Cara Bermain Drum untuk Pemula Mudah Banget Lho

Cara Bermain Drum untuk Pemula Mudah Banget Lho

Cara bermain drum itu sebenarnya mudah kalau dipelajari dengan baik. Tak usah bingung meski belum paham pernah main alat musik drum. Dengan mempelajari cara bermain secara tepat, bermain drum bisa dilakukan dengan mudah.

Alat musik drum memang jadi salah satu favorit. Dalam sebuah band, drum adalah bagian yang sangat penting. Tak heran kalau banyak yang berminat untuk jadi drummer. Kalau mau paham cara main drum dengan tepat, ada baiknya mempelajari dasar – dasarnya terlebih dulu.

Mengenali Bagian dari Drum

Ada baiknya untuk mengenali dulu bagian dari perangkat drum. Drum memang bisa diklasifikasikan ke beberapa bagian. Setiap bagian punya tugas dan fungsi masing – masing. Berikut ini beberapa bagian utama dari drum yang harus dikenali dulu.

1. Snare Drum

Bagian pertama dari drum adalah snare. Snare adalah bagian drum yang biasanya diletakkan di bagian tengah. Snare drum ini hasilkan suara yang paling jelas.

2. Bass Drum

Selanjutnya ada bass drum yang letaknya di bawah. Untuk membunyikannya, pemain harus menginjak pedal yang terhubung dengan bass drum tersebut.

3. Cymbal Hi Hat

Hi Hat adalah bagian simbal yang letaknya di dekat snare. Hi Hat ini adalah sepasang simbal yang akan menyatu dan bunyikan suara ketika pedalnya ditekan.

4. Middle Tom Tom

Middle Tom Tom jadi bagian berikutnya. Middle Tom Tom biasanya terletak di sebelah kanan bagian tangan. Middle Tom Tom ini bisa hasilkan suara yang lebih rendah dari snare.

5. Floor Tom Tom

Berikutnya ada Floor Tom Tom yang juga punya suara rendah. Namun keberadaan Floor Tom Tom ini sebenarnya opsional dan jarang dipakai pemain pemula.

6. Crash Cymbal

Berikutnya ada crash simbal yang hasilkan suara nyaring. Simbal ini biasanya ditempat di dekat Hit Hat. Ada kesan suara nyaring ketika crash simbal ini dipukul.

7. Ride Cymbal

Ride simbal adalah jenis simbal lain yang ada pada set drum. Ride simbal ini mampu hasilkan suara yang lebih halus daripada simbal lainnya.

Dasar Bermain Drum

Alat musik drum masuk dalam golongan alat musik pukul atau perkusi. Bahan membuat drum adalah kulit. Namun seiring perkembangan zaman, ada drum yang terbuat dari plastik. Sebagai alat musik pukul atau perkusi, cara bermain drum tentu saja dengan dipukul.

Namun perlu dipahami kalau ada sejumlah dasar bermain drum yang perlu dipelajari dengan baik. Dasar dalam memainkan drum bisa dipelajari pelan – pelan sampai mahir. Berikut ini panduan dasar dalam bermain drum.

1. Pegang Stik dengan Benar

Salah satu latihan paling mendasar adalah bagaimana cara memegang stik dengan tepat. Stik harus digenggam dengan erat pada bagian gagang bawahnya. Dengan memegang stik secara tepat, pukulan bisa lebih terasa.

2. Latihan dengan Snare, Bass dan Hi Hat

Para pemula sebaiknya memulai latihan dengan snar, bass dan hi hat dulu. Ketiganya adalah bagian yang akan paling sering dimainkan pada alat musik drum. Cobalah untuk bisa mengatur ritme pada ketiga bagian tersebut.

3. Pahami Ritme

Mempelajari ritme dan tempo adalah bagian terpenting dari bermain drum. Pahamilah selalu bahwa ritme memang penting dalam bermain drum secara teratur. Ketukan harus satu seirama dengan lagu yang dibawakan.

4. Pelajari Ketukan Sederhana

Mempelajari ketukan sederhana juga bisa dilakukan untuk asah kemampuan bermain drum. Cobalah memainkan ketukan 1/4 atau 4/4 untuk berlatih drum dengan baik. Ketukan ini akan selalu bisa asah kemampuan bermain drum.

5. Latihan Sinkronisasi Tangan dan Kaki

Latihan sinkronisasi tangan dan kaki juga penting dalam bermain drum. Kaki dan tangan harus sinkron. Ini berkaitan langsung juga dengan ritme dari sebuah lagu yang dimainkan. Perhatikan terus sinkronisasi tangan dan kaki.

Mengenal Teknik Bermain Drum untuk Pemula

Ada beberapa teknik bermain drum yang perlu dipahami. Berbagai trik dalam memainkan drum memang penting untuk diperhatikan para pemula yang ingin serius tekuni alat musik ini. Berikut ini beberapa teknik bermain drum yang bisa dipelajari.

1. Teknik Single Stroke

Dalam seni menabuh drum ada yang namanya teknik single stroke. Pada dasarnya, single stroke itu adalah pulukan yang dimainkan dengan metode R L R L. (R: Right atau Kanan dan L: Left atau Kanan).

2. Teknik Double Stroke

Berikutnya ada teknik dasar double stroke. Pada double stroke ini memakai rumus atau pola R R L L R R L L. Intinya, teknik ini diharuskan untuk gerakkan tangan 2 kali dan kaki juga 2 kali.

3. Paradiddle

Berikutnya ada teknik paradiddle yang merupakan kombinasi antara single stroke dan double stroke. Teknik paradiddle ini memiliki sejumlah pola. Seperti R L R R L R L L atau R L R R L L.

Tips Cepat Ahli Mainkan Drum

Biar cepat ahli dan mahir dalam bermain drum, ada beberapa tips yang bisa diandalkan. Sejumlah tips ini bisa diterapkan agar kemampuan dalam bermain drum bisa langsung meningkat. Berikut ini beberapa tips cepat dan mudah dalam memainkan drum biar ahli.

1. Latihan Rutin

Latihan rutin merupakan cara yang bisa dilakukan agar bisa cepat ahli dalam bermain drum. Dengan berlatih secara rutin, kemampuan dalam memainkan drum bisa lebih terasah. Pastikan untuk setidaknya latihan seminggu sekali.

2. Mencoba Cover Lagu

Cara untuk mengasah skill adalah mencoba cover lagu. Melakukan cover lagu dengan drum memang harus dilakukan agar bisa lebih ahli dalam memainkan drum. Cobalah untuk melakukan cover lagu populer yang ketukan drumnya tak terlalu rumit.

3. Biasakan Main Band Bersama Teman

Cobalah untuk bermain band di studio bersama teman. Bermain band ini adalah tips cepat dan mudah dalam memainkan drum biar ahli. Lewat cara ini, kita benar – benar bisa belajar bersama instrument lain.

4. Baca Literatur

Membaca literatur juga merupakan tips cepat dan mudah dalam memainkan drum biar ahli. Bacalah buku, artikel hingga jurnal mengenai car abermain drum yang baik. Dengan meningkatkan literasi, skill dalam bermain drum bisa lebih terasah.

5. Lihat Video Tutorial

Melihat video tutorial juga menjadi tips cepat dan mudah dalam memainkan drum biar ahli. Lihatlah lebih banyak video tutorial untuk bisa lebih mudah memahami cara main drum secara baik. Dijamin, kemampuan dan skill bisa terasah dengan baik.

Kesimpulan

Bermain drum bisa dipelajari dengan mudah oleh semua orang. Dengan memainkan drum secara baik dan benar, seseorang bisa jadi ahli. Itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Jika semua tahap dan langkah dilakukan dengan tepat, seseorang bisa mahir bermain drum dalam waktu kurang dari 1 bulan. Karenanya, selalu pastikan pahami seperti apa cara memainkan drum dengan ilmu yang tepat.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: