Cara Bermain Saxophone Biar Cepat Mahir

Cara Bermain Saxophone Biar Cepat Mahir

Cara Bermain Saxophone Biar Cepat Mahir

Mempelajari cara bermain saxophone dengan baik dan benar itu gampang – gampang susah. Perlu adanya pemahaman dan pengetahuan yang tepat agar bisa mahir main saxophone. Jika tekun belajar dan terus berlatih, proses bermain saxophone akan jadi lancar.

Tak seperti gitar dan drum, peminat dari alat musik saxophone tak begitu banyak. Selain karena cara main yang rumit, pemain saxophone juga punya karir yang terbatas. Namun, bukan berarti tak ada potensi dari main saxophone. Berikut ini ulasan tentang saxophone dan cara mainnya.

Mengenal Alat Musik Saxophone

Ada baiknya untuk mengenali pilihan alat musik saxophone dulu. Secara sederhana, saxophone adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini bisa hasilkan berbagai macam suara seperti alto, sopran, tenor hingga bass. Beragam suara itu jadi ciri khas dari saxophone.

Saxophone sendiri diciptakan oleh Adolphe Sax pada tahun 1800-an. Sax adalah seorang pembuat instrument musim. Saxophone kemudian berkembang dari waktu ke waktu. Bentuknya mendapatkan penyempurnaan dari masa ke masa.

Dari karakteristiknya, saxophone adalah alat musik yang biasa digunakan pada musik Jazz. Instrumen ini memang lekat dengan genre Jazz karena memiliki suara yang unik. Banyak musisi Jazz yang menggunakan saxophone dalam sejumlah penampilannya.

Namun dalam perkembangannya, saxophone juga dipakai dalam sejumlah genre lain. Contohnya adalah Ska Punk. Di Indonesia ada Tipe-X yang menyertakan pemain Saxophone dalam tiap penampilannya. Ada juga Shaggy Dog yang juga punya additional player saxophone.

Mengenal Bagian dari Saxophone

Sebelum memainkannya, ada baiknya untuk mengenali dulu bagian – bagian dari alat musik saxophone itu sendiri. Saxophone memang terdiri dari sejumlah bagian yang punya fungsi masing – masing. Berikut ini adalah bagian – bagian dari alat musik Saxophone.

1. Body

Pertama adalah bagian body atau badan dari saxophone. Body ini adalah bagian yang paling berat karena berisikan bagian – bagian lain pada saxophone. Berat dari body Saxophone sendiri bisa mencapai 10 kilogram.

2. Neck

Neck atau bagian leher juga terdapat pada saxophone. Neck berfungsi sebagai pegangan ketika memainkan saxophone. Peran neck ini penting karena menyambungkan body dengan bagian yang ditiup pada sebuah saxophone.

3. Moutpiece

Mouthpiece adalah bagian berikutnya dari alat musik saxophone. Mouthpiece ini adalah bagian yang dimasukkan ke mulut untuk bisa hasilkan suara. Sehingga, keberadaan mouthpiece pada sebuah saxophone memang krusial.

4. Ligature

Berikutnya ada ligature. Ligature ini terletak di dekat mouthpiece. Ligature ini adalah perekat antara mouthpiece dengan body supaya proses permainan saxophone bisa berjalan lancar. Intinya, bagian ini tak kalah penting dengan yang lain.

5. Keys

Keys adalah bagian berikutnya dari alat musik saxophone. Keys adalah tempat dari sejumlah tombol yang nantinya akan hasilkan suara sesuai dengan kunci dasar. Tombol dari keys bisa ditekan dengan jari – jari ketika saxophone mulai dimainkan.

Cara Bermain Saxophone

Cara utama untuk memainkan saxophone adalah dengan ditiup. Namun, untuk hasilkan nada yang indah, proses meniup juga harus diikuti dengan keterampilan jari dalam menutup lubang yang ada pada alat musik tersebut. Biar jelas, inilah panduan dalam bermain saxophone.

1. Lakukan Peniupan dengan Teknik yang Tepat

Dalam memainkan saxophone, teknik meniup jadi hal yang penting. Dalam meniup alat musik ini, usahakan untuk tidak terlalu menempelkan bibir bagian bawah pada bagian mouth piece. Teknik ini akan hasilkan suara saxophone yang bulat.

2. Atur Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan juga sangat penting. Aturlah pernapasan dengan baik agar suara yang keluar dari saxophone tetap indah. Maksimalkan pernapasan dengan perut bagian bawah agar tidak cepat capek. Gunakan pernapasan dengan perut bawah biar suaranya juga stabil.

3. Posisi Jari di Saxophone

Penempatan posisi jari jadi hal penting lainnya. Pahami bagin dari sebuah saxophone. Ada yang namanya Bis key, Octave Key, Front F, Palm Keys, Spatula Keys, High F#, Side F# hingga Side Key. Tempatkan jari di bagian – bagian tersebut untuk hasilkan suara tertentu.

4. Sinkronisasi Tiupan dan Pergerakan Jari

Untuk hasilkan suara yang sesuai, maka lakukan proses peniupan dan menggerakkan jari harus sinkron. Pahami harus menempatkan jari di tempat yang mana dan kapan waktunya melakukan peniupan. Sinkronisasi ini harus dilatih terus agar bisa cepat ahli dalam mainkan saxophone.

5. Hasilkan Suara Sesuai dengan Nada atau Kunci

Proses berikutnya adalah menghasilkan suara sesuai dengan nada dan kunci dasar. Semuanya bisa didasarkan pada tombol kunci dan tiupan yang dilakukan. Pelajari dengan baik sistematika suara dari saxophone dengan baik dan benar.

Tips Biar Cepat Mahir Main Saxophone

Ada sejumlah tips biar bisa cepat mahir dan ahli dalam memainkan saxophone. Terdapat beberapa tips terbaik yang bisa digunakan agar bisa mahir main saxophone. Berikut ini beberapa tips biar mahir dalam memainkan alat musik saxophone.

1. Hafalkan Sistematika Kunci di Saxophone

Salah satu tips biar cepat pandai dan mahir memainkan saxophone adalah menghafalkan sistematika kunci nada. Hafalkan dulu bagaimana cara membunyikan kunci C, D, E, F dan seterusnya pada sebuah saxophone. Ketahui posisi jari untuk hasilkan kunci nada yang tepat.

2. Latih Pernapasan dengan Baik

Melatih pernapasan juga merupakan tips biar mahir dalam memainkan alat musik saxophone. Jalankan terus latihan pernapasan agar kuat dalam meniup saxophone. Tanpa napas yang kuat, pemain saxophone bisa cepat lelah.

3. Latihan Sinkronisasi Jari dan Mulut

Melakukan latihan sinkronisasi jari dan mulut juga menjadi bagian penting agar bisa cepat jadi ahli dalam mainkan saxophone. Harus ada satu kesatuan antara mulut dan jari di saxophone. Tanpa sinkronisasi yang tepat, proses memainkan alat musik saxophone bakal lebih susah.

4. Latihan dengan Lagu Mudah

Cobalah untuk berlatih dengan lagu yang mudah. Proses berlatih dengan lagu yang mudah memang sangat disarankan. Sebab, proses memainkan lagu yang mudah akan mempercepat kemahiran seseorang dalam memainkan alat musik saxophone tersebut.

5. Les di Sekolah Musik

Les di sekolah musik yang sudah ternama juga bisa menjadi opsi untuk meningkatkan kemampuan dalam main saxophone. Cobalah berlatih dengan guru yang sudah benar – benar ahli dalam main saxophone. Cara ini pasti bisa dipakai langsung untuk meningkatkan kemampuan langsung.

Kesimpulan

Alat musik saxophone ini memang sangat menarik. Tak semua orang bisa paham memainkan dan menggunakannya. Jadi, buat pegiat musik yang ingin menambah skill dalam bermusik, tentu tak ada salahnya untuk mempelajari alat musik saxophone.

Perlu latihan rutin dan belajar dengan rajin agar bisa segera mahir dalam memainkan saxophone. Maka dari itu, teruslah meningkatkan kemampuan dalam memainkan saxophone dengan berlatih secara rajin tiap hari. Cara ini bakal jadi solusi terbaik untuk mahir main saxophone.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: