamu pun tidak perlu repot berulang kali melakukan top up saldo di DANAnya.

Bagaimana Jika Ternyata Beli Token Listrik Lewat DANA Tidak Berhasil?  

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, sehingga proses pengisian bisa dipertanggung jawabkan ke pihak DANA. Dengan cara:

1. Komplain Menggunakan Customer Care

Ya, cara pertama adalah kamu bisa menghubungi petugas DANA secara langsung menggunakan panggilan telepon. Namun pastikan bahwa kamu memiliki saldo pulsa, karena panggilan ini membutuhkan biaya.

Lakukan panggilan telepon ke nomor 1500 445, jika sudah tersambung bisa langsung sampaikan terkait dengan keluhannya. Baik itu pembelian token yang gagal, atau bahkan pembayaran tagihan listrik tidak berhasil. Nanti petugas akan berusaha memberikan solusi, sehingga kegagalan dalam pembayaran bisa cepat teratasi.

1 Fashion murah

2. Komplain ke Email DANA

Selain menggunakan customer care, kamu juga dapat melangsungkan proses komplain dengan mengirim email. Di help@dana.id, email tersebut dapat digunakan untuk menyampaikan pembelian token listrik atau pembayaran yang mengalami kegagalan.

Jangan lupa untuk mengisi Subject email, agar proses tanggap atau respon dari petugas lebih cepat. Informasikan terkait dengan detail proses transaksi. Mulai dari ID pelanggan PLN, jumlah nominal pembelian token atau juga jumlah pembayaran tagihannya.

Selain dua cara di atas, solusi untuk transaksi pembelian atau pembayaran yang tidak berhasil. Dapat dilakukan menggunakan WhatsApp DANA dengan nomor 08191 1500 445 atau ke Twitter resminya di @danawallet.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Beli Token Listrik Lewat DANA

Berapa Biaya Admin untuk Bayar Listrik Lewat DANA?

Untuk satu kali transaksi, pengguna dibebankan biaya admin sebesar 1500 Rupiah.

Berapa Lama Proses Pembayaran dan Pembeliannya?

Sebentar, hanya dalam waktu beberapa menit saja dan pastikan jaringan internetnya stabil.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: