Cara Blokir Rekening BCA Penipu Lewat CS, BCA Chat, KCP

Cara Blokir Rekening BCA Penipu Lewat CS, BCA Chat, KCP

Cara Blokir Rekening BCA Penipu Lewat CS, BCA Chat, KCP

Cara blokir rekening BCA penipu wajib kamu ketahui untuk berjaga-jaga. Penipuan tetap merugikan meski nilai transaksinya kecil maupun besar. Kalau kamu transaksi secara daring lalu kena tipu, pihak bank akan membantu kamu mengatasinya.

Dengan membuat laporan secara detail, kamu bisa mengajukan blokir rekening BCA penipu agar mereka tidak bisa menarik uang. Pahami cara blokir rekening BCA penipu, syaratnya hingga prosedurnya.

Syarat Blokir Rekening BCA Penipu

Bentuk-bentuk penipuan beragam, selain akibat transaksi belanja online. Kadang ada juga korban yang kena hipnotis via telepon hingga mengirimkan sejumlah uang ke penipu.

Kalau kamu salah satu korbannya, langsung buat laporan dan blokir nomor rekening penipu. Sebelum memahami cara blokir rekening BCA penipu, coba pahami syarat-syaratnya berikut ini.

  1. Bukti Transaksi misalnya riwayat transaksi via internet banking, m-banking, maupun setruk ATM
  2. Bukti percakapan baik via telepon maupun chat
  3. Berikan rincian data penipu mulai dari nama, nomor rekening yang menerima, nomor handphone, serta media sosial. Kamu juga harus mencantumkan toko jika penipuan akibat belanja online
  4. Fotokopi KTP pihak korban
  5. Ceritakan kronologi penipuan
  6. Surat permintaan blokir lengkap dengan tanda tangan di atas materai
  7. Surat keterangan laporan dari polisi
  8. Siapkan pulsa atau kuota kalau mau memblokir rekening penipu lewat online

Cara Membuat Laporan Penipuan ke Polisi hingga OJK

Sebelum memblokir rekening BCA penipu, kamu harus lebih dulu melaporkan kejadian ini. Berikut ini cara membuat laporan penipuan akibat belanja online maupun tindakan lainnya.

1. Lapor ke Kantor Polisi

Datangi kantor polisi terdekat dengan membawa data serta ceritakan kronologi penipuan secara lengkap. Kalau kamu berniat memblokir rekening penipu, kamu bisa minta surat pengantar untuk bank.

2. Buat Laporan via Situs Lapor.go.id

Selain itu, kamu juga bisa membuat laporan melalui layanan situs lapor.go.id. Berikut ini panduan melaporkan penipuan melalui lapor.go.id.

  • Buka situs lapor.go.id melalui browser
  • Pilih menu pengaduan
  • Tulis judul pengaduan laporan
  • Buat pernyataan secara lengkap mengenai kejadian penipuan, waktunya, nomor penipu, nilai kerugian, serta data lainnya
  • Masukkan lokasi kejadian
  • Di bagian tujuan laporan, kamu harus memilih laporan ini ditujukan ke kementrian atau pemerintah provinsi
  • Di bagian kategori situasi khusus, kamu harus klik “tindak pidana”
  • Download lampiran dari situs tersebut

3. Laporkan Penipuan ke Otoritas Jasa Keuangan

OJK alias otoritas jasa keuangan melayani pengaduan masyarakat terkait penipuan transaksi online. Kamu dapat menghubungi nomor call center OJK 1500655 atau membuat pengaduan via email konsumen@ojk.go.id.

Cara Blokir Rekening BCA Penipu Lewat Call Center

Memblokir rekening bisa dilakukan secara online maupun offline, jika memenuhi persyaratan prosesnya pasti lebih mudah. Berikut ini cara blokir rekening BCA penipu:

1. Hubungi Call Center

Hubungi call center BCA via halo BCA untuk membuat laporan. Dengan membuat laporan ini, pihak bank yang akan mengurus blokir rekening supaya penipu tidak bisa mengambil uangnya.

2. Sediakan Bukti Transaksi Penipuan

Berikutnya, kamu juga harus memberikan bukti mulai dari percakapan via chat, SMS, maupun pesan whatsapp. Serta siapkan bukti transfer dari rekening, e-wallet, maupun ATM. Tim call center akan memeriksa riwayat transaksi kamu secara real time.

3. Sebutkan Data-data Penipu yang Kamu Ketahui

Jangan panik ketika mengurus pembekuan rekening penipu, kamu harus teliti dan sebutkan data penipu. Kalau penipuan ini terjadi akibat belanja online, ceritakan secara detail mulai dari nama toko online, marketplace tempat kamu belanja, dll.

4. Sebutkan Data Korban

Untuk verifikasi data korban, kamu juga harus menyebutkan identitas mulai dari KTP, surat dari polisi, dan detail penipuan secara lengkap.

5. Kirimkan Semua Bukti Secara Online

Cara blokir rekening BCA penipu secara online sangat mudah, setelah menghubungi halo BCA, kamu bisa kirim buktinya secara daring. Kirimkan soft file semua bukti maupun persyaratan via email halobca@bca.co.id.

6. Bank Akan Memblokir Rekening BCA Penipu

Berapa pun nilai transaksinya, kalau tindakan penipuan pasti akan dibantu oleh bank. Bank BCA penipu aakn diblokir kalau semua pelaporan dan bukti-bukti terpenuhi.

Pihak bank akan menelusuri penipu agar bisa membantu nasabah mendapatkan kembali uangnya. Kalau penipuan ini terjadi antara kamu dan orang yang dikenal, pihak terkait seperti polisi bisa membantu melacak pelaku.

Cara Blokir Rekening BCA Penipu Lewat Halo BCA Chat

Pengaduan dan pengajuan blokir rekening kini dapat dibantu dengan layanan Halo BCA chat. Berikut ini panduan meminta blokir rekening lewat BCA chat.

1. Buat Akun BCA Chat

Kalau kamu belum pernah menggunakan layanan ini, buka halo BCA chat lewat situs BCA. Setelah itu, kamu harus memasukkan data di antaranya nama, email, serta nomor handphone yang aktif.

2. Kirim Pesan untuk Pelayanan Customer Care

Untuk melaporkan penipuan, kamu dapat meminta bantuan customer care online. Silakan ceritakan kronologi penipuan yang kamu alami secara lengkap.

3. Kirim Bukti Penipuan via Chat

Mudahnya mengadukan penipuan lewat halo BCA chat karena bisa langsung mengirimkan bukti-bukti. Kamu juga dapat mengirimkan bukti pelaporan ke kantor polisi hingga OJK agar prosesnya lebih mudah.

4. Minta Bantuan ke Customer Care untuk Dibuatkan Laporan Blokir Bank

Setelah menyerahkan bukti melalui percakapan dengan halo BCA chat, kamu bisa langsung meminta customer care online untuk memblokir rekening penipu. Pihak customer service akan melaporkan kejadian ini ke pihak bank.

5. Kalau Percakapan Halo BCA sudah Selesai Kamu Tinggal Menunggu Bank Memblokir Rekening Penipu

Akhiri percakapan dengan halo BCA lalu tunggu pihak bank memproses blokir rekening penipu.

Cara Blokir Rekening BCA Penipu Lewat Bank

Selain melalui call center dan halo BCA chat, kamu juga bisa langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat.

  1. Kunjungi kantor cabang BCA terdekat dengan membawa semua syarat secara lengkap
  2. Ambil nomor antrean customer service
  3. Setelah dipanggil, langsung ceritakan kronologi penipuan yang terjadi
  4. Berikan data untuk verifikasi hingga bukti-bukti penipuan
  5. Serahkan surat dari kantor kepolisian
  6. Pihak bank akan membantu selama 1-7 hari kerja setelah laporan dibuat
  7. Jika terbukti penipuan, bank akan mengurus untuk memblokir rekening penipu dan mengembalikan uang kamu

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Blokir Rekening BCA Penipu

Apakah Uang Akan Kembali Setelah Memblokir Rekening BCA Penipu?

Kemungkinan uang kembali bisa terjadi, namun pihak bank tidak dapat menjanjikan 100%. Pengembalian dana kepada korban harus menunggu proses yang cukup lama bisa melebihi 7 hari kerja.

Berapa Lama Bank Memproses Blokir Rekening Penipu?

Blokir rekening lewat call center, bank, maupun halo BCA chat diproses mulai dari 1-7 hari kerja. Kalau kamu tidak menerima konfirmasi apa pun setelah membuat laporan, kamu bisa menghubungi call center kembali untuk menanyakan statusnya.

Apakah Membuat Laporan Penipuan Ke OJK dan Lapor.go.id Cukup untuk Blokir Rekening Penipu?

Belum cukup, laporan via kantor polisi, situs lapor.go.id, serta OJK hanya sebagai bukti kalau penipuan ini benar-benar terjadi. Nanti pihak bank akan memeriksa kebenaran penipuan ini melalui pihak-pihak tersebut.

Berapa Biaya untuk Blokir Rekening BCA Penipu?

Membuat pelaporan dan permintaan blokir rekening penipu tidak dikenai biaya. Meminta surat dari kantor polisi, laporan ke OJK, hingga ke bank semuanya gratis Rp. 0.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: