Cara Bermain Biliard untuk Pemula Mudah Lho Ternyata

Cara Bermain Biliard untuk Pemula Mudah Lho Ternyata

Permainan biliard ini merupakan salah satu jenis olahraga yang disukai banyak orang. Terutama bagi kalangan anak muda. Permainan in dilakukan dengan cara mendorong atau menyodok bola-bola kecil agar bisa masuk ke lobang.

Lantas bagaimana cara bermain biliard untuk pemula? Bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan cara dan persiapannya secara lengkap.

Persiapan Sebelum Bermain Biliard

Secara umum cara bermain Biliard ini dilakukan dengan cara mendorong atau menyodok bola-bola kecil yang sudah diberi nomor agar bisa masuk ke lubang-lubang yang berada di sisi tepi meja.

Dan permainan ini mulai dikenal pada sejak tahun 1600-an sedangkan untuk tahun 1675 permainan ini mulai populer di Inggris. Nah, sebelum beranjak ke pembahasan mengenai cara bermain biliard untuk pemula.

Kamu perlu ketahi dulu apa saja yang perlu dipersiappkan untuk bermain biliard, diantaranya adalah:

1. Meja Biliard

Meja biliard ini mempunyai ukuran yang dua kali lipat lebih panjang dari pada lebarnya. Dimana permukaan meja ini dilengkapi dengan papan yang dibalut kain tenunan wol.

2. Stik Biliard (Kiu)

Stik biliard atau kiu adalah alat yang digunakan untuk memukul, mendorong, atau juga menyodok bola. Stik ini berukuran panjang sekitar 100 cm sampai 150 cm. Dan ujung tongkatnya dibuat lebih kecil agar mampu mendorong bola kiu lebih kuat.

3. Bola Biliard

Bola biliard ini mempunyai diameter 5, 7 sampai dengan 6 cm. Dan umumnya bola ini banyak dijual di pasaran terbuat dari berbagai jenis bahan plastik kapur biliard.

4. Kapur Biliard

Dan terakhir kamu juga perlu menyediakan kapur biliard. Dimana kapur ini digunakan dengan digosokkan ke ujung stik biliard. Dengan menggunakan kapur ini maka pemain bisa memukul bola kiu lebih akurat.

Nah, itulah beberapa persiapan yang perlu kamu persiapkan untuk cara bermain biliard. Dan untuk penjelasan selanjutnya kamu bisa simak berikut berapa langkah cara bermain biliard untuk pemula.

Cara Bermain Biliard untuk Pemula

Bagi kamu yang seorang pemula dan belum mengetahui bagaimana cara bermain biliard untuk pemula. Kamu bisa simak langkah-langkah di bawah ini untuk cara lengkapnya:

  • Nah, langkah cara bermain biliard yang pertama kamu perlu menyiapkan tiga bola yang terdiri dari warna merah, putih, dan kuning
  • Selanjutnya pemain pemula mempunyai bola atau kiu atau cue ball masingmasing
  • Pemain pertama mempunyai bola putih, sedangkan pemain kedua mempunyai bola kuning
  • Sebelum dimulainya permainan keduanya pemain harus menyodok bola kiu pemain harus menyodor bola kiu secara bersamaan sampai terpantul ke tepi meja dan kembali menuju arah pemain
  • Selanjutnya pemain yang bolanya berada lebih dekat ke tepi maka bisa memilih siapa yang berhak memulai tembakan pertama
  • Selanjutnya, bola merah ditempatkan di meja biliard. Pemain yang memulai pertama yang memulai akan menempatkan bola kiunya di dalam dan mendorong bola pertamanya
  • Permainan bisa dilakukan secara bergantian, yang mana kedua pemain berupaya mencetak jumlah poin terbanyak untuk bisa menjadi pemenang
  • Pemain yang sedang memperoleh giliran dapat bermain hingga ia gagal memasukkan bola biliard ke dalam lubang meja
  • Pemenang permainan ialah pemain yang pertama kali berhasil mencapai total poin yang sudah disepakati sebelum pertandingan

Nah, itulah beberapa langkah untuk cara bermain biliard untuk pemula yang bisa kamu ikuti dengan mudah untuk cara paling mudahnya.

Manfaat Bermain Biliard untuk Tubuh

Selain mengetahui cara bermain biliard untuk pemula kamu juga perlu mengetahui apa saja manfaat bermain olahrara biliard ini. berikut penjelasan lengkapnya adalah:

1. Dapat membantu Pembentukan Otot

Nah, manfaat pertama dari olahraga bermain biliard ini adalah untuk pembentukan otot punggung dan panggul. Selain dua bagian itu manfaat olahraga biliard lainnya yaitu juga untuk otot lengan.

2. Membantu Mengelola Emosi

Secara tidak langsung kamu juga akan melatih otot motorik dan logika sehingga dengan melakukan olahraga biliard kamu akan dapat mengelola emosi pada diri kamu.

3. Sukses Menghilangkan Stres

Manfaat dari bermain biliard selanjutnya yaitu untuk menghilangkan stres karena olahraga ini dapat ampuh menyegarkan pikiran.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat lainnya dari permainan ini yaitu dapat meningkatkan konsentrasi pada diri kamu karena saat menyodok bola ke dalam lobang dengan tepat sasaran tentu saja membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Dan terakhir manfaat dari olahraga ini yaitu dapat meningkatkan kecerdasan kamu dalam berpikir.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Bermain Biliard Untuk Pemula

Apakah bermain biliard dapat membakar kalori?

Selama 2 jam bermain biliard ini dapat membakar kalori tubuh dan dengan cara senang.

Apa bola biliard berat?

Bola biliard berukuran kurang lebih 2,0 inch memiliki sekitar 200 gram – 350 gram.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: